Penyebab Dan Gejala Anemia Megaloblastik

Anemia Megaloblastik adalah sejenis anemia (kekurangan sel darah merah) yang terjadi dikarenakan adanya kelainan pada proses pembentukan DNA sel darah merah. Hal ini umumnya disebabkan oleh kekurangan Vitamin B12 dan asam folat. Bagi penderita megaloblastik akan mengalami ketidakseimbangan proses khususnya pematangan nukleus dan sitoplasma pada sel darah merah. Defisiensi asam folat ataupun vitamin B12 akan memperlambat replikasi nukleus dan juga pematangan sel darah merah. Hal ini yang berdampak pada produksi sel darah merah oleh tubuh mempunyai ukuran besar dan pecah ketika berada pada sumsum tulang. Efek lain kekurangan Asam folat dan Vitamin B12 akan berpengaruh pada proses pembentukan neutrofil dan trombosit.

Penyebab Dan Gejala Anemia Megaloblastik

Apa penyebab dari Anemia Megaloblastik?
Pada umumnya anemia ini disebabkan oleh kekurangan asupan Asam folat dan vitamin B12. Hal ini bisa saja disebabkan oleh gaya hidu kita yang kurang sehat. Seperti penyalahgunaan minuman beralk*hol, Penggunaan obat-obatan yang berpengaruh pada DNA, serta ada beberapa juga dikarenakan kelainan tertentu. Dampaknya sangat fatal yang berakibat proses pencernaan kurang optimal dan mampu mengurangi penyerapan nutrisi yang sudah kami sebut diatas.

Apa saja gejala yang disebabkan oleh anemia megaloblastik?
Pada gejala umum, anemia biasanya akan menyebabkan si penderita akan merasa lemas, mudah pusing, terganggunya sistem pencernaan, sering kesemutan, berkurangnya selera makan, dan mata seikit berubah kuning. Dan mungkin masih banyak lagi gejala lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Terkait dengan penyebab anemia megaloblastik, berhubungan juga dengan kondisi dimana kita harus paham dan mengerti dengan situasi tersebut. Karena hal ini juga bisa sebagai antisipasi atau sekedar wejangan bagi kita. Jadi kita bisa lebih paham mengenai penyakit yang tidak bisa kita anggap remeh ini. Dirangkum dari wikipedia, kami mencatat ada beberapa kondisi yang patut kita pelajari.

# Penyebab Kondisi Anemia Megaloblastik yang disebabkan defisiensi Asam Folat :
  • Terjadinya peningkatan kebutuhan asam folat khusus bagi kalangan ibu yang sedang hamil dan juga bagi penderita leukimia (kanker darah) akut.
  • Penyerapan asam folat yang abnormal (berlebihan) seperti pada penderita seliaka.
  • Obat-obatan yang bekerja sebagai penghambat (antagonis) asam folat seperti pada perawatan penderita kanker dan kontrasepsi.
# Penyebab Kondisi Anemia Megaloblastik yang diakibatkan kekurangan Vitamin B12 :
  • Terjadi peningkatan penggunaan Vitamin B12 dikarenakan infeksi parasit dan juga bakteri patogen.
  • Anemia pernisiosa yang merupakan salah satu penyakit yang mempengaruhi perut. Sel imun (kekebalan tubuh) menyerang sel parietal pada lambung yang bertugas untuk memproduksi faktor intrinsik. Nah karena kekurangan faktor intrinsik inilah yang berpengaruh pada tubuh sehingga tidak dapat menyerap vitamin B12.
  • Kekurangan konsumsi vitamin B12 khususnya bagi orang yang hanya mengkonsumsi sayuran (vegetarian). Sebab beberapa sumber dari vitamin B12 adalah makanan yang berasal dari hewan seperti susu, telur dan daging.
  • Sindrom malabsorpsi seperti penyakit kanker lambung dan seliaka.
Pengobatan Anemia Megaloblastik menurut defisiensi :
  • Vitamin B12 : Pemberian vitamin B12 berupa suplemen khususnya bagi vegetarian, Suntikan Vitamin B12 jika tidak terdapat faktor intrinsik.
  • Asam Folat : Asam folat oral (berupa tablet), Asam folat IM untuk sindrom malabsorpsi dan pemberian asam folat 1mg setiap hari.
Demikianlah artikel singkat mengenai Penyebab Dan Gejala Anemia Megaloblastik. Semoga bisa menambah wawasan serta pengetahuan mengenai apa yang dimaksud. Jangan lupa di share ya jika artikel ini membantu! Atau baca juga 10 Tanaman Obat Herbal Untuk Anemia.Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *