-->

11 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Sidaguri Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Sidaguri memang sudah umum digunakan sebagai obat herbal meski tidak semua kalangan mengetahuinya. Sebab di lingkungan pedesaan khususnya petani, tanaman ini sering dianggap gulma yang mengganggu padahal kegunaannya cukup baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Beberapa manfaat tersebut biasanya dijadikan obat asam urat, rematik, asma, sakit gigi dan masih banyak lagi khasiat lain yang tentunya akan kami kupas pada artikel kali ini. Jadi untuk menambah wawasan mengenai apotik hidup, mungkin potingan kali ini juga termasuk jenis tumbuhan yang perlu anda ketahui.

21 Manfaat Dan Khasiat Daun Kembang Sepatu Untuk Kesehatan

Sidaguri yang mempunyai nama lati atau ilmiah Sida rhombifolia L. ini merupakan herba liar yang bisa ditemukan disemua wilayah. Entah itu pedesaan ataupun perkotaan. Penyebarannya boleh dibilang sangat luas khususnya bagi Negara yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia. Beberapa nama lokal dari tanaman sidaguri dikenal juga dengan taghuri, saliguri, otok-otok, sidagori, sosapu, bitumu, hutu gamo, dikira, selegui, kahindu dan masih banyak lagi tergantung dengan wilayah masing-masing. Baca Juga : Manfaat Dan Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan ketinggian batang yang mencapai 2m, berbulu dan mempunyai banyak cabang. Meskipun terbilang kecil, batang dari sidaguri sangat kaku dengan berwarna putih kehijauan. Daun tunggal berseling dengan perawakan bulat telur atau oval namun juga hampir menyerupai jantung. Tepi daun bergerigi ujung meruncing warna hijau dan pertulangan menyirip. Bunga tunggal dengan warna kuning yang cerah, mahkota berwarna hijau melengkung, benang sari berbentuk tabung, dan bunga ini sering muncul diketiak daun yang bisa mekar disiang hari sekitar jam 12 siang dan layu ketikan sore hari atau 3 jam setelahnya. Akar tanaman putih kecokelatan dan buahnya terdapat ruang dengan diamater 6-7mm.

Apa saja sih kandungan senyawa pada tanaman bunga sidaguri?
Jika kami rangkum dari berbagai sumber, tanaman ini mempunyai kandungan berbeda pada setiap bagiannya. Seperti pada daun terdapat senyawa minyak atsiri, alakoid, tanin, fenol, saponin, kalsium oksalat, dan asam amino. Sedangkan pada batang terdapat kalsium oksalat dan tanin, serta pada akar terdapat alkaloid, steroid, dan ephedrine.

11 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Sidaguri Untuk Kesehatan :
  1. Menyembuhkan kudis atau yang lebih dikenal dengan sebutan scabies.
  2. Mempercepat penuaan atau pematangan bisul.
  3. Obat tapal untuk patah tulang.
  4. Mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan.
  5. Obat herbal untuk gatal-gatal pada kulit.
  6. Meringankan nyeri pada saat sakit gigi.
  7. Mengatasi bengkak akibat gigitan serangga seperti nyamuk, dll.
  8. Meringankan gejala rematik dan nyeri pada persendian.
  9. Obat anti-cacing khususnya cacing kremi.
  10. Melancarkan sistem pernafasan yang baik untuk mengobati asma.
  11. Menyembuhkan asam urat dan gejala yang disebabkan.
Bagaimana resep dan cara menggunakan sidaguri sebagai obat?
  • Asam Urat : Siapkan akar dari 5 batang sidaguri yang direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Diamkan semalaman dan bisa diminum keesokan harinya.
  • Rematik : Rebus keseluruhan bagian tanaman yang sudah kering dengan air secukupnya, saring dan diminum airnya.
  • Sakit gigi : Cuci bersih akar kemudian dikunyah menggunakan gigi yang sakit.
  • Asma (sesak Nafas ) : Sediakan 60gr akar sidaguri yang direbus dengan 2 sdm gula pasir dan 250cc air hingga tersisa 200cc. Saring dan minum.
  • Cacing Kremi : Siapkan 14 lembar daun sidaguri segar, tumbuk dan ditambah setengah gelas air hangat. Selanjutnya saring dan minum 2x sehari.
  • Bengkak akibat gigitan serangga : Remas daun segar dan oleskan pada area yang meradang. Sangat cocok untuk menyembuhkan sengatan lebah.
Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Sidaguri Untuk Kesehatan. Untuk pengetahuan lanjutan tidak ada salahnya jika baca juga : 21 Manfaat Dan Khasiat Daun Kembang Sepatu Untuk Kesehatan Sekian dari kami dan semoga bisa membantu. Jangan Lupa Di Share ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter