Tumbuhan Sambang Darah Penghasil Biji Fibre Primvital Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Sambang Darah selaku tanaman penghasil biji fibre primvital ini memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa khasiat dari fibre primvital ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang salah satunya ialah mempercepat penyembuhan luka, membersihkan tubuh dari racun, menghentikan pendarahan, disentri dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan seputar tanaman obat. Untuk bahasan kali ini kami akan mengupas habis dan menerangkan apa itu tumbuhan sambang darah atau fibre primvital.

Sambang Darah Penghasil Biji Fibre Primvital

Sambang darah mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Excoecaria cochinchinensis. Tanaman ini memang berkhasiat obat namun juga mengandung racun cukup tinggi pada getahnya. Diduga berasal dari daratan Asia Tenggara dan Juga Cina. Di negara Indonesia herba ini dikenal dengan berbagai nama panggilan lokal seperti Ki sambang, daun sambang darah, daun remek daging, dan mungkin berbeda pada wilayah anda. Dipanggil dengan daun sambang darah karena bentuk dan warna daun serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita yang mencakup dan terkait dengan pendarahan dll. (Terkait : 7 Tanaman Obat Untuk Mimisan)

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk batang kecil yang perdu dengan tinggi berkisar antara setengah hingga 3m. Kayu mempunyai percabangan yang lumayan banyak dan akan mengeluarkan getah jika digores. Warna getah dan beracun. Umumnya batang dan ranting mempunyai pepagan berwarna hijau keunguan dan memilii ruas. Berdaun tunggal memanjang saling berhadapan selang-seling berwarna hijua tua dan merah. Tepi daun bergerigi dengan ujung dan pangkalnya meruncing serta pertulangan menyirip. Bunga mejemuk keluar dari ujung batang atau cabang berukuran kecil berwarna kuning yang berbentuk tandan. Bunga berkelamin ganda dengan bunga jantan lebih banyak daripada bunga betina. Sedangkan buahnya berbentuk kotak, bundar dan berukuran kecil. Biji kecil buni dengan warna cokelat muda. Tumbuhan ini berakar tunggang dan sering dibudidayakan dengan sistem cangkok, stek dan penanaman kembali biji yang sudah kering. Karena keunikannya, sangat tidak heran jika sering dijadikan tanaman hias.

Apa saja kandungan senyawa pada tanaman sambang darah?
Jika dirangkum dari wikipedia, sambang darah memiliki senyawa berupa asam sikamat, asam behenat, asam palmat, asam sterat, tanin, excolabdone A, B, dan C, serta terdapat juga zat triterpenoid eksokarol, excoecariodes A dan B. Dari berbagai kandungan inilah diperoleh khasiat yang cukup bagus untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sedangkan bagian tanaman yang banyak digunakan sebagai obat ialah daun, ranting dan juga akar. Sifat herba terdapat rasa pedas, hangat dan beracun.

Manfaat Dan Khasiat Sambang Darah Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat parasitisid yang mampu membunuh parasit pada tubuh.
  2. Bersifat antipruritik yang berguna untuk menghilangkan gatal.
  3. Menghentikan pendarahan yang sering juga dikenal dengan hemostatis.
  4. Menyembuhkan disentri yaitu berak yang disertai dengan nanah atau darah.
  5. Mengobati psiaris atau penyakit sisik yang sering terjadi pada kulit.
  6. Obat herbal dermatitis atau yang juga dikenal dengan eksim (luka lepuh dan gelembung pada kulit).
  7. Ampuh untuk mengatasi penyakit neurodermatitis.
  8. Menghentikan menstruasi berlebih dan berkepanjangan bagi kalangan ladies.
  9. Menyembuhkan gondongan (gondok) atau gondok kelenjar ludah.
  10. Menjaga metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
  11. Penambah tenaga atau stamina yang menurun.
  12. Meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.
  13. Menunda penuaan dini yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  14. Mengobati muntah yang disertai darah.
  15. Menghentikan pendarahan setelah bersalin atau melahirkan.
  16. Bersifat anti-mikroba.
Bagaimana resep dan cara menggunakan sambang darah untuk obat?
Banyak kalangan yang menggunakan bagian tanaman seperti daun, akar dan ranting sebagai obat. Tidak hanya itu saja, namun bijinya yang dikenal dengan Fibre Primvital juga berpengaruh baik dan umum dikonsumsi layaknya biji selasih (Lihat Juga : 16 Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan). Untuk mengolah atau membuat jamu dari sambang darah cukup dengan merebus 15 lembar daun kemudian disaring dan diminum 2x sehari tiap pagi dan sore.

Demikianlah artikel mengenai Tumbuhan Sambang Darah Penghasil Biji Fibre Primvital Yang Baik Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa dibagikan dengan teman yang lain ya..! Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *