-->

Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami

Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami bisa anda lakukan dengan berbagai terapi dan treatmen sederhana dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Dengan adanya cara mengobati hidung tersumbat ini, mungkin sedikit banyak anda akan merasa terbantu dalam menyelesaikan masalah terkait dengan sistem pernafasan tersebut. Nah maka dari itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit rangkuman mengenai tata cara dan menyembuhkan hidung anda yang mampet dengan bahan alami dan tradisional. Untuk lebih singkatnya, mari kita simak sama-sama rincian berikut!

Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami
Siapa sih yang tidak pernah mengalami hidung tersumbat? Pastinya semua orang pernah merasakan dikarenakan gejala yang disebabkan oleh flu ini bisa menyerang siapa saja. Pada awalnya mungkin karena sistem imun sedang tidak stabil sehingga menjadikan virus lebih mudah menyerang karena tubuh dalam keadaan tidak fit. Hidung tersumbat bisa terjadi pada siapa saja, tidak memandang itu bayi, anak kecil, remaja ataupun yang sudahlanjut usia. Dikarenakan hal tersebut, sudah selayaknya jika anda selalu menjaga kesehatan secara maksimal dan mencukup tubuh dengan asupan vitamin C agar tidak mudah terserang penyakit. Flu penyabab hidung tersumbat sering terjadi ketika sedang pergantian musim (dari musim panas ke musim hijan) namun bisa juga karena faktro lain yang penyebabnya tidak bisa anda sangka-sangka.

Jika membahas sepintas, hidung tersumbat adalah salah satu gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan. Penyumbatan ini terjadi pada satu sisi atau juga pada kedua lubang hidung. Penyebab umum mungkin dikarenakan adanya infeksi pada sinus (hidung), dan juga penyakit ringan yang dipicu oleh berkembangnya bakteri seperti flu. Faktor lain juga dikarenakan terjadinya peradangan pada lapisan rongga hidung yang pada akhirnya menjadikan anda susah untuk menghela nafas. Efeknya akan sangat terasa ketika anda hendak tidur dimalam hari, sehingga menjadikan anda merasa risih dan sulit untuk terlelap.

Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja penyebab pasti dari hidung tersumbat (mampet)? Sebenarnya hal ini bisa dianalisis dari keadaan tubuh anda pada saat itu juga. Masalah ini juga bisa anda ukur dengan keadaan lingkungan dan juga tempat dimana anda tinggal. Nah, sebelum anda benar-benar memperoleh langkah mudah dalam mengatasi hidung mampet, ada baiknya juga jika terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor yang menjadi pemicu dari tersumbatnya lubang hidung tersebut.

Ada sekitar 8 penyebab umum hidung mampet yang perlu anda ketahui :
  1. Alergi : Masalah ini terkait dengan keadaan tubuh yang alergi terhadap sesuatu benda asing yang menempel pada lubang sinus. Kebanyakan ialah berupa debu, polusi, dan juga benda lain yang pada akhirnya membuat anda bersin-bersin dan menjadikan hidung tersumbat.
  2. Benda Asing : Mungkin anda tidak sadar bahwa dalam hidung juga bisa terdapat suatu benda asing yang terkadang menyumbat saluran pernafasan. Salah satunya ialah sisa ingus yang bercampur debu dan kemudian mengering dan mmebentuk gumpalan.
  3. Polip : Dampak ini adalah adanya pertumbuhan selaput lendir yang sifatnya jinak. Sedangkan penyebab dari terjadinya polip tidak bisa diketahui secara pasti. Namun pada sejumlah polip pertumbuhanya dikarenakan adanya pembengkakan (radang) yang diakibatkan oleh adanya infeksi.
  4. Iritasi Hidung : Iritasi ini bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor, salah satunya karena infeksi atau efek dari gejala flu yang anda alami.
  5. Sunisitis : Gejala ini merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada sinus (lubang hidung). Sinus sendiri merupakan rongga kecil berisi udara yang letaknya terdapat pada belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis tergolong dalam penyakit umum dan bisa terjadi pada semua orang dan segala umur.
  6. Tumor : Penyakit ini tergolong dalam jenis kanker namun masih dalam sekali kecil. Tumor berbentuk benjolan kecil yang semakin lama akan semakin membesar. Jika hidung anda tersumbat dikarenakan adanya tumor, maka sudah sepatutnya jika mensegerakan diri untuk berkonsultasi dengan dokter.
  7. Asap rokok : Merokok merupakan salah satu kegiatan yang sangat merugikan kesehatan. Jika anda selaku prokok, maka anda patut juga mempelajari 11 Bahaya Merokok Sesudah Makan agar bisa mengantisipasi segala sesuatu kemungkinan buruk yang akan terjadi. Selain itu, asap rokok akan membuat tenggorokan kering serta menghambat saluran pernafasan.
  8. Sakit Kepala : Gejala ini bisa dikenal dengan migrain, pusing, dan sering juga berbarengan dengan datangnya flu.

Nah, jika anda sudah mengetahi betul tentang apa saja hal yang menjadi pemicu dari hidung tersumbat. Pastinya anda akan mempertanyakan tentang bagaimana cara mengatasi hidung mampet tersebut. Sebagai salah satu acuan agar hidung tersumbat anda bisa diobati, maka mungkin langkah-langkah yang sudah kami sediakan dibawah ini bisa sedikit membantu!

Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami :

#1. Mengkonsumsi Makanan Pedas
Pastinya anda pernah mengalami hidung mampet dan mencoba untuk mengkonsumsi jenis makanan yang bercita-rasa pedas. Sebagai salah satu contoh ialah rujak, bakso, pangsit dan lain sebagainya. Nah, kenapa harus pedas? Sebab rasa pedas pada makanan tersebut akan meluruhkan keringat dan juga lendir sehingga bisa keluar dengan sendirinya.

#2. Hindari Membuang Ingus Kuat-Kuat
Secara tidak sadar mungkin saja anda merasa terganggu ketika hidung sedang meler (flu) dan ingin membuangnya secara berlebihan. Tapi apakah anda tahu dampak yang nantinya akan disebabkan? Selain bisa menyebabkan tuli (mengurangi sensitifitas pendengaran), membuang ingus terlalu kuat akan mengakibatkan peradangan yang pada akhirnya bisa menyumbat saluran pernafasan.

#3. Mengkonsumsi Air Hangat
Hidung tersumbat bisa juga terjadi karena adanya gangguan pada tengorokan sehingga akan membuat kesulitan bernafas ketika hendak tidur. Dengan mengkonsumsi air hangat, maka akan sedikit melegakan dan membuang benda asing yang tedapat pada saluran hidung.

#4. Memperbaiki Posisi Tidur
Jika anda sedang mengalami hidung mampet, mungkin dengan mengubah posisi tidur akan menyelesaikan masalah yang anda alami. Cara penerapan ialah dengan menambah bantal sehingga posisi kepala agak terangkat lebih tinggi. Dengan begitu pada akhirnya jalannya nafas akan lebih lancar.

#5. Berkumur Air Garam
Flu bisa disebabkan oleh adanya bakteri sehingga secara terus-menerus ingus keluar dikarenakan melakukan pertahanan terhadap serangan virus tersebut. Nah, disini garam bersifat anti-bakteri yang juga ikut membantu dalam melegakan sistem pernafasan yang tersendat. Yang perlu anda lakukan hanyalah melarutkan garam dengan sedikit air hangat kemudian gunakan sebagai obat kumur.

#6. Menghirup Bawang Putih
Salah satu bumbu dapur yang satu ini mempunyai kesan hangat dan mampu membuat hidung tersumbat kembali lega. Bawang putih juga bersifat anti-bakteri yang kemampuannya cukup ampuh dalam membunuh dan menghambat pertumbuhan mikroba merugikan bagi tubuh. Cara penggunaan ialah dengan mengiris bawang putih kemudian dihirup secara perlahan (aromanya saja).

#7. Mandi Air Hangat
Air hangat bisa digunakan untuk minum dan juga dijadikan sebagai mandi yang fungsinya untuk mengatasi hidung tersumbat. Uap yang terdapat pada air akan melegakan saluran pernafasan dikarenakan bisa menembus dan mampu mengaluarkan ingus yang menempel.

#8. Menghirup Minyak Kayu Putih
Kesan hangat yang ditimbulkan minyak kayu putih akan membuat hidung terasa lega dan kembali mudah bernafas. Cara penerapan ialah dengan menuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada baskom berisi air hangat. Tengadahkan wajah diatas baskom tadi dan dengan sekejap masalah teratasi.

#9. Mengkonsumsi Jeruk Hangat
Air jeruk mempunyai kemampuan untuk membersihkan dan juga sebagai antioksidan alami yang baik dalam membunuh bakteri pada tubuh. Untuk mengolahnya, cukup siapkan perasan jeruk dan diseduh dengan air medidih beserta campuran sedikit madu. Minum selagi hangat dan hidung anda pun akan kembali lega.

#10. Wedang Jahe
Ramuan ini mempunyai fungsi untuk menghangat tubuh dan mengatasi masuk angin dan juga flu. Jika anda mengalami hidung mampet, maka salah satu alternatif yang bisa anda gunakan ialah teh jahe yang bisa anda buat sendiri dirumah.

#11. Menghirup Inhaler atau balsem
Aroma inhaler dan balsem bisa dengan cepat melegakan saluran pernafasan. Cukup dengan membuka tubuh kemudian hirup aroma yang dikeluarkan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan memberikan sedikit referensi bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare juga ya...!!! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter