-->

5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil sangatlah berpengaruh dalam perkembangan janin. Hal itu karena banyaknya kandungan vitamin yang mendukung pembentukan sistem syaraf dan otot. Namun terjadi juga pro dan kontra mengenai susu kedelai untuk ibu hamil ini. Karena dipercaya dapat menggangu kehamilan dan bahkan bisa mengakibatkan hal terburuk yaitu keguguran. Maka dari itu, tidak sedikit dari kalangan bumil yang takut mengkonsumi susu yang berasal dari biji kedelai ini. Dan memasukkan susu kedelai dalam blacklist menu keseharian untuk konssumsi.

Apa bahayanya mengkosumsi susu kedelai bagi ibu hamil? Hal ini karena adanya kandungan phytoestrogen pada kedelai jika bertemu dengan zat estrogen pada tubuh kita, maka akan memicu adanya kontraksi pada rahim disaat perekat janin belum sempurna. Oleh karena itu, mengkonsumsi susu kedelai pada usia kehamilan trimester pertama sangat tidak dianjurkan. Namun tidak 100% anda harus meninggalkannya, cara yang lebih sederhana ialah dengan mengurangi asupan gizi yang berasal dari susu kedelai ini.
5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil
Kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil berbeda dengan orang biasa yang tidak mengalami kehamilan. Jadi kaum bunda harus paham dan mempelajari apa saja kebutuhan asupan gizi tersebut dengan cara berkonsultasi dengan dokter ahli atau juga dengan mencari informasi di internet. Dengan begitu, mungkin bunda akan sedikit terbantu dengan adanya artikel yang menjelaskan seputar kebutuhan pangan pada saat ibu sedang hamil. Pada artikel sebelumnya kami sudah menulisnya, mungkin anda penasaran, silahkan baca terlebih dahulu : Asupan Nutrisi Seimbang Untuk Ibu Hamil

Susu kedelai juga kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya ialah protein, lemak, karbohidrat, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B, Asam folat, dan senyawa berupa glisin, arginin, lisin dan treonin. Untuk mempelajari secara detail mengenai protein, anda bisa baca juga : 16 Fungsi Protein Bagi tubuh

Nah kembali pada topik bahasan, Apa saja sih Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil? Yuk simak rangkuman dibawah ini!
  1. Susu Kedelai kaya akan karbohidrat yang merupakan salah satu sumber energi yang mampu memenuhi kebutuhan tenaga bagi ibu hamil. Berguna juga untuk menjaga tubuh tidak cepat lelah karena kebutuhan energi harian terpenuhi.
  2. Susu Kedelai kaya akan asam folat yang berfungsi sebagai pendukung perkembangan janin dalam kandungan. Asam folat ini berkemampuan untuk menjaga tumbuh kembang sistem syaraf dan pembentukan otot.
  3. Susu Kedelai kaya akan protein yang ampuh untuk meningkatkan kecerdasan otak pada janin. hal ini tidak luput dengan adanya kandungan glisin, arginin, lisin dan treonin yang merupakan protein lengkap penunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan secara optimal.
  4. Susu Kedelai kaya akan lemak nabati yang berkemampuan untuk mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung ibu hamil akan terhindar dari gangguan yang bisa saja berakibat buruk pada kehamilan.
  5. Kandungan Vitamin seperti Vitamin A, B, dan E, mampu menjaga daya tahan bumil terhadap kebugaran tubuh. Ibu hamil tidak akan mudah capek dan terjaga kebugaran selama proses kehamilan terjadi.
Jadi diambil kesimpulan bahwa, susu kedelai sangat aman bagi ibu hamil. Cuma butuh tutorial yang benar agar asupan terjaga dan tidak melebih dosis. Jika dalam trimester pertama, mungkin bunda harus mengurangi konsumsi susu ini, namun selebih itu, bisa dijadikan menu rutin yang mungkin akan sangat membantu dalam menjaga kestabilan kandungan dan tentunya bunda akan tetap bugar dan siap menjalani kehamilan tersebut.

Mungkin itu saja dari kami seputar 5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil. Semoga yang kami tulis disini bisa membantu dan tentunya berguna bagi yang membutuhkan. Sekian dan salam sehat selalu!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter