-->

10 Manfaat Dan Khasiat Daun Pacar Kuku Untuk Dunia Pengobatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Pacar Kuku umum digunakan sebagai pewarna kuku secara alami. Selain itu juga bisa membunuh jamur yang terdapat pada kuku kaki maupun tangan. Karena sifat antibakteri tersebut, sangat tidak heran jika tanaman ini juga dijadikan salah satu bahan pengobatan tradisional sebagai alternatif untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan ataupun berat. Nah untuk sekedar menambah wawasan serta pengetahuan seputar tumbuhan obat herbal, pada postingan kali ini kami akan mencoba merangkum sedikit keterangan yang tentunya terkait dengan fungsi dan kegunaan daun pacar kuku dalam kehidupan sehari-hari.

10 Manfaat Dan Khasiat Daun Pacar Kuku Untuk Dunia Pengobatan

Daun Pacar Kuku tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan latin atau ilmiah Lawsonia inermis L. Beberapa nama lokal dari pacar kuku dikenal juga dengan sebutan Inai, Ine, Parasi, gaca, ineng, pacar petok, inae batang, karuntigi, pacel, bunga jari, laka kahoir, kolondogi, dan masih banyak lagi nama daerah yang mungkin berbeda pada setiap wilayahnya. Daun pacar kuku ini banyak digunakan dalam mewarnai kuku bagi para calon pengantin khususnya mempelai wanita. Jika di India istilah ini dikenal dengan Mehendi atau hienna, Karena warna yang didapat sangat unik dan tentunya juga tidak berbahaya sebab tidak menggunakan bahan kimia.

Ciri dari tanaman bisa diketahui dengan melihat batangnya yang perdu tegak dengan ketinggian rata-rata hingga 3m. Percabangan berujung runcing, sedangkan daun berhadapan berbentuk jorong lanset meruncing ada bagian ujung dengan warna hijau. Bunga terkumpul malai terdapat pada ujung cabang dan ketiak daun, panjang bunga berkisar antara 4 hingga 20cm dengan variasi warna antara kuning muda, merah jambu, dan merah menyala. Aroma yang ditimbulkan dari bunga sangat khas dan harum. Sedangkan buah berbentuk kotak sedikit bulat namun pipih.

Apa saja kandungan pada daun pacar kuku?
Jika dilansir dari beberapa sumber, tanaman ini mempunyai senyawa berupa minyak atsiri, tanin, dan juga munyak. Dari kandungan inilah diperoleh khasiat cukup baik bagi dunia kesehatan maupun kecantikan. Penasaran? Berikut rincian singkatnya!

10 Manfaat Dan Khasiat Daun Pacar Kuku Untuk Dunia Pengobatan :
  1. Umum digunakan sebagai wangi-wangian dan tanaman hias.
  2. Pewarna merah kuku dan rambut alami yang tidak kenal efek samping.
  3. Menghentikan diare atau sistem pencernaan yang terganggu.
  4. Mempercepat penyembuhan luka akibat terjatuh ataupun terkena benda tajam.
  5. Obat herbal untuk mengobati penyakit herpes.
  6. Menjadikan tubuh lebih langsing sangat cocok untuk yang lagi diet.
  7. Bersifat anti-rematik yang berkemampuan untuk meringankan nyeri pada persendian.
  8. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi bengkak pada kuku.
  9. Menyembuhkan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur seperti kudis dan kurap.
  10. Mempercepat proses penuaan bisul.
Bagaimana resep dan cara menggunakan daun pacar kuku sebagai obat?
  • Konsumsi : Siapkan beberapa lembar daun pacar kuku yang masih segar. Tumbuk kasar kemudian diseduh dengan air mendidih secukupnya. Diamkan sejenak kemudian saring dan air tersebut bisa diminum dengan menambah sedikit garam dapur. Atau bisa juga dengan menyeduh daun pacar kuku yang sudah kering untuk dijadikan teh.
  • Obat Luar : Sediakan daun pacar kuku, haluskan kemudian ditapalkan pada area kulit yang ingin diobati. Biasanya dipadukan dengan tawas atau kapur sirih.
Demikianlah artikel singkat seputar 10 Manfaat Dan Khasiat Daun Pacar Kuku Untuk Dunia Pengobatan. Semoga bisa membantu!

Baca Juga :
* Ramuan Penambah Stamina Tubuh Yang Bisa Dibuat Sendiri
* Cara Mengobati Diare Dengan Penanganan Sendiri Dirumah

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter