-->

15 Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cacing Tanah Mungkin sudah umum bagi sebagian kalangan masyarakat di Pedesaan. Sebab sudah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan herbal yang dipercaya sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Khasiat Cacing tanah berkemampuan untuk mengobati tipes, demam, Hipertensi, TBC dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk bahasan lebih lengkap, berikut ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit keterangan yang membahas seputar Manfaat Dan Khasiat Cacing Tanah Bagi Kesehatan.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

Cacing Tanah adalah sejenis hewan kecil memanjang yang terdapat lendir dan licin pada permukaan kulitnya. Memang sangat geli dan jijik jika kita melihatnya, namun jika dipelajari lebih lanjut, ada beberapa kegunaan dan kebaikan yang semestinya kita tahu. Cacing tanah sendiri terbagi dalam beberapa jenis dan merupakan salah satu hewan yang mempunyai kelamin ganda. Jadi untuk berkembang biak, cacing tidak butuh pasangan karena jenis kelaminnya sudah lengkap antara jantan dan betina. Perkembangbiakan cacing dengan cara bertelur atau juga dengan membelah diri.

Ada rasa percaya dan tidak percaya akan kegunaan cacing tanah ini sebagai jamu. Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak dari para peneliti yang melakukan uji lab dan memang benar menemukan bahwa cacing tanah mempunyai kandungan protein lebih tinggi dari pada ikan. Selain itu, cacing tanah jika dikonsumsi mempunyai sifat anti-mikroba yang membantu dalam menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh. Penasaran? Berikut rincian yang terkait dengan kebaikan cacing tanah untuk kesehatan.

15 Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan Tubuh :
  1. Melancarkan sistem peredaran darah yang sangat baik untuk mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).
  2. Bersifat anti-piretik yang berkemampuan untuk meredakan demam atau panas tubuh.
  3. Menghentikan diare, sangat cocok untuk anak-anak yang sedangkan murus.
  4. Melancarkan sistem pencernaan terkait dengan pencegahan sembelit atau susah BAB, dan lain-lainnya.
  5. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  6. Menurunkan kadar gula darah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus.
  7. Menambah selera makan khususnya bagi orang yang masih dalam penyembuhan (habis sakit).
  8. Mengobati infeksi pada saluran pencernaan seperti usus, dll.
  9. Ampuh untuk mengurangi pegal linu atau capek sehabis kerja.
  10. Meningkatkan stamina tubuh dan juga kejantanan.
  11. Mengurangi gejala sakit maag dan gangguan lambung.
  12. Menenangkan sistem syaraf yang terkait dengan stres, depresi dan pusing.
  13. Mempercepat penyembuhan luka dan gatal-gatal pada kulit.
  14. Obat herbal untuk gejala tyfus.
  15. Mengobati eksim.
Resep penggunaan :
Siapkan cacing tanah secukupnya kemudian dicuci dan dibuang bagian isinya. Keringkan atau bisa juga dengan disangrai. Campur dan seduh dengan kopi kemudian minum. Atau bisa juga dikonsumsi langsung dengan cara dipadukan dengan makanan lainnya untuk mengurangi rasa eneg.

Demikianlah artikel singkat seputar 15 Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan Lupa dishare ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter