-->

18 Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung ini mungkin akan sangat dibutuhkan serta wajib diketahui bagi anda yang mempunyai masalah dengan maag. Sebab tidak sembarang makanan bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit yang terbilang sangat umum ini. Dan untuk mengantisipasi agar maag atau asam lambung anda tidak kambuh, ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa tips yang akan kami rangkum dibawah ini. Artikel ini akan membahas mengenai beberapa jenis makanan yang aman dan sehat bagi penderita asam lambung. Yuk langsung saja simak rinciannya berikut ini.

Gejala yang sering ditimbulkan olah penyakit asam lambung ialah sering terjadi keluhan sakit perut, mual, perasaan ingin muntah, dan juga eneg ketika melihat makanan ataupun semua jenis minuman. Nah, sebelum anda mengatahui tentang jenis makanan atau minuman yang sehat untuk maag, mungkin anda patut mengetahui terlebih dahulu penyebab dan cara pencegahan penyakit asam lambung. Semua sudah kami sediakan untuk anda pada rangkain kalimat dibawah ini.

18 Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

Apa saja penyebab dari asam lambung? Ada begitu banyak faktor yang menjadi pemicu munculnya penyakit maag. Salah satunya ialah : Makan selalu telat dan tidak teratur, kurangnya berolah raga, terlalu banyak mengkonsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein, mengkonsumsi terlalu banyak soda, mengalami stres, depresi, dan mengkonsumsi makanan yang terlalu asam serta pedas. Pada intinya, penyebab dari mag ialah semua kegiatan serta pola makan yang sehingga menjadikan asam lambung naik drastis. Jadi untuk tips pemula ialah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat sehingga tidak mempengaruhi naiknya kadar asam lambung pada tubuh anda.

Apa saja jenis makanan dan cemilan yang baik untuk penderita asam lambung? Nah, untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, kami mencoba untuk mencari lebih banyak referensi dari internet. Dan dari situ pula kami menemukan beberapa jenis makanan yang tentunya akan sangat membantu bagi anda untuk mengatasi masalah terkait dengan asam lambung. Sebenarnya pada postingan sebelumnya kami juga sudah membahas tentang obat herbal yang bisa dijadikan alternatif menyembuhkan asam lambung (baca : 15 Tanaman Obat Untuk Atasi Asam Lambung). Namun untuk jenis cemilan, untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak rincian berikut :

10 Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

1. Kentang Rebus
Umbi yang satu ini mempunyai kandungan serat dan kerbohidrat yang sangat tinggi. Meski pada umumnya kentang sangat dikenal sebagai salah satu menu pilihan untuk diet, namun penggunaan secara tepat juga akan sangat berpengaruh bagi anda yang mempunyai penyakit maag. Kentang terbilang aman dan nyaman bagi lambung sehingga membuat sistem pencernaan anda lebih sehat. Untuk mengkonsumsinya anda hanya perlu merebus dan kemudian menjadikan menu sarapan di pagi hari sebelum anda melakukan aktifitas sehari-hari. Fungsi lain dari kentang rebus juga bisa menetralkan asam lambung yang tinggi sehingga cocok meskipun dikonsumsi oleh penderita maag kronis.

2. Bubur
Seperti yang dianjurkan dokter, bubur merupakan salah satu solusi yang bisa anda ambil guna mengatasi dan meminimalisir munculnya asam lambung. Selain teksturnya yang lebih lembut dan halus, menjadikan makanan ini sangat baik bagi lambung anda. Oleh karena itu, anda akan memperoleh dampak positif bagi kinerja lambung dan membantu dalam mengatasi serta meringankan gejala sakit maag anda. Meski terbilang sederhana, namun anda bisa menambah citarasa bubur dengan varian yang anda suka. Seperti contohnya dengan menambah sayur, telur rebus, kecap manis dan didampingi dengan kerupuk. Pilihan menu sarapan pagi menggunakan bubur akan sangat menyehatkan tubuh anda. Dan yang paling penting, semua metabolisme tubuh tetap lancar da terkendali.

3. Air Kelapa Muda
Kelapa muda atau yang juga dikenal dengan degan merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Air ini mempunyai fungsi sebagai pengganti ion tubuh dan mengembalikan kesegaran serta menjaga keseimbangan tingkat keasaman pada lambung. Air ini juga bermanfaat sebagai penetral racun dalam tubuh dan mungkin akan sangat cocok menjadi teman sehari-hari untuk anda selaku penderita penyakit maag. Sebelumnya kami juag sudah pernah membahas ini (Yuk baca : Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Penyakit Maag).

4.Sari Kacang Hijau
Sari kacang hijau mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap sari makanan tersebut. Jika anda benar-benar secara rutin mengkonsumsi sari kacang hijau, maka gejala penyakit asam lambung yang anda dertia akan berangsur hilang. Sebab manfaat utama dari sari kacang hijau bisa menjaga lapisan lambung yang terkena iritasi. Selain itu minuman ini juga mendukung kinerja lambung serta mengatasi berbagai permasalahan sistem pencernaan lainnya.

5. Buah Kurma
Buah ini mempunyai citarasa yang manis alami dan sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung. Tidak hanya pada daging buahnya saja, melainkan biji dari buah kurma juga sangat cocok untuk dijadikan kopi herbal yang kaya akan manfaat (baca : Manfaat Biji Kurma Untuk Kesehatan). Buah kurma kaya akan karbohidrat dan juga gula alami yang baik untuk menjaga kinerja lambung dan mengatasi berbagai masalah terkait dengan maag atau asam lambung yang tinggi.

6. Biskut Jahe
Rimpang yang satu ini memang mempunyai khasiat obat serta bisa diolah menjadi beberapa bahan pangan yang baik untuk kesehatan khususnya lambung. Sifat hangat pada jahe akan memberikan kesan nyaman pada lambung serta membantu untuk mengeluarkan angin dan mencegah munculnya gejala-gejala penyakit maag. Anda mengkonsumsi jahe secara langsung (dengan menjadikan teh / wedang) atau bisa juga dengan membeli atau membuat sendiri biskuit dari rimpang jahe.

7. Oatmeal Dan Susu Kambing
Susu kambing merupakan sumber vitamin penting yang dibutuhkan tubuh. Bahkan hingga kini susu ini dipercaya bisa mengatasi asam lambung secara aman. Sedangkan Oatmeal diperkaya akan serat yang bisa melancarkan saluran pencernaan dan meminimalisir penumpukan racun serta menurunkan asam yang tinggi pada lambung.

8. Lidah Buaya
Pada umumnya lidah buaya sering digunakan untuk beberapa perawatan kecantikan khususnya bagi wajah. Namun jika dikonsumsi, lidah buaya diperkaya akan serat, vitamin, dan mineral yang fungsinya cukup baik untuk mengatasi beberapa keluhan terkait dengan naiknya asam lambung.

9. Kunyit
Rimpang yang satu ini merupakan jamu adem yang bisa mengobati demam dan juga alternatif ramuan herbal untuk menurunkan asam lambung. Untuk menggunakan, anda cukup mencampurkannya sebagai rempah dalam setiap masakan (sebagai bumbu). Namun bisa juga mengkonsumsinya sebagai jamu tradisional.

Tidak hanya pada jenis makanan (yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari), namun terdapat juga jenis buah serta sayur yang pada intinya sangat aman untuk anda konsumsi. Beberapa jenis buah dan sayur tersebut ialah :

8 Cemilan Buah Dan Sayur Untuk Penderita Asam Lambung

1. Pisang Dan Pepaya
Untuk menjaga keseimbangan asam lambung, buah pisang dan pepaya cukup baik untuk mengatasi masalah anda. Kandungan kaluin yang terdapat pada keduanya bisa menjaga kinerja beberapa organ tubuh dan juga bisa melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi resiko terjadinya stres atau pikiran berat. Jika dikonsumsi secara rutin, kedua buah ini akan sangat membantu dalam mengobati asam lambung yang tergolong sederhana maupun kronis.

2. Wortel Dan Brokoli
Sayur ini diperkaya kandnungan Vitamin A yang fungsinya cukup membantu untuk menjaga indera penglihatan. Beberapa kandungan lainnya terkait juga dengan adanya kalsium, kalium dan tinggi serat yang baik untuk sistem pencernaan. Konsumsi sayur ini akan memenuhi AKG harian serta tidak memicu naiknya asam lambung.

3. Mangga Dan Semangka
Kedua buah ini kaya akan serat dan juga beberapa vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satu khasiatnya ialah untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga meminimalkan penumpukan racun dalam lambung ataupun usus. Yang terpenting disini ialah manfaat yang bisa anda dapat juga akan mencegah naiknya asam lambung sehingga maag yang anda derita tidak mudah kambuh.

4. Apel
Buah ini hampir sama dengan jenis lain yang mempunyai kandungan baik untuk tubuh. Jika anda menderita asam lambung yang berkepanjangan, maka dengan mengkonsumsi apel akan mencegah kambuhnya penyakit yang anda derita tersebut. Apel akan melancarkan sistem pencernaan dan menjaga tingkat kestabilan asam lambung.

5. Mentimun
Sayur hijau yang berbentuk panjang ini mempunyai sifat yang berdampak baik untuk mendinginkan gejala panas pada bagian dalam tubuh tertentu. Dan jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung, maka kemampuannya terbilang ampuh untuk mengurangi nyeri pada perut yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Tidak terlepas disitu saja, buah yang tergolong sayur ini juga cocok bagi anda yang menderita hipertensi. (Simak : 7 Manfaat Mentimun Untuk kesehatan Kulit)

Dengan melihat beberapa bahan diatas, tentunya anda sudah bisa menilai dan memilih sendiri bahan mana yang paling mudah anda dapat dilingkungan sekitar. Tapi tidak hanya untuk mengatahui penyebab dan jenis makanan yang bisa mengatasi asam lambung. Namun anda juga harus tahu betul tentang bagaimana cara mencegah terjadinya gangguan asam tinggi pada lambung. Tips sederhana yang bisa anda lakukan ialah :
  • Atur Pola Makan : Yang dimaksud ialah anda harus lebih pintar memanage waktu makan secara teratur. Meski tidak makan dalam skala banyak, namun untuk menghindari adanya maag (asam lambung), maka anda harus memperbaiki waktu makan dan jenis makanan yang anda konsumsi.
  • Perbanyak Minum Air Putih : Minum air bisa membantu anda mencegah naiknya asam lambung. Dibanding dengan mengkonsumsi kopi, lebih baik minum air putih secara teratur dan menambah porsi konsumsinya.
  • Istirahat Cukup Dan Hindari Stres : Jika porsi tidur anda memenuhi kebutuhan harian, maka kemungkinan besar pikiran anda akan lebih tenang dan tubuh tidak terlalu capek. Sebab stres bisa menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Jadi hindari stres atau pikiran berat yang bisa menjadi faktor naiknya tingkat keasaman pada lambung.
  • Olahraga Rutin : Tubuh yang sehat akan menjadikan daya tahan akan lebih kuat. Olahraga menjadi solusi terbaik dan paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit. Tidak hanya asam lambung saja, namun terkait juga dengan jenis penyakit lainnya.
  • Kurangi Konsumsi Kopi, Alk0hol, dan teh : Semua minuman ini sangat tidak baik bagi lambung. Sepert kopi yang banyak mengandung kafein yang sangat buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam porsi yang banyak. Salah satu yang disebabkan ialah naiknya asam lambung dan perut terasa mual.
  • Perhatikan Makanan Yang Anda Konsumsi : Kurangilah mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas serta jenis makanan yang mengandung asam terlalu tinggi. Jenis makanan tersebut bisa seperti mie instan, ketan. kangkung, durian, sayur nangka, serta masih banyak lagi jenis sayur atau buah yang bisa anda hindari.
  • Konsultasi Dengan Dokter : Jika tingkat asam lambung atau gejala maag anda sudah parah, ada baiknya jika anda melakukan medical check-up sehingga bisa mengetahui secara pasti seperta apa tingkat keparahan penyakit anda. Dengan begitu anda akan mendapat arahan serta mungkin resep obat yang lebih tepat.

Demikianlah ulasan yang bisa kami tulis terkait dengan 18 Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung. Semoga bisa membantu dan memberikan manfaat bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare agar artikel ini bisa diketahui oleh orang lebih banyak. Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter