Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki Bengkak Saat Hamil - Memang sudah umum hal ini terjadi pada calon bunda yang sedang mengandung atau mengalami kehamilan. Namun jika dibirkan, maka hal ini bisa saja menjadi hal yang berbahaya bagi ibu serta janin yang sedang dikandungnya. Pembengkakan ini sering dikaitkan dengan sebutan Edema atau juga Pre-eklampsia. Dan pembengkakan ini terjadi pada saat usia kehamilan sudah menginjak bulan kelebih keatas. Nah karena itu, maka disini kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang sering saja muncul yang diantaranya ialah :
Kaki Bengkak Saat Hamil
Kaki Bengkak Saat Hamil
Apa penyebab kaki bengkak pada saat ibu hamil?
Terjadinya perubahan atau pembengkakan pada kaki (sangat umum), betis dan tangan dikarenakan adanya perubahan hormon dan juga penyempitan pembuluh darah sehingga secara cepat dan spontan berat badan akan bertambah. Nah dikarenakan kegiatan dan berat yang tidak normal tersebut, terjadilah pembengkakan dan jika sudah parah, biasanya bunda akan sering ingin buang air kecil, nyeri dan kejang pada perut, pandangan menjadi kabur dan lain-lainnya. Jika sudah seperti itu, maka cepatlah ibu konsultasikan pada dokter ahli terdekat untuk meminta saran serta masukan.

Terus Bagaimana Cara mengatasi Kaki bengkak saat hamil?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan serta mengurangi pembengkakan saat masa kehamilan tersebut. Dan demi lengkapnya artikel kami ini, maka berikut beberapa tips mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa bunda lalukan :
  • Istirahatkan kaki dan jangan dipaksakan berdiri dalam jangka waktu yang relatif lama jika usia kandungan semakin tua dan perut semakin besar.
  • Dalam keadaan duduk atau istirahat, usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung (gantung kaki pada meja atau kursi dan tembok) Hal ini berguna untuk memperlancar sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh.
  • Pada saat duduk, gerakkan kaki dengan menekuk dan memutar, cara ini juga ampuh untuk memperlancar serta membuka pembuluh darah yang mampu mengurangi pembengkakan.
  • Lakukan olahraga secara rutin, salah satu jenis senam yang cocok ialah yoga, selain menyehatkan, juga bisa melatih otot dan sistem pernafasan.
  • Melakukan pemijatan sendiri atau refleksi pada kaki, sangat bagus untuk mengurangi bengkak sebab pembuluh darah terbuka.
  • Hindari pemakaian sepatu atau sandal yang kekecilan atau ketat. Kegiatan ini akan menghambat peredaran darah dan akan memperparah pembengkakan.
  • Pada saat tidur, cobalah sesering mungkin memiringkan tubuh pada posisi kiri, hal ini berguna dalam membuka pembuluh darah dan mengurangi tekanan.
  • Jika anda berenang (jarang dilakukan sih), namun tips ini juga berguna dengan berjalan pada dasar kolam, sebab dengan begitu janin akan terangkat dikarenakan daya apung air pada kolam. Berguna untuk memperlancar peredaran darah.
  • Atur pola makan seimbang dengan mememnuhi kebutuhan nutrisi sijanin dan ibu yang sedng hamil.
  • Hindari pakaian ketat, seperti celana baju dan lain-lainnya. Usahakan mengenakan pakaian selonggar mungkin agar tubuh lebih santai dan peredaran darah tidak terhambat.
  • dll.
Penyebab kaki bengkak pada ibu hamil sudah kami sebutkan serta cara yang pas untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi bunda tidak perlu khawatir lagi dan menjalani masa kehamilan dengan tenang dan damai.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Kaki Bengkak Saat Hamil. Semoga bisa membantu dan berguna bagi Calon Ibu atau Bunda yang membutuhkan. Sekian dari kami dan semoga persalinannya lancar! Amin!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *