-->

15 Manfaat Dan Khasiat Daun Ketela Pohon Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Ketela Pohon memang sudah umum dan banyak digunakan dalam beberapa jenis masakan. Salah satunya ialah urap-urap, masakan padang, dan juga sebagai lalapan. Beberapa kandungan gizi didalamnya mampu menjadikan tubuh lebih sehat secara maksimal. Salah satu khasuat daun singkong diantaranya ialah sumebr energi, antioksidan, menghentikan diare dan juga untuk memperlencar sistem pencernaan. Nah dikarenakan banyaknya manfaat tersebut, pada postingan kali ini kami akan merangkum beberapa rincian yang membahas apa itu daun ketela pohon serta kandungan nutrisi didalamnya.

15 Manfaat Dan Khasiat Daun Ketela Pohon Bagi Kesehatan

Singkong atau ketela pohon mempunyai nama latin Manihot esculenta, seperti pada potingan kami sebelumnya (Baca : Manfaat Ketela Pohon Untuk Kesehatan) sudah kami jelaskan bahwa tanaman penghasil umbi ini mempunyai multi guna yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makakan. Yang paling umum ialah tape, jringkeng, getuk, dan juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi karena kandungan karbohidrat didalamnya sangatlah tinggi. Namun yang kami bahas disini bukanlah mengenai umbinya, melainkan daun dari singkong yang juga tidak kalah jika dimanfaatkan. Memang daun singkong mempunyai rasa pahit (jika tidak diolah dengan tepat) dan agak sedikit sedap serta renyah. Menjadikan sayur yang satu ini familiar dan benyak penggemarnya. Untuk menyingkat waktu, yuk langsung saja pda topik.

Daun ketela (singkong) kaya akan nutrisi yang baik didalamnya. Beberapa kandungan tersebut berupa Protein, fosfor, Vitamin C, Kalsium, Vitamin A, Serat, Asam amino esensial, dan Vitamin B1. Dari nutrisi inilah diperoleh fungsi yang sangat berguna bagi beberapa kinerja organ tubuh. Penasaran? Berikut rinciannya!

Manfaat Dan Khasiat Daun Ketela Pohon Bagi Kesehatan :
  1. Sebagai sumber energi karena didalamnya juga terdapat karbohidrat yang bisa menunjang tenaga dan memnuhi kebutuhan energi harian tubuh.
  2. Menyehatkan sistem pencernaan yang salah satunya berguna untuk melancarkan BAB, dan mencegah terjadinya gangguan pada usus.
  3. Kaya akan antioksidan alami yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  4. Menjaga kepadatan tulang serta gigi sehingga bisa meminimalisir terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang).
  5. Meringankan gejala rematik yang salah satunya ialah nyeri pada persendian.
  6. Menghilangkan pegal serta rasa capek akibat kerja keseharian.
  7. Menunda penuaan dini dikarenakan mampu meregenerasi sel tubuh yang rusak.
  8. Mempercepat penyembuhan luka serta menghentikan pendarahan berlebih.
  9. Menjaga kesehatan mata serta mengembalikan kejernihan pandangan. Sangat baik untuk mencegah rabun atau penyakit lain yang terkait.
  10. Menormalkan kinerja jantung yang terkait sebagai pencegah stroke dan serangan jantung.
  11. Meringankan gejala pusing atau sakit kepala akibat pikiran berat.
  12. Menghentikan diare (terkait : Cara Mengobati Diare Dengan Penanganan Sendiri Dirumah)
  13. Baik digunakan sebagai menu diet karena mampu menunda lapar lebih lama.
  14. Mengobati anemia atau kekurangan sel darah merah yang juga terhubung dengan gejalanya seperti lemah, letih, lesu dan pusing. (Baca Juga : 10 Tanaman Obat Herbal Untuk Anemia)
  15. Meningkatkan daya dan kecerdasan khususnya bagi anak dalam masa pertumbuhan.
Dikalangan pedesaan, singkong sangat mudah ditanam karena hanya menggunakan stek batang dalam pembudidayaannya. Sedangkan umbinya sebagai sumber karbohidrat dan daunnya sebagai sayur. Boleh dibilang tanaman ini mempunyai multi guna atau seribu manfaat.

Demikianlah artikel singkat mengenai 15 Manfaat Dan Khasiat Daun Ketela Pohon Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa sharingnya ya..! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter