-->

11 Cara Mengempeskan Mata Bengkak Dengan Bahan Alami

Cara Mengempeskan Mata Bengkak bisa menggunakan beberapa bahan alternatif yang berasal dari bahan alami. Salah satu bahan yang bisa anda terapkan ialah kompres jus mentimun supaya mata bengkak anda kembali kempes. Memang tidak mudah untuk secara cepat mengobati mata bengkak, apalagi jika bengkak tersebut disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang komposisinya terdapat bahan kimia. Nah, oleh karena itu, mungkin ada baiknya jika anda lebih waspada dalam mengadopsi jenis produk kosmetik dengan memperhatikan bahan kimia yang digunakan.

Pada postingan sebelumnya kami juga sudah pernah membahas tentang bagaimana cara menjaga kebersihan mata. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk menjadikan mata anda lebih sehat, tercegah dari iritasi serta mencegah mata merah ataupun terjadinya bengkak dan sakit mata (baca : Cara Membersihkan Mata Secara Alami). Kenapa demikian? Sebab mata merupakan salah satu indera penglihatan yang sangat penting dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Nah, bagaimana cara menyembuhkan mata bengkak secara alami? silahkan lanjut baca pada rincian dibawah ini.

11 Cara Mengempeskan Mata Bengkak Dengan Bahan Alami

Sebelum anda benar-benar mengetahui tentang tutorial singkat mengempeskan mata bengkak. Ada baiknya jika anda membaca terlebih dahulu mengenai apa saja masalah yang mungkin terjadi pada mata anda. Hal ini sudah pernah kami bahas secara lengkap dan detail pada postingan-postingan kami terdahulu. Beberapa diantaranya ialah :

14 Penyebab Terjadinya Pembengkakan Pada Mata

Mata bengkak bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bagi anda yang ingin mengetahui tentang bagaimana menyembuhkan, sudah sepatutnya anda juga mengetahui apa yang menjadi penyebab mata bengkak tersebut. Kenapa demikian? Sebab dengan anda mengetahu pemicu, pastinya anda bisa melakukan pencegahan supaya gejala ini tidak lagi muncul di kemudian hari. Faktor penyebab tersebut diantaranya :
  1. Kelilipan : Gejala ini bisa terjadi karena mata ada suatu benda asing yang masuk dan menyentuh bola mata. Jika hal ini terjadi, maka mata anda akan terasa perih, keluar air mata, mata memerah, dan terjadinya pembengkakan jika tidak ditangani dengan benar. Benda asing tersebut bisa berupa debu, atau benda kecil lainnya. Penanganan harus anda lakukan dengan benar agar tidak terjadi iritasi yang lebih serius.
  2. Menangis : Salah satu penyebab dari membengkaknya mata ialah terlalu lama menangis. Sebab hal ini diakibatkan oleh adanya retensi pada kelanjar di area sekitar mata. Menangis dengan jangka waktu panjang akan membuat mata anda menjadi bengkak dan berwarna kemerahan.
  3. Alergi : Terjadinya alergi pada mata bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Salah satunya ialah kemasukan debu, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai atau juga karena di gigit oleh serangga seperti nyamuk. Maka dari itu, anda harus waspada pula dalam menggunakan kosmetik dengan memperhatikan komposisi bahan kimia yang terdapat pada produk tersebut.
  4. Sakit Mata : Penyakit ini sudah terbilang sangat umum dan terkadang didalam mata serasa ada benda asing yang mengganjal. Sakit mata bisa dialami oleh siapa saja dan bisa juga tertular karena adanya virus. Sedangkan gejala yang biasanya muncul ialah mata menjadi bengkak, terasa perih, sering berair, dan mungkin terkadang terasa gatal.
  5. Kurang Tidur : Mata akan terasa sangat lelah dan mungkin menjadi merah dan membengkak. Yang paling umum dirasakan akibat kekurangan tidur ialah mata panda atau muncul kantung pada bagian bawah mata.
  6. Mengkonsumsi Alk0hol dan Merokok : Kegiatan tidak sehat ini bisa menjadi penyebab dari munculnya beberapa jenis penyakit pada tubuh. Yang bisa dirasakan jika keduanya berlebihan ialah mata menjadi merah serta timbul radang atau pembengkakan pada mata.
  7. Menderita Flu : Penyakit ini disebabkan oleh adanya virus membuat hampir sama dengan menangis. Hal ini menyebabkan adanya retensi pada kelenjar mata sehingga pada akhirnya membuat mata anda menjadi sedikit memerah dan timbul bengkak.
  8. Beberapa penyebab lain bisa jadi karena konjungtivitis, bintitan, cidera mata, selulitis orbita, herpes okular, penyakit gravis, dan terdapat gangguan pada organ ginjal.

Nah, dengan mengetahui beberapa penyebab diatas, anda akan bisa lebih waspada dan memperhatikan hal tersebut untuk bisa melakukan pencegahan secara optimal. Namun bagi anda yang masih penasaran tentang bagaimana cara yang paling ampuh untuk meredakan mata bengkak, berikut tata cara sederhana yang bisa anda lakukan.

3 Cara Mengempeskan Mata Bengkak Dengan Bahan Alami

1. Mengobati Mata Bengkak Dengan Kompres Mentimun
Buah yang tergolong sayur ini memang sangat sering dijadikan masker untuk merawat kecantikan. Tapi tidak terlepas disitu saja, melainkan jus dari mentimun bisa menghilangkan mata panda serta mengatasi peradangan pada mata. Cara penerapan yang bisa anda lakukan juga terbilang sangat sederhana, cukup iris tipis dan tempelkan pada mata. Diamkan sejenak kemudian bari bisa dibersihkan. Tapi bisa juga dengan memblender timun hingga bentuk gel, taruh pada kulkas selama beberapa menit (hingga dingin) dan bubuhkan pada mata anda yang bengkak.

2. Mengempiskan Mata Bengkak Dengan Kompres Es batu
Cara ini bisa dibilang yang paling mudah dan sederhana. Sebab bahan yang anda butuhkan hanyalah es batu yang dibungkus dengan handuk halus kemudian ditempelkan pada mata. Es batu bisa menghilangkan mata bengkak dan mengempeskan peradangan yang terjadi pada mata. Agar hasil yang anda dapat bisa lebih optimal, lakukan berulang hingga bengkak yang anda rasakan bisa benar-benar hilang.

3. Menyembuhkan Mata Bengkak Dengan Ampas Teh
Mungkin anda tidak akan sadar bahwa ampas dari teh bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Jika digunakan dengan benar, maka ampas ini akan sangat membantu dalam menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit wajah serta menyamarkan bengkak pada mata. Agar penerapa yang anda lakukan bisa lebih mudah, maka anda bisa menggunakan teh celup yang sudah diseduh dan gunakan ampasnya untuk ditempelkan pada mata.

8 Cara Mengempeskan Mata Bengkak Sesuai Dengan Penyebab

Jika anda sudah menggunakan beberapa bahan diatas namun mata bengkak anda belum teratasi, mungkin saja anda kurang paham dengan penerapan yang kurang tepat. Jadi dengan begitu anda harus tahu lebih dulu penyebab lalu bisa melakukan pengobatan sesuai dengan faktor pemicu tersebut. Nah untuk lebih singkatnya mari langsung kita simak saja rincian tutorial berikut!

1. Mata Bengkak Karena Alergi
Seperti yang sudah kami sebutkan, alergi bisa terjadi karena tidak sesuainya jenis kometik, penggunaan lensa kontak, atau terjadinya alergi karena aktifitas lain yang tidak anda sadari. Tips pertama yaitu dengan mengindari penyebab kemudian melakukan pengobatan dengan jenis obat seperti diphenhydramine yang termasuk pada golongan anthistamin. Obat ini bertujuan untuk meringankan gejala alergi dan mengurangi rasa gatal. Meski terbilang bukan untuk mengempiskan, namun secara perlahan mata anda juga akan sembuh.

2. Mata Bengkak Karena Cedera
Cedera ini bisa disebabkan oleh adanya trauma yang salah satunya akibat bekas operasi kelopak mata. Dan hal ini juga bisa menjadi pemicu terjadinya pembengkakan pada mata. Namun cidera ini bisa jadi karena adanya benturan yang membuat mata anda terasa sakit. Nah, untuk mengatasinya anda bisa melakukan kompres air dingin dengan menggunakan kain atau handuk bersih. Lakukan paling tidak sebanyak 4x sehari dan tambah tinggi bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari anggota tubuh lain.

3. Mata Bengkak Karena Konjungtivitis
Penyakit ini merupakan gejala inflamasi (peradangan) pada selaput mata bagian depan (konjungtiva) sehingga terjadi perubahan warna mata menjadi merah. Penyebabnya bisa dikarenakan adanya alergi terhadap debu, penggunaan kosmetik seperti bedaj dan shampo serta infeksi yang diakibatkan oleh virus atau bakteri. Cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan menjauhi penyebab dan mengkonsumsi obat anthistamin. Hal lain yang bisa anda lakukan ialah : menggunakan pelindung mata jika keluar rumah, jaga kebersihan kelopak mata, gunakan obat tetes, dan rajin membersihkan anggota tubuh yang sering melakukan kontak langsung dengan mata.

4. Mata Bengkak Karena Menangis
Meskipun sedih, menangis terus-terusan sangat tidak baik untuk kesehatan mata. salah satu yang bisa disebabkan ialah terjadinya pembengkakan. Untuk mengatasinya ialah : Menggunakan tetes mata (untuk mengobati mata merah), melakukan kompres air dingin serta menggunakan bahan-bahan alami yang sudah kami sebutkan diatas.

5. Mata Bengkak Karena Selulitis Orbita
Gejala ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri pada mata. Namun masalah ini sangat jarang terjadi tapi kondisi yang disebabkan bisa sangat serius sehingga menyebabkan pembengkakan pada bagian atas dan bawah kelopak mata. Dampak lain yang mungkin dirasakan ialah terjadi demam, fungsi penglihatan berkurang, mata sedikit menonjol, serta mata akan terasa sakit ketika melirik sesuatu. Pengobatan sangat dianjurkan jika dikonsultasikan langsung dengan dokter.

6. Mata Bengkak Karena Gangguan Ginjal
Salah satu pemicu dari membengkaknya mata ialah Sindroma Nefrotik yang merupakan suatu penyakit yang terjadi kebocoran pada ginjal. Pada umumnya penderita penyakit ini akan mengalami kondisi mata bengkak saat bangun tidur dipagi hari meski tidak dirasakan sakit. Pengobatan terbaik ialah dengan mengunjungi dokter agar memperoleh resep obat yang sesuai.

7. Mata Bengkak Karena penyakit Graves
Penyakit ini bisa diukur dengan kadar hormon tiroid yang berlebih pada tubuh. Gejala yang sering dirasakan ialah : Mudah emosi, kelelahan, sering cemas, tubuh jadi kurus (penurunan berat badan), dan yang terparah adalah penonjolan bola mata. Untuk penyembuhan membutuhkan bantuan medis sehingga cara terbaik ialah dengan berkonsultasi dengan dokter.

8. Mata Bengkak Karena Herpes Okular
Jika dilihat dari nama, penyakit ini merupakan infeksi mata yang ditimbulkan oleh virus herpes simpleks. Meski tidak menyebabkan masalah yang terlalu serius, namun beberapa gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan konjungtivitis. Jika mata anda terkena infeksi virus ini, tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi luka dan juga lepuh yang menyakitkan. Untuk pengobatan terbaik seharusnya anda berkunjung pada dokter ahli terdekat.

Demikianlah artikel tentang 11 Cara Mengempeskan Mata Bengkak Dengan Bahan Alami. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Agar artikel ini lebih luas, maka jangan lupa untuk dibagikan dengan teman-teman yang lain ya...!!! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter