Senam Kegel Cocok Untuk Pria Wanita Dan Ibu Hamil

Senam Kegel adalah suatu gerakan yang bertumpu pada otot bagian bawah tubuh seperti bawah rahim, kantong kemih dan juga usus besar. Hal ini bertujuan guna mengembalikan kekencangan otot panggul bawah sehingga menjadi tidak kendor meski habis melahirkan. Pada umumnya gerakan ini dilakukan oleh para kaum wanita, namuan seiring dengan perkembangan zaman, gerakan ini juga dilakukan kaum pria untuk menjaga vitalitas tubuh terhadap stamina.

Pada sejarahnya, senam kegel dikenalkan oleh seorang dokter bernama Dr. Arnold Kegel Henry pada tahun 1945. Beliau menuturkan bahwa melakukan senam kegel ini merupakan salah satu langkah melatih otot panggul tanpa harus melakukan pembedahan. Dengan begitu, Nama kegel diambil untuk senam ini dan bisa dikenal hingga sekarang guna melatih otot pada bagian sekitar alat reproduksi entah itu pada kaum wanita ataupun pria.
Senam Kegel Cocok Untuk Pria Wanita Dan Ibu Hamil
Bagaimana cara melakukan senam kegel?
Sebenarnya senam ini tidak membutuhkan tutorial khusus, karena gerakan yang dilakukan sangatlah tidak rumit dan tidak butuh ruang yang lapang. Cukup sobat lakukan didalam kamar mandi, dan sangat pas jika dilakukan di pagi hari saat bangun tidur. Pertama sobat harus paham dulu apa itu oto panggul, tipsnya sederhana, cukup keluarkan air seni kemudian tahan. Nah otot yang menahan tersebutlah yang disebut otot panggul. Sedangkan untuk cara melakukan kegel, sobat bisa ikuti langkah berikut!
  1. Pertama sobat keluarkan air kencing sedikit kemudian tahan, untuk langkah awal lakukan secara perlahan saja. Tahan sekitar 3 hingga lima detik baru dilepas lagi sedikit dan tahan lagi. Lakukan gerakan ini berulang hingga sekitar 5 kali kemudian yang terakhir bisa dituntaskan buang air kecilnya.
  2. Setelah kosong (tidak ada air seni lagi), tahan otot panggul dengan cara mengencangkan sekitar 5 detik kemudian lepas dan ulangi hingga 5 kali. Usahakan semua otot terfokus pada otot panggul tanpa menggunakan otot yang lain seperti otot perut.
  3. Lakukan gerakan ini secara rutin setiap hari agar otot panggul tetap kencang.
Kenapa harus melakukan senam Kegel?
Kadang kita mempunyai masalah dengan otot yang satu ini. Dan masalah tersebut biasa terjadi pada hal atau kejadian tidak terduga. Oleh karena itu, jika sobat mengalami salah satu dari kejadian dibawah ini, ada baiknya jika melakukan senam kegel.
  1. Otot melemah ketika mengontrol BAB.
  2. Otot lemah sehabis melahirkan, sangat umum terjadi bagi para wanita atau kaum ibu.
  3. Urine keluar secara tidak segaja pada saat bersin, batuk, tertawa dan kaget.
Manfaat Senam Kegel :
  1. Bagi ibu yang sedang mengandung, senam kegel berguna untuk menjaga elastisitas otot sehingga bisa mempermudah jalan persalinan dan memperlancar proses melahirkan.
  2. Bagi bunda yang sudah melahirkan, sangat berpengaruh dalam mengembalikan kekencangan otot pada organ kewanitaan.
  3. Bagi Pria, senam kegel bisa melatih otot guna mengontrol ejakulasi dini.
  4. Mampu mengurangi keluar urine secara tidak sengaja seperti yang sudah disebutkan diatas.
  5. Mencegah penyakit ambeien atau wasir (keuntungan ini karena elastisitas otot yang mempermudah dalam pembuangan feses / BAB).
Mungkin itu saja artikel seputar cara dan manfaat senam kegel, mungkin dilain kesempatan kami akan melakuan update postingan terbaru yang tentunya masih terkait dengan senam kegel ini. Sobat bisa baca artikel terkait :
  1. 4 Gerakan Senam Hamil Yoga
  2. Kaki Bengkak Saat Hamil

Contact Form

Name

Email *

Message *