9 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Dandang Gendis

Manfaat dan Khasiat Dandang Gendis memang sudah dikenal dan digunakan sebagai obat herbal sejak jaman nenek moyang kita khususnya didaerah jawa. Beberapa dari kegunaannya ialah untuk menurunkan kadar gula darah yang terkait dengan pencegahan diabetes. Selain itu, fungsi lain juga berguna sebagai diuretik, antipiretik dan meningkatkan fungsi kelenjar didalam tubuh. Jadi tida heran jika herba yang satu ini banyak ditanam dan mudah didapat pada lingkungan sekitar rumah. Pada umumnya tanama ini ditanam sebagai pagar hidup sekaligus apotik yang bisa kita temukan di alam terbuka.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Dandang Gendis

Dandang Gendis atau yang juga dikenal dengan Ki tajam merupakan sejenis tanaman yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan platae dengan nama ilmiah Clinacanthus Nutans L.. Berbentuk terna dengan ciri daun tunggal berhadapan, perdu kecil dengan tinggi batang hingga 2,5m, lebar dan panjang daun berkisar antara 8 hingga 12cm dan lebarnya 6cm. Perbungaan terdapat pada ketiak daun dan ujung batang, warna bunga merah muda dan seperti tabung pada bagian mahkota. Serta buah bulat memanjang dengan warna kecokelatan.

Apa saja kandungan senyawa pada tanaman dandang gendis?
Dikutip dan dirangkum dari berbagai sumber, tanaman ini memiliki kandungan berupa minyak atsiri, saponin, flavonoid dan polifenol. Nah dari senyawa inilah diperoleh manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh kita. Untuk lebih detailnya, berikut rincian yang bisa sobat baca!

9 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Dandang Gendis :
  1. Kaya akan antioksidan yang berpengaruh baik untuk sistem imun dan menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan radikal bebas.
  2. Mengembalikan tenaga dan stamina yang terkuras habis akibat kerja yang terlalu berat. Sehingga secara tidak langsung juga meringankan rasa capek.
  3. Obat herbal untuk diabetes. Secara umum cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita kencing manis.
  4. Mengatasi gejala dan gangguan pada sistem pencernaan khususnya untuk disentri.
  5. Memaksimalkan dan mengefektifkan kinerja kelenjar dalam tubuh.
  6. Bersifat antipiretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam atau panas tubuh.
  7. Menghentikan diare karena kandungan pada dandang gendis juga bersifat anti-diare.
  8. Bersifat diuretik yang berfungsi untuk melancarkan saluran kemih (peluruh kencing).
  9. Mencegah batu ginjal yang baik untuk terapi pengobatan kencing batu.
Jika dilihat dari banyaknya khasiat dandang gendis diatas, masih ada satu pertanyaan yang perlu kami jawab yaitu Bagaimana cara mengolah dan membuat jamu dari tanaman dandang gendis? Untuk lebih singkatnya yuk cek resep sederhana berikut!
  • Kencing manis : Ambil 21 lembar daun dandang gendis yang masih segar. Cuci dan rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa separuh. Minum 2x sehari @1 gelas untuk 1x konsumsi.
  • Peluruh kencing : Siapkan 5 lembar daun daun dandang gendis yang masih muda. Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih dan minum secara rutin 1x sehari sampai sembuh.
  • Diare dan Disentri : Cuci bersih 7 lembar daun dandang gendis, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum 2x sehari @1/2 gelas untuk 1x konsumsi.
Nah demikianlah bahasan singkat mengenai 9 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Dandang Gendis. Semoga apa yang kami tulis disini bisa berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare jika artikel ini bermanfaat! Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *