Cara Mengatasi Leher Kaku Pada Bagian Belakang

Leher Kaku atau Kake Leher bukanlah salah satu hal yang serius. Namun jika dibiarkan hanya akan mengganggu aktivitas keseharian tak terkecuali dalam melakukan gerakan menengok atau juga dalam keadaan posisi tidur. Hal ini dikenal dengan istilah salah bantal yang menjadikan otot leher bagian belakang terasa sangat kaku dan menimbulkan rasa sakit jika hendak menoleh. Memang ada beberapa terapi yang bisa menyembuhkan leher sakit tersebut, seperti penggunaan obat herbal serta treatment yang sekiranya mengembalikan kelenturan otot yang dimaksud. Maka dari itu, hendaknya kita memperhatikan beberapa langkah serta bagaimana cara yang tepat untuk mengobati leher yang sakit tersebut.

Cara Mengatasi Leher Kaku Pada Bagian Belakang

Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab dari menegangnya otot leher. Dan yang paling umum terjadi ialah disaat kita salah dalam posisi tidur, bantal yang terlalu keras (tidak dijemur), kurang gerak (olah raga), Kecemasan (serangan panik), Suhu lingkungan yang terlalu dingin, serta posisi tubuh yang tidak tepat saat melakukan aktivitas seperti pada saat mengangkat beban. Jadi untuk menghindari terjadinya sakit pada leher, kita harus memperhatikan hal sederhana yang sudah kami sebutkan diatas. Nah bagaimana mengatasi leher belakang yang sakit? Yuk coba langkah-langkah berikut!

Dikutip dari id.wikihow.com, ada sekitar 8 metode yang bisa anda lakukan. Metode-metode tersebut mungkin sangatlah sederhana dan mungkin boleh dibilang paling mudah dan tidak butuh langkah rumit. Untuk lebih singkatnya, inilah 8 metode penyembuhan leher belakang yang sakit.

Cara Mengatasi Leher Kaku Pada Bagian Belakang :
  1. Metode 1 : Menggunakan perawatan panas dan dingin. Dalam metode ini bisa menggunakan bahan panas serta dingin untuk mengembalikan leher menjadi normal. Pertama yaitu dengan panas yang bisa kita terapkan menggunaan handuk hangat, botol yang diisi air hangat, atau juga mandi dengan air hangat. Caranya yaitu dengan menempelkan handuk atau botol yang dibasahi dengan air panas pada permukaan leher yang sakit. Cara ini bisa meregangkan otot dan menjadikan lebih rileks serta membuka saluran darah yang terhambat. Sebenarnya bisa juga menggunakan alat kompres karet yang sudah dijual di apotik. Kedua yaitu dengan terapi dingin. Langkah mudahnya yaitu dengan menempelkan kantung es pada bagian leher tepat bawah rambut paling bawah. Diamkan sekitar 20 menit bertujuan untuk meredam rasa nyeri yang ditimbulkan.
  2. Metode 2 : Meregangkan otot guna menghilangkan kekakuan pada leher belakang. Caranya mudah yaitu dengan menganggukan kepala pada bagian depan, belakang dan samping serta memutar secara perlahan. Mungkin akan terasa agak sedikit sakit namun triks ini terbukti bisa mengurangi kaku pada leher. Yang terpenting ialah kurang aktivitas tubuh yang berat seperti mengangkat beban dll.
  3. Metode 3 : Menggunakan obat pereda rasa sakit. Bahan yang bisa digunakan untuk penggunaan luar seperti balsem dan salep hangat. Dan mengkonsumsi obat ibuprofin, aspirin serta obat perileks otot.
  4. Metode 4 : Mengatur Posisi Tidur yang benar. Pertama siapkan bantal yang bisa menyangga kepala, ganti sarung dan jemur bila perlu. Usahakan gunakan kasur yang lumayan keras, serta hindari tidur dalam posisi telungkup. Untuk lebih maksimal, anda juga bisa tidur tanpa menggunakan bantal dan mengusahakan tidur cukup 7 hingga 8 jam sehari.
  5. Metode 5 : Melakukan perawatan alternatif dengan pemijatan. Tundukkan kepala kedepan dan coba pijat dengan lembut pada daerah leher yang sakit. Jika tidak paham, maka bisa juga mengunjungi panti pijat atau ahli akupuntur. Terapi ini guna mengusahakan penyembuhan lebih cepat.
  6. Metode 6 : Melakukan perawatan alternatif rumahan. Hal ini bisa dilakukan dengan berendam air garam hangat, melakukan kerokan dan mengkonsumsi suplemen magnesium.
  7. Metode 7 : Melakukan pencegahan kaku leher lebih parah. Caranya dengan memperhatikan tempat kerja, usahakan argonomis dan membuat anda dalam posisi paling nyaman. Jangan duduk dan merunduk terlalu lama, jangan gunakan tas yang terlalu berat serta menggunakan posisi atau tehnik olahraga yang tepat.
  8. Metode 8 : Mengetahui saat atau waktu yang tepat untuk mengunjungi dokter. Harap segera mengunjungi dokter jika sakit tidak kunjung reda, periksakan tingkat kecemasan dan cepat cari bantuan medis jika dampak yang ditimbulkan terbilang berat.
Inti dari semua metode diatas meminta kita untuk selalu rajin berolahraga dan memperbanyak gerak. Serta juga menjaga kebersihan lingkungan seperti menjemur bantal dan kasur.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi Leher Kaku Pada Bagian Belakang. Semoga apa yang kami tulis disini bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Dan Jangan lupa di share ya, jika artikel ini membantu! Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *