17 Manfaat Dan Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Pengobatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Kaki Kuda memang sudah umum dikenal dan bahkan banyak digunakan dalam berbagai campuran ramuan tradisional yaitu jamu. Beberapa kegunaan umumnya ialah untuk mengobati menawarkan racun, sakit kepala, ayan, tipes, demam, flu dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk postingan kali ini kami akan menjelaskan lebih detail mengenai apa itu daun kaki kuda dan apa saja kegunaan yang bisa kita dari pemanfaatannya. Sehingga bisa menambah wawasan mengenai tanaman obat yang bisa kita temui pada lingkungan sekitar rumah.

17 Manfaat Dan Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Pengobatan

Daun kaki kuda mempunyai nama ilmiah Centella asiatica, tumbuh secara liar di pekarangan dan mempunyai beberapa nama panggilan lokal yang dikenal dengan kostekosan, antanan, tungke, gagan, dan rendeng. Bentuk tanaman berupa terna dan mempunyai ciri daun seperti bentuk hati warna hijau. Pinggiran daun bergerigi dan sedikit berambut halus. Bunganya berwarna putih agak sedikit kemerahan serta buahnya berbentuk pipih.

Apa saja kandungan senyawa kimia pada daun kaki kuda?
Dari yang kami kutip dari berbagai sumber, tanaman ini mengandung seyawa berupa alkaloid, glikosida, steroid, tanin, triterpenoid, kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi dan minyak atsiri. Dari berbagai kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk rincian detailnya, yuk cek keterangan berikut!

17 Manfaat Dan Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Pengobatan :
  1. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah yang berfungsi untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi).
  2. Menguatkan tulang dan gigi sehingga tidak mudah keropos dan terkena osteoporosis.
  3. Mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh.
  4. Menghentikan pendarahan berlebih bagi yang terluka.
  5. Bersifat anti-racun yang berfungsi sebagai penawar racun alami (menetralkan racun dalam tubuh). Khususnya karena keracunan makanan seperti jengkol.
  6. Meringankan gejala flu (influenza) atau pilek.
  7. Menyembuhkan penyakit ayan.
  8. Mengatasi ngilu pada saat sakit kepala atau pusing.
  9. Mengobati penyakit busung serta gejala yang disebabkan seperti perut buncit.
  10. Obat herbal untuk menyembuhkan penyakit tipes.
  11. Bersifat anti-piretik yang berfungsi untuk menurunkan panas atau demam.
  12. Mencegah terjadinya infeksi pada luka dan mempercepat penyembuhan.
  13. Bersifat menenangkan yang bisa mengurangi stres, depresi serta pikiran berat.
  14. Mengobati sariawan yang disertai sakit tenggorokan.
  15. Mengatasi maag dan mengurangi kembung pada perut.
  16. Menjaga kinerja organ jantung sehingga tidak mudah terkena stroke.
  17. Obat herbal untuk yang terkena wasir (ambeien) dan disentri.

Bagaimana cara mengolah dan resep yang tepat untuk menggunakan daun kaki kuda sebagai obat?
  • Influenza : Siapkan 1 genggam daun kaki kuda, cuci dan tumbuk hingga halus. Tambahkan setengah gelas air hangat kemudian peras. Masukkan sedikit garam kemudian minum.
  • Menawarkan racun : Sediakan sekitar 15 helas daun kaki kuda, rebus dengan segelas air hingga mendidih. Tiriskan dan saring kemudian minum.
  • Sakit kepala : Siapkan 1 genggam daun kaki kuda, 1sdt jinten (rempah), dan 1/2sdm madu. Rebus daun dan jinten dengan 2 gelas air hingga mendidih. Angkat dan saring, masukkan madu dan aduk rata. Selanjutnya bisa diminum 2x sehari @1 gelas.
  • Ayan : Rebus daun kaki kuda secukupnya dengan campuran gula aren atau gula merah. Minum 3x sehari.
  • Wasir/ambeien : Sediakan 2 genggam daun kaki kuda, 7 lembar daun ungu, 1sdt madu, dan rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Minum 2x sehari secara rutin.
  • Tipes : Kukus 1 genggam daun kaki kuda, 1/2 genggam daun jinten, dan 5 batang tapak liman. Tambah sedikit air dan madu, saring dan diminum selagi hangat.
  • Infeksi luka : Haluskan daun kaki kuda secukupnya kemudian bubuhkan pada luka.
  • Demam : Siapkan 1 genggam daun kaki kuda kemudian diseduh dengan 1 gelas air mendidih. Diamkan dan minum.
  • Sariawan dan sakit tenggorokan : Siapkan 1 genggam daun kaki kuda, 1sdm ketumbar, dan 2 ruas rimpang kunyit. Tumbuk semua bahan kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring dan diminum 2x sehari selagi hangat.
  • Busung : Siapkan 2 genggam daun kaki kuda, 1 potong kulit pohon bunga kamboja, dan 3 ruas rimpang alang-alang. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 3x sehari @100cc atau setengah gelas.
  • Maag dan kembung : Sediakan 1 genggam daun kaki kuda, 1 ibu jari kencur, 1/2sdt jinten dan 1sdt ketumbar. Haluskan semua bahan, tambakan 1 gelas air hangat dan disaring kemudian minum.
Nah demikianlah artikel mengenai 17 Manfaat Dan Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Pengobatan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa di share jika tulisan ini membantu! Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *