Pengobatan Kista Payudara Dengan Bahan Herbal Alami

Kista Payudara adalah sejenis penyakit yang mungkin masih boleh dibilang tidak berbahaya menurut dari tingkatan atau jenisnya. Namun guna melakukan pencegahan serta menjaga kesehatan organ seluruh tubuh, ada baiknya jika kita mengkonsultasikan dengan dokter jika terjadi hal-hal aneh pada tubuh yang salah satunya ialah terjadinya benjolan pada payudara tersebut. Oleh karena itu, untuk memperluas informasi terkait, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang mungkin saja bisa membantu dan memberikan sedikit wawasan mengenai ciri-ciri kista payudara dan bagaimana cara mencegahnya.

Sedikit mengetahui mengenai kista payudara, Penyakit ini adalah terjadinya atau terdapat kantung berupa benjolan kecil yang berisi cairan. Bentuknya bulat kecil identik lebih oval dan menyerupai balon kecil yang berisi air. Sedangkan untuk ukuran, tergantung dari seberapa parah dan ringannya jenis kista yang diderita. Kadang lain orang lain pula tingkat ukurannya. Dan jika sudah berukuran besar, maka jaringan payudara yang berada didekatnya akan tertekan sehingga menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

Pengobatan Kista Payudara Dengan Bahan Herbal Alami

Pada umumnya, kalangan wanita bisa saja mengalami penyakit kista payudara ini. Khusunya bagi usia 35 hingga 50 tahun namun yang belum mengalami masa menopause. Bahkan setiap orang bisa saja mempunyai kista lebih dari satu, atau bahkan hingga 2 atau 3 sekaligus. Namun, kadangkala kista ini akan menghilang dengan sendirinya ketika anda sudah memasuki menopause, namun setiap penyakit pasti akan berdampak tidak baik bagi kesehatan sehingga untuk mendeteksi sedari dini, secepatnya anda harus periksa kedokter jika terjadi benjolan pada payudara guna mengetahui secara pasti apa yang sedang anda alami. Takutnya benjolan tersebut merupakan jenis kanker atau tumor yang efeknya akan lebih buruk jika dibiarkan.

Apa saja penyebab dari kista payudara?
Jika ditelusuri dari berbagai sumber di internet, ada keterangan bahwa tidak diketahui secara pasti atau belum benar-benar diketahui apa saja yang menjadi penyebab pasti dari kista payudara ini. Namun ada juga bukti yang menguatkan bahwa kelebihan estrogen dalam tubuh dapat memicu jaringan yang ada pada payudara sehingga bisa saja membantu perkembangan sel kista pada payudara. Ada juga keterangan alin yang menyebutkan bawah kista payudara berkembang dikarenakan kelenjar dan jaringan ikat pada payudara menghambat saluran susu yang berakibat kelenjar dan jaringan ikan tersebut melebar (dilatasi) dan dampaknya akan terisi oleh cairan serta membentuk benjolan kecil.

Apa saja gejala umum yang disebabkan oleh kista payudara?
Kami merangkum dari beberapa sumber dan kemudian mendefinisikan kembali agar lebih mudah dipahami oleh semua kalangan. Adapun gejala-gejala yang biasanya diketahui serta dirasakan ialah :
  1. Adanya sebuah benjolan kecil pada bagian atas payudara berbentuk oval mengkilap dan agak licin. Benjolan ini mudah digerakkan.
  2. Terasa nyeri serta sakit pada benjolan dan area sekitarnya.
  3. Ukuran semakin besar dan bertambah nyeri sebelum melalui masa menstruasi (datang bulan). Namun sedikit berkurang ketika menstruasi sudah selesai.
  4. Mengalami perasaan tidak nyaman dan seperti selalu ada yang mengganjal.

Bagaimana Cara Mengobati Kista Payudara?
Ada banyak sekali metode yang bisa anda gunakan. Dan beberapa diantaranya ialah dengan menggunakan metode modern serta pengobatan herbal dengan bahan-bahan yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.

Pengobatan Modern :
  • Langkah pertama ialah dengan melakukan pemeriksaan pada dokter sehingga dokter akan menganalisa serta mengetahui secara pasti apa terdapat benjolan atau tidak pada payudara anda. Dengan begitu, jika memang benar ada, maka nantinya bisa diambil langkah lanjutan yaitu dengan tes pencitraan.
  • Tes Pencitraan ini biasanya dengan melakukan USG agar membantu dokter dalam melihat kondisi benjolan yang terdapat dan terbentuk pada payudara, sehingga bisa diketahui apakah berbentuk padat atau cair. Bila berupa cairan, maka penyakit yang anda derita mengacu pada jenis kista, namun jika padat, maka ada kemungkinan anda menderita kanker payudara.
  • Aspirasi jarum halus (fine-needle aspiration) : Kegiatan ini merupakan proses diagnosa yang dilakukan dokter dengan menyisipkan jarum tips pada benjolan dan mengambil sampel cairan dari dalamnya. Biasanya dokter juga akan menggunakan USG agar penempatan jarum tepat pada sasaran. Prosedur ini bisa digunakan untuk menyembuhkan kista payudara namun ada harus melakukan berkali-kali untuk dapat mengeluarkan seluruh cairan sehingga gejala-gejala menghilang secara total.
  • Penggunaan hormon (pil KB) bisa juga dipakai untuk mengatur siklus menstruasi dan mengurangi kambuhnya penyakit kista payudara. Namun Pil KB ini memiliki efek samping jika digunakan sehingga hanya dianjurkan untuk wanita yang mengalami penyakit kista tingkat berat.
  • Operasi : Langkah ini merupakan proses akhir dan mengangkat kista secara langsung. Prosedur operasi dilakukan jika benjolan pada payudara sudah menyebabkan rasa tidak nyaman yang berlebih dalam jangka waktu lama dan menunjukkan beberapa gejala yang mengkhawatirkan.

Bagaimana cara meminimalisir rasa tidak nyaman pada kista payudara?
Ada beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan agar perasaan tidak nyaman pada kista bisa berkurang. Apa saja tips tersebut? berikut selengkapnya :
  1. Kurangi atau hindari makanan dan juga minuman yang mengandung kafein. Memang belum ada fakta ilmiah untuk membuktikan, namun pada kalangan tertentu menyimpulkan bahwa dengan tidak mengkonsumsi kafein bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan gejala yang disebabkan oleh kista payudara. Jadi tidak ada salahnya jika kita juga mengikuti langkah tersebut.
  2. Mengkonsumsi obat penghilang nyeri (penghilang rasa sakit). Hal ini tentunya bertujuan untuk menringankan nyeri atau sakit yang diakibatkan oleh kista tersebut.
  3. Mengurangi konsumsi garam agar gejala menghilang secara perlahan.

Apa saja Obat Herbal Untuk Mengobati Kista Payudara?
Sebenarnya ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan dalam membuat ramuan herbal untuk kista payudara. Beberapa diantaranya ialah Mahkota dewa, kunyit putih, benalu teh, rumput mutiara, kulit manggis, akar maca, akar cohosh hitam, susu biji bunga thistle, akar dong quai, tapak liman, pegagan, cakar ayam dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana cara membuat jamu herbal untuk kista payudara?
Ada beberapa langkah sederhana dalam membuat ramuan herbal untuk kista payudara. Racikan dan bahan yang perlu dipersiapkan ialah :
  • 10gr rimpang kunyit putih
  • 10gr daun tapak liman
  • 30gr daun cakar ayam segar
  • 10gr daun pegagan
  • 10gr rumput mutiara
Cara mengolah cukup dengan mencuci bersih semua bahan kemudian ditumbuk kasar. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Saring dan minum secara rutin 3x sehari masing-masing 1 gelas untuk 1x konsumsi.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Pengobatan Kista Payudara Dengan Bahan Herbal Alami. Semoga bisa berguna khususnya bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa bagikan juga dengan teman-teman yang lain agar artikel ini lebih bermanfaat. Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *