-->

Manfaat Dan Khasiat Putri Malu Untuk Kesehatan

Manfaat Putri Malu mungkin belum begitu umum dikalangan masyarakat. Sebab tanaman semak berduri ini hanya dianggap gulma yang mengganggu tanaman lain yang biasanya dirawat oleh petani. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, ada kebaikan begitu besar yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh yang diantaranya ialah bisa menyembuhkan batuk, radang, hepatitis, rematik dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, pada postingan kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit informasi terkait dengan Khasat Putri Malu Bagi Kesehatan. Lebih lengkapnya, yuk langsung saja pada topik.

Manfaat Dan Khasiat Putri Malu Untuk Kesehatan

Putri Malu merupakan tanaman liar yang bisa tumbuh dipinggiran sungai, pinggiran jalan, dan juga tempat-tempat terbuka di persawahan. Memang nyatanya tumbuhan ini pengganggu, berduri dan juga merambat hingga meluas membentuk semak. Sehingga secara tidak langsung bisa menghambat pertumbuhan tanaman pada sawah yang dikelola petani. Putri Malu tergolong klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah Mimosa Pudica L. dan diduga berasal dari Amerika yang kemudian menyebar hingga seluruh daratan Asia khususnya Indonesia.

Jika dilihat dari ciri, daun dari putri malu hampir menyerupai meniran dan juga petai cina. Namun kemampuan mengatup jika disentuh menjadikan tanaman ini disebut dengan putri malu. Batang berwarna merah keunguan dan hijau berduri. Daun warna hijau muda serta berbunga ungu berserabut (berambut). Mungkin gambar diatas bisa menjelaskan sedikit mengenai deskripsi tanaman ini.

Nah beranjak pada pertanyaan selanjutnya, apa saja sih kandungan senyawa pada daun putri malu? Kemampuan farmakologi tanaman ini menjadikan tanda tanya yang sudah kami sebutkan diatas. Dan jika kami rangkum dari berbagai sumber, putri malu mempunyai zat (kandungan) berupa Asam Pipekolinat, Mimosin dan juga tanin. Dari senyawa alami inilah diperoleh khasiat obat yang berguna untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Penasaran apa saja fungsi dari daun putri malu? Yuk simak rangkuman berikut!

Manfaat Dan Khasiat Putri Malu Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat peluruh dahak yang berguna sebagai ekspektoran berkemampuan untuk mengeluarkan dahak pada tenggorokan.
  2. Mengatasi insomnia, sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang mengalami gangguan tidur, khususnya bagi yang susah terlelap.
  3. Bersifat sebagai antitusif yang baik untuk meredakan batuk dan tenggorkan gatal.
  4. Menurunkan demam. Hal ini karena didalam daun putri malu ini juga tersimpan khasiat antipiretik yang berkemampuan untuk menurunkan panas.
  5. Bersifat anti-inflamasi yang baik untuk menyembuhkan peradangan khususnya untuk radang hati.
  6. Meringankan gejala rematik, nyeri sendi dan pegal-pegal pada otot.
  7. Ampuh untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh yang baik untuk anak cacingan.
  8. Peluruh air seni (diuretik), kebaikan ini cocok untuk anda yang sedang mengalami susah kencing. Terkait dengan kesehatan ginjal dan pencegahan kencing batu.
  9. Meringankan penyakit bronkitis yang kronis sekalipun.
  10. Peluruh muntah yang memancing tubuh sedikit merasa mual dan berkeinginan untuk muntah.
  11. Menyembuhkan penyakit hepatitis (penyakit hati) seperti sakit kuning dll.
  12. Mengobati penyakit herpes.
Resep dan cara penggunaan :
  • Rematik : Siapkan daun putri malu secukupnya, tumbuk hingga halus dan gunakan sebagai obat tapal dengan cara membubuhkan pada area kulit yang ingin diobati.
  • Batuk Berdahak : Sediakan sekitar 20gr akar dan daun putri malu. Rebus dengan 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum selagi hangat.
  • Insomnia : Rebus sekitar 30gr atau setara dengan 2 genggam daun putri malu dengan 2 gelas air. Didihkan dan saring. Ramuan ini bisa diminum 2x sehari dengan menambah sedikit garam dapur selagi hangat.
  • Universal (penggunaan umum) : Rebus daun beserta akar secukupnya (porsi bisa dikira-kira/secukupnya). Minum 2x sehari pagi dan sore.
HImbauan !!! Ibu Hamil dilarang mengkonsumsi herbal ini karena dipercaya bisa mengganggu kandungan.

Demikianlah artikel singkat tentang Manfaat Dan Khasiat Putri Malu Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter