-->

12 Cara Menghilangkan Tratak Pada Wajah Secara Alami

Cara Menghilangkan Tratak Atau Bercak Putih Pada Wajah khususnya pipi sebenarnya bisa anda lakukan dengan cara sederhana jika anda paham seperti apa langkah-langkah yang harus ditempuh. Dan hal tersebut membutuhkan ketelitian yang mungkin diluar pikiran anda. Sebab penyebab dan pemicu dari munculnya bercak putih diwajah tersebut berawal dari ketidaksadaran anda akan segala hal terkait dengan kebersihan serta perlindungan kulit dari sinar matahari. Tratak menjadikan anda kehilangan rasa percaya diri terhadap penampilan. Karena warna atau bercak yang ditimbulkan menjadikan wajah terlihat tidak bersih, seperti panuan, bersisik dan intinya bisa mengurangi kemaksimalan penampilan. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah : Apa saja penyebab dari munculnya tratak pada wajah? Bagaimana cara menangani dan mengatasi tratak (bercak putih) di wajah? Mungkin rincian singkat yang kami tulis berikut bisa sedikit membantu bagi anda yang membutuhkan. Yuk simak sama-sama!

# Penyebab Atau Pemicu Munculnya Tratak
Ada begitu banyak hal yang bisa memicu adanya tratak (bercak putih) pada wajah dan area kulit lainnya. Jika penyebab utamanya ialah karena sinar matahari, maka penyembuhan yang harus dilakukan ialah degan sinar matahari juga.  Bercak putih ini bagi orang awam disebut dengan jilatan matahari, tapi bagi dunia kedokteran (kesehatan) masalah ini dikenal dengan sebutan pityriasis alba. Putyriasis berarti terjadi kelainan pada kulit yang akan menjadikan kulit tampak bersisik halus, sedangkan alba diartikan dengan putih. Dan secara keseluruhan, Pityriasis alba ialah kelainan kulit bersisik dengan warna (bercak) putih.

12 Cara Menghilangkan Tratak Pada Wajah Secara Alami

Tidak sedikit dari kalangan orang yang tidak sadar akan gejala tersebut, sebab kalangan orang awam menyebutnya (menerka) bahwa hanya salah satu dari gangguan kult yang disebabkan oleh jamur seperti panu. Kekeliruan ini terus berlanjut dan jika tanpa ada rasa keingintahuan, maka anda tidak akan bisa menanganinya dengan benar. Panu dengan tratak memang hampir sama dalam bentuk dan ciri-ciri, namun perbedaan bisa diketahui dengan jatuhnya keringat pada bercak yang dimaksud. Menurut keterangan Dr. H. Moh. Usman Atmaprawira (Dokter spesialis kulit dan kelamin) " Keringat yang jatuh pada panu akan menyebabkan rasa gatal sedangkan pada pityriasis tidak. Meski secara makroskopik hampir memiliki kesamaan dengan ciri bercak putih bersisik halus. Namun dengan melihat melalui mikroskop bisa diketahui perbedaan, panu terlihat benang jamur dan spora, sedangkan pityriasis tidak tampak".

Beberapa penyebab dari tratak ialah sinar ultraviolet, vitiligo, dan zat-zat kimia yang terdapat pada produk kecantikan yang anda gunakan. Oleh karena itu, anda harus lebih waspada dalam memilih atau menggunakan jenis kosmetik. Jika salah langkah bukan cantik yang akan anda dapat, melainkan hanya akan memperparah keadaan dan menjadikan penampilan kulit wajah semakin rusak. Maka dari itu, mulailah merawat diri dari hal-hal yang sederhana, gunakan perawatan alami dan melakukan perlindungan kulit dari sinar matahari langsung.

# Cara Mengobati Tratak Pada Wajah
Untuk menghilangkan bercak putih pada wajah tersebut anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang bisa didapat dari lingkungan sekitar. Namun pada umumnya kalangan orang menggunakan salep khusus yang memang diresepkan oleh dokter. Maka dari itu, ada baiknya jika anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli agar anda bisa memperoleh saran serta anjuran tentang obat apa yang paling sesuai untuk anda gunakan. Agar penjelasan yang kami ambil lebih lengkap, berikut beberapa obat yang bisa anda terapkan!

12 Cara Menghilangkan Tratak Pada Wajah Secara Alami

#1. Mengaplikasikan Salep
Sebagian besar yang terjangkit tratak menggunakan salep khusus sehingga hasil yang didapat bisa lebih cepat dan maksimal. Salep tersebut terjual bebas di apotek dengan nama Steroid Tropikal. Untuk masalah harga, anda bisa bertanya atau mengecek sendiri pada apotik terdekat. Sedangkan fungsinya sudah tidak bisa diragukan lagi, sebab hasil yang akan anda peroleh akan lebih optimal sehingga tratak pada pipi anda akan lebih cepat hilang.

#2. Menerapkan Madu
Bahan yang satu ini memang sudah umum digunakan untuk merawat kulit khususnya wajah. Apalagi anda mempunyai gejala tratak pada pipi dan bagian wajah lainnya. Pada postingan sebelumnya kami juga sudah membahas tentang Manfaat Masker Madu Untuk Wajah, dan disitu anda juga bisa mengetahui tentang apa saja yang bisa anda peroleh dari penggunaan madu. Sedangkan untuk tratak, wajah anda akan bersih secara perlahan jika digunakan secara rutin. Lebih bagusnya lagi, kulit anda lebih halus, merona dan cantik secara alami.

#3. Mengatasi Tratak Dengan Bawang Putih
Bumbu dapur ini mempunyai sifat anti-bakteri yang cuku ampuh sehingga bisa menjaga kesehatan maupun kecantikan secara maksimal. Dengan kandungan antioksidan alami, bawang putih juga mempunyai peranan yang baik dalam menstabilkan kondisi kulit yang sedang mengalami gangguan. Salah satu masalah kulit yang bisa diatasi dengan bawang putih ialah tratak (bercak putih diwajah). Sedangkan penerapan boleh dibilang paling sederhana, cukup gosokkan masker bawang putih tiap habis mandi (dianjurkan pagi dan sore).

#4. Mengobati Tratak Dengan Minyak Zaitun Atau Minyak Kelapa
Anda bisa memilih minyak apa yang bisa anda gunakan. Sebab kedua minyak alami tersebut mempunyai peranan yang hampir serupa. Utamanya ialah untuk perawatan kulit, selebihnya ialah bisa mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan kulit yang salah satunya ialah tratak. Memang sangat tidak diherankan, sebab kedua bahan tersebut sudah umum dan sering dipakai untuk masker alami guna menjadikan kulit lebih lembab, cantik, kenyal dan lain sebagainya. Penerapan ialah dengan mengoleskan minyak tersebut selama kurang lebih 20 menit dan bilas hingga bersih.

#5. Masker Lemon Atau Jeruk Nipis
Dua jenis jeruk ini diperkaya akan kandungan vitamin C yang antioksidannya cukup tinggi. Sifat utama ialah untuk membersihkan sehingga bisa juga diterapkan untuk menghilangkan tratak pada wajah. Penggunaan lemon ataupun jeruk nipis akan membersihkan wajah anda secara maksimal. Termasuk pula guna membersihkan jerawat, komedo, kulit bersisik, kusam, minyak pada wajah, dan lain sebagainya.

#6. Menerapkan Lidah Buaya Sebagai Masker
Lidah buaya merupakan tanaman tropis yang paling banyak digunakan untuk merawat kecantikan. Bahkan untuk saat ini lidah buaya sering dijadikan bahan utama untuk pembuatan kosmetik. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, menjadikan kulit lembut dan terhindar dari beberapa masalah terkait. Untuk digunakan sebagai obat tratak, cukup ambil daging, haluskan, dan aplikasikan pada wajah secara merata selama kurang lebih 10 menit. Lakukan secara rutin tiap sore hari agar hasil lebih maksimal.

#7. Masker Susu Atau Yogurt
Bahan ini berguna untuk meratakan warna kulit yang belang. Anda sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini dan untuk mendapatkannya pun terbilang sangat mudah. Penggunaan susu atau yogurt ialah untuk menutrisi kulit sehingga bisa mengatasi berbagai masalah dengan kulit wajah khususnya tratak. Gunakan masker ini selama kurang lebih 20 menit tiap malam hari, maka wajah anda akan lebih halus, lembut, cerah, lembab, elastis dan terhindar dari masalah bercak putih pada kulit.

#8. Memanfaatkan Masker Pisang
Buah meja yang satu kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral yang bisa menutrisi kulit yang rusak. Selain harganya relatif murah, khasiatnya bagi kecantikan juga sangat berpengaruh dalam menjaga kulit tetap cantik, menunda penuaan dini, dan untuk melihat lebih detail silahkan cek : Manfaat Masker Pisang Untuk Wajah. Untuk penerapan, cukup haluskan pisang, bubuhkan pada wajah secara merata, biarkan selama 15 menit, dan bilas wajah dengan air hingga bersih.

#9. Masker Bengkoang
Sama halnya dengan susu, masker yang berbahan bengkuang bisa menjadikan kulit lebih putih dan meratakan warna kulit belang pada leher ataupun dahi. Pertama anda harus kupas bagian kulit terluar umbi bengkoang, selanjutnya parut hingga tekstur berubah menjadi lebih halus. Dikarenakan bahan ini sudah banyak mengandung air, maka anda tidak perlu menambahkan bahan lain sehingga penerapan bisa langsung anda lakukan. Jika sudah diparut, ratakan wajah anda dengan baluran bengkoang, diamkan hingga mengering (hingga kulit terasa kaku) dan cuci wajah anda dengan air.

#10. Menggunakan Masker Kunyit
Kunyit merupakan bahan herbal yang bisa dikonsumsi sebagai jamu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hal ini sudah kami bahas sebelumnya pada artikel Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Kunyit mempunyai kandungan khusus yang fungsinya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Masalah terkait seperti kulit kering, menyamarkan keriput, meratakan warna kulit dan lain sebagainya. Parut kunyit dan oleskan pada wajah selama 20 menit. Sifatnya dingin dan menjadikan wajah anda cantik secara alami.

#11. Masker Pepaya
Pepaya mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga bisa mencegah kulit kering, mengangkat sel kulit mati, dan menjadikan anda terlihat lebih muda. Anda juga bisa meratakan warna kulit dengan masker pepaya. Caranya ialah dengan menghaluskan daging pepaya hingga berbentuk gel (pasta), oleskan pada wajah sebagai masker selama 20 menit, langkah akhir ialah pembilasan. Sedangkan penggunaan paling bagus ialah tiap malam hari sebelum anda tidur.

#12. Menggunakan Masker Lengkuas
Rempah ini sering dijadikan bumbu dapur dan ramuan herbal untuk menjaga tubuh tetap sehat. Langkuas termasuk salah satu jenis rimpang yang kaya akan manfaat. Salah satu khasiatnya untuk membunuh jamur, bakteri dan kuman pada tubuh. Namun ada juga yang menggunakan lengkuas untuk menghilangkan tratak pada wajah. Cara menggunakan ialah dengan memarut lengkuas dan diperas airnya. Oles tipis pada wajah (mungkin sedikit terasa panas pada kulit) dan biarkan selama 15 menit. Terakhir anda bisa membilas wajah hingga bersih.

Selain mengetahui cara mengobati atau mengatasi tratak, sudah sepatutnya anda juga paham akan pencegahan yang harus dilakukan. Sebab tanpa adanya wawasan mengenai pemicu tratak, maka anda tidak akan waspada sehingga bisa jadi anda akan mengalaminya lagi kedepannya. Nah untuk mencegah tratak muncul dikulit wajah, anda juga harus simak cara-cara pencegahan dibawah ini! Yuk langsung baca saja!

Cara Mencegah Munculnya Tratak Pada Kulit Wajah
  1. Pakailah Lotion Yang Mengandung Sunblock : Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit anda dari sinar matahari khususnya sinar UV yang bisa merusak kondisi kulit. Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkannya sebab sudah bisa dibeli pada toko atau minimarket terdekat.
  2. Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Vitamin E dan B1 : Vitamin ini berguna untuk menjaga dan merawat kulit anda tetap sehat. Khususnya Vitamin E yang memang mempunyai peranan untuk menjaga keremajaan dan meregenerasi sel-sel kulit yang mati. Dan B1 bisa melancarkan sirkulasi darah yang terdapat pada jaringan bawah kulit.
  3. Gunakanlah Pelindung Kulit Jika Anda Keluar Rumah : Hal ini dimaksudkan jika anda keluar di siang hari. Bisa juga menggunakan payung atau topi jika anda jalan kaki Dan gunakan penutup kepala seperti helm dan sarung tangan serta aksesoris lainnya jika anda berkendara motor.
  4. Hindari Berkeringat lebih Ketika Terkena Sinar Matahari : Tetesan air keringat bisa menjadikan kulit anda menjadi belang karena paparan sinar menjadi tidak merata. Usahakan anda selalu membawa sapu tangan atau tisu untuk mengelap keringat ketika berada diterik sinar UV.
  5. Rawat Kesehatan Kulit : Sebagian orang mungkin tidak acuh ketika membahas tentang kesehatan kulit, padahal pengunaan lotion yang biasanya anda terapkan ialah untuk menjaga kelembapan yang termasuk salah satu perawatan kulit. Dan alternatif lainnya ialah bisa dengan menggunakan masker dan sejenisnya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai 12 Cara Menghilangkan Tratak Pada Wajah Secara Alami. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan memberikan anda sedikit referensi untuk mengatasi masalah yang anda alami. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter