-->

18 Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Dan Khasiat Bunga Kenanga memang sudah umum digunakan sebagai salah satu bahan atau ramuan herbal yang dipercaya mempunyai kemampuan cukup ampuh untuk mengetasi berbagai jenis penyakit. Beberapa fungsi tersebut bisa digunakan sebagai obat tradisional sesak nafas, bronkitis, malaria, nifas, kudis serta masih banyak lagi kegunaan lain yang tentunya aka kami kupas habis dalam artikel kali ini. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan mengenai tanaman obat, mungkin bahasan tentang kembang kenanga ini menjadi salah satu referensi untuk lebih memaksimalkan apotik hidup yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.

18 Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kenanga dengan nama latin Cananga odorata adalah sejenis tanaman penghasil bunga yang mempunyai batang dengan ketinggian mencapai hingga 5m. Berbeda dengan jenis bunga lain seperti melati atau mawar yang hanya berperawakan kecil. Bunga kenang mengeluarkan aroma khas yang sering dipakai untuk pelengkap dalam menyekar kuburan atau juga sebagai campuran minuman yang dipercaya oleh orang jawa bisa menangkal ilmu hitam dan menyembuhkan penyakit dalam sehingga tubuh lebih sehat dan penyakit bisa cepat diobati. Umumnya pohon bunga kenanga ditanam untuk peneduh dikarena mempunyai bentuk daun yang lumayan lebar namun seiring dengan berkembangnya zaman, ada juga yang kreatif dan menjadikan tanaman ini tanaman hias yang dibonsai sehingga bisa ditanam pada media pot di halaman rumah. Untuk info lebih lengkap, bisa baca juga : 15 Jenis Bunga Yang Mempunyai Khasiat Obat

Ciri-ciri dan deskripsi bunga kenanga bisa dikenali dengan bentuk batang yang besar berdiameter rata-rata berdiameter 30cm dengan ketinggian 5 hingga 7m. Atau jika dialam liar bisa juga mencapai 20m. Daun bulat memanjang warna hijau dengan permukaan halus mengkilap dan terlihat licin. Sedangkan perbungaan berwarna hijua kekuningan dengan 5 kuntum berbentuk bintang menggulung. Aroma bunga sangatlah khas dan bisa dijadikan pengharum alami dengan hanya menyimpannya didalam ruangan. Untuk ciri sepintas bisa juga cek lampiran gambar diatas.

Apa saja sih kandungan senyawa pada bunga atau kembang kenanga?
Jika dikutip dan dirangkum dari berbagai sumber, bunga ini mempunyai senyawa berupa minyak atsiri yang terdiri dari eugenol, farnesol, safrol, geraneol, asam benzoat, bensin asetat, linalool, pinen, dan kadinen serta senyawa lain seperti flavonoid, saponin, dan polifenol. Dari kandungan inilah diperoleh khasiat yang cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

18 Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mengatasi kulit kering yang penggunaannya bisa diterapkan pada bahan pembuatan sabun.
  2. Sebagai parfum alami yang juga berfungsi sebagai aroma terapi.
  3. Mencegah dan mengurangi bakteri penyebab bau badan sehingga tubuh lebih harum secara alami.
  4. Sebagai obat herbal yang bisa mencegah gejala penyakit hepatitis B atau penyakit kuning.
  5. Meringankan gejala encok, linu, dan gejala lain yang juga terkait dengan rematik.
  6. Mengobati penyakit kulit seperti scabies yang juga dikenal dengan kudis.
  7. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk mengatasi gejala dan gangguan pada saluran kemih.
  8. Obat herbal untuk meringankan batuk dan membantu mengeluarkan dahak.
  9. Bersifat anti-inflamasi yang ampuh untuk menyembuhkan sakit dan radang tenggorokan.
  10. Mengatasi gejala keputihan pada kalangan ladies serta efek lain yang terkait.
  11. Obat tradisional yang bisa menyembuhkan malaria.
  12. Terapi alami untuk mengobati penyakit asma atau sesak nafas.
  13. Menyembuhkan sakit kepala seperti pusing, migran dan sakit kepala sebelah.
  14. Ramuan herbal sebagai terapi penyembuhkan bronkitis.
  15. Mengurangi dan menurunkan demam pada saat nifas.
  16. Lulur alami yang bisa menjaga kelembapan dan kulit tetap halus.
  17. Obat alami untuk mengatasi bengkak akibat gigitan serangga.
  18. Mengurangi nyeri saat haid atau datang bulan.
Bagaimana resep dan cara menggunakan bunga kenanga sebagai obat?
Ramuan dari bunga kenanga bisa digunakan dengan 2 metode yaitu dengan cara dikonsumsi atau juga sebagai obat luar (tapal). Dan langkah-langkah pembuatannya sangatlah tidak sulit. Untuk lebih singkatnya, berikut racikan yang bisa anda ikuti.
  • Konsumsi : Siapkan sekitar 3 kuntum bunga kemudian diseduh dengan 1 gelas air hangat. Diamkan sekitar 15 menit kemudian saring dan minum. Atau juga bisa dengan menyeduh bubuk dari bunga kenanga kering.
  • Obat Luar : Sediakan bunga kenanga secukupnya, haluskan dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan sidikit minyak kelapa atau minyak telon dan kayu putih. Selanjutnya bubuhkan pada area kulit yang ingin diobati. Alternatif lain jika ingin digunakan sebagai masker, haluskan bunga kenanga dan padukan dengan sedikit susu dan madu. Aduk hingga mengental dan terapkan pada kulit atau wajah yang didiamkan sekitar 30 menit untuk memperoleh hasil maksimal.
Sangat tidak terpikir betapa banyaknya khasiat bunga kenanga ini untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk memperoleh informasi lanjutan, tidak ada salahnya jika anda baca juga : Manfaat Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan agar pengetahuan lebih luas dan lebih banyak referensi yang bisa diambil hikmahnya.

Cukup sekian dulu mengenai 18 Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa di share ya..! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter