-->

Kandungan Manfaat Dan Khasiat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan

Manfaat Kolang-kaling memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Terutama pada sistem pencernaan yang lebih lancar karena sebagian besar dari buah ini mengandung air yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi sehingga tubuh tidak kekurangan cairan. Selain hal tersebut, masih banyak khasiat lain yang tentunya didukung dengan gizi yang terdapat didalamnya. Maka dari itu, untuk mengetahui secara detail mengenai tumbuhan buah ini, kami akan mencoba menulis sedikit ringkasan dan bahkan memberikan informasi yang sekiranya mudah dimengerti serta dipahami karena rangkuman kami sangatlah singkat namun padat.

Manfaat Dan Khasiat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan

Kolang-kaling atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah atap merupakan salah satu nama cemilan berbentuk lonjong berwarna putih, transparan dan mempunyai rasa lumayan melegakan tenggorokan. Umumnya buah ini mudah ditemui di pasaran dan banyak digunakan sebagai campuran es. Bahan pangan ini berasal dari biji buah aren (Arenga Pinata) yang bentuknya pipih serta mempunyai getah. Sedangkan untuk mengolah, para pengusaha kolang-kaling biasanya membakar buah area hingga hangus yang kemudian diambil bijinya untuk direbus dalam kurun waktu beberapa jam. Nah biji yang sudah direbus inilah yang kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari supaya terfermentasi.

Apa saja kandungan gizi pada kolang-kaling?
Biji kolang-kaling mengandung kadar air yang sangat tinggi kira-kira mencapai 93,8% dalam setiap 100gr nya. Selain itu terdapat juga nutrisi berupa karbohidrat, protein, pati, serat, kalsium, Vitamin B, potassium, zat besi, lemak, Vitamin A, fosfor, Vitamin C, dan energi.

Kita mungkin sudah sangat mengenal olahan pangan kolang-kaling. Khususnya pada bulan puasa Ramadhan yang mayoritas umat muslim mengkonsumsi es yang salah satu bahannya ialah kolang-kaling. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat dan khasiat kolang-kaling bagi kesehatan? Yuk simak ringkasan dibawah ini, siapa tahu bisa memberi sedikit pencerahan dan menambah wawasan mengenai pangan yang berkhasiat obat.

11 Kandungan Manfaat Dan Khasiat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan :
  1. Menyehatkan Tulang dan Gigi. Karena pda kolang-kaling terdapat kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga bisa dibandingkan dengan tulang sapi dan susu. Jadi sebagai alternatif, mungkin buah ini bisa berguna sangat baik untuk mencegah osteoporosis atau pengerposan pada tulang dan gigi.
  2. Melancarkan sistem pencernaan. Dalam hal ini terkait dengan serat yang terbukti sangat baik untuk mengontrol dan menjaga alat cerna manusia. Sehingga secara tidak langsung juga berpengaruh dalam pencegahan sembelit atau susah BAB.
  3. Menjaga sistem metabolisme tubuh. Terkait dengan pelancaran dalam sistem ekskresi, keluarnya keringat dan lain sebagainya.
  4. Alternatif menu diet yang sehat. Sebab kandungan karbohidrat sangat membantu dalam menunda rasa lapar dan menjadikan perut kenyang lebih lama. Selain itu juga bisa mengurangi selera makan yang berakibat penurunan konsumsi makanan. Jadi secara tidak langsung sangat cepat menguruskan badan khususnya perut buncit.
  5. Mengurangi gejala rematik dan nyeri pada persendian. Manfaat ini terkait dengan kandungan kalsium yang tinggi didukung dengan potassium, iron dan fosfor.
  6. Mengurangi gatal pada kulit dengan cara menggunakan getahnya. Namun penerapan ini harus dengan benar dan melalui petunjuk yang tepa juga.
  7. Megembalikan stamina dan menjaga tubuh tidak mudah lemes dan kuat lebih lama. Sangat baik dikonsumsi oleh orang yang pekerja keras yang butuh lebih banyak tenaga.
  8. Meningkatan konsentrasi yang juga terkait dalam meningkatkan pola pikir yang menuntut kinerja otak. Hal ini didukung oleh kandungan protein yang membantu dalam menjaga daya ingat.
  9. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh. Khasiat ini karena adanya kandungan iron atau zat besi yang juga membantu dalam pencegahan anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah.
  10. Menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan radikal bebas.
  11. Menjaga kesehatan mata dan kejernihan pandangan.
Bagaimana? Apa masih ragu untuk mengkonsumsi kolang-kaling? Kami rasa cukup demikian dulu bahasan kami seputar Kandungan Manfaat Dan Khasiat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan. Dan jangan lupa di share ya jika artikel ini bermanfaat! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter