18 Manfaat Dan Khasiat Bunga Kaca Piring Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Kaca Piring memang sudah umum digunakan. Beberapa khasiat kembang kaca piring tersebut diantaranya dipercaya cukup ampuh untuk diabetes, sariawan, mimisan, hepatitis dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika dilihat dari bentuk, mungkin tidak banyak orang yang mengira bahwa bunga cantik ini memiliki fungsi dan kegunaan yang cukup melimpah. Jadi untuk itu, pada postingan kali ini kami akan memberikan referensi yang mencakup bunga kaca piring sehingga bisa menambah wawasan seputar tanaman obat yang bisa kita peroleh dari lingkungan sekitar.

18 Manfaat Dan Khasiat Bunga Kaca Piring Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali jenis bunga yang bisa kita gunakan sebagai obat, seperti sidaguri, bunga kenanga, dan tumbuhan sambang darah. Kesemuanya memang memberi efek baik dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tidak kalah dari itu, bunga kaca piring atau yang juga dikenal dengan ceplok piring ini mempunyai jutaan manfaat yang bisa kita dapat bagi kesehatan tubuh kita. Nah untuk menyingkat waktu, yuk langsung saja kita pada topik bahasan.

Kaca Piring tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae, nama latinnya dikenal dengan Gardenia augusta L., berbentuk perdu tahunan dan termasuk dalam suku kopi-kopian (Rubiaceae). Di Bali tanaman ini dikenal dengan nama Jempiring yang menjadi maskot pada kota Denpasar. Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenal dengan tinggi batang yang mencapai hingga 2m perdu. Batang berkayu dengan banyak cabang, daun hijau lebar namun agak rapuh. Sedangkan bunga putih beraroma sangat harum hampir menyerupai bunga melati, namun perawakan lebih besar.

Bagian yang sering digunakan sebagai obat ialah pada akar, bunga, daun dan buahnya. Dari bagian inilah diperoleh kandungan yang memang sangat terkait dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit.

Apa saja kandungan senyawa pada bunga kaca piring?
Dirangkum dari beberapa sumber, ditemukan beberapa zat yang terdapat pada bagian buah, daun dll. Senyawa tersebut berupa Minyak atsiri, gardenin, genipin, gardenosid, geniposid, scandoside menthyl ester, gentiobioside, mannitol, tanin, klorogenin, krosin, krosetin, saponin, flavonoid, polifenol, dan sitosterol.

18 Manfaat Dan Khasiat Bunga Kaca Piring Untuk Kesehatan :
  1. Obat herbal untuk diabetes mellitus (kencing manis).
  2. Menyembuhkan gejala hepatitis (penyakit kuning) atau gangguan pada hati.
  3. Menghentikan pendarahan seperti mimisan, dll.
  4. Bersifat antipiretik yang bisa menurunkan demam (panas).
  5. Meningkatkan kinerja organ hati yang membantu dalam menetralisir dan mengeluarkan racun.
  6. Bersifat anti-biotik yang baik untuk mengatasi kuman dan bakteri.
  7. Bersifat diuretik yang bisa meluruhkan saluran kemih.
  8. Bermanfaat sebagai peluruh dahak pada batuk.
  9. Mencegah terjadinya pembekuan darah yang terkait dengan penggumpalan.
  10. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan.
  11. Obat alami untuk yang susah tidur (insomnia).
  12. Meringankan gejala sakit tenggorokan dan sariawan.
  13. Mengurangi nyeri pada saat sakit gigi.
  14. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah yang terkait dengan pencegahan hipertensi.
  15. Melancarkan haid atau menstruasi yang tidak teratur.
  16. Bersifat sedatif yang berguna sebagai obat penenang alami.
  17. Mempercepat penyembuhan luka seperti borok, dll.
  18. Melancarkan sistem pencernaan seperti susah BAB atau sembelit.
Bagaimana Resep dan Cara membuat ramuan dari bunga kacapiring?
  • Diabetes : Siapkan sekitar 12 lembar daun kacapiring yang masih segar. Cuci kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum secara rutin setiap hari selagi hangat.
  • Demam : Sediakan 7 lembar daun kacapiring dan 1sdt gula batu. Remas daun dengan 1 gelas air kemudian disaring. Campurkan gula batu dan aduk hingga larut. Selanjutnya bisa diminum.
  • Sariawan : Siapkan 7 lembar daun kacapiring, 2sdm madu dan 15gr gula aren (gula merah). Remas daun dengan 1 cangkir air, saring dan kemudian masukkan madu dan gula, aduk hingga larut kemudian diminum 2x sehari.
  • Susah BAB (Sembelit) : Rebus 3 buah bunga kacapiring dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring kemudian minum.
  • Sakit Gigi : Siapkan akar kacapiring secukupnya, kemudian diseduh dengan air. Gunakan sebagai obat kumur atau juga bisa diminum.
Selain digunakan sebagai obat, ternyata buah kacapiring yang sudah kering juga bisa digunakan sebagai bahan pewarna tekstil dan pewarna makanan alami.

Demikianlah ulasan mengenai 18 Manfaat Dan Khasiat Bunga Kaca Piring Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *