-->

Manfaat Dan Khasiat Akar Pohon Mengkudu

Manfaat Dan Khasiat Akar Pohon Mengkudu - Mengkudu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Memang jika dilihat dari bentuk buah sangatlah tidak menarik. Namun jika kita tahu akan khasiatnya, maka kita mungkin akan terkejut dan mencoba untuk mencari lebih jauh akan kegunaan dan fungsi buah mengkudu ini untuk kesehatan tubuh kita. Memang pada postingan sebelumnya kami sudah menerangkan akan pentingnya buah ini yaitu pada 16 Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu. Tapi untuk kali ini, disini kami akan mengupas tuntas seputar keseluruhan bagian tanaman terutama pada akarnya. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja Khasiat Akar pohon mengkudu? Mungkin rangkuman dibawah ini bisa menjawabnya!

Mengkudu (nama ilmiah Morinda citrifolia ) ini sudah dikenal sejak jaman nenek moyang untuk dunia pengobatan herbal. Dan manfaat itu terdapat pada buah, bunga, daun dan juga akarnya. Dan perlu diketahui juga bahwa akar mengkudu mempunyai kegunaan khusus yang juga cukup ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, sangat tidak heran juga jika banyak kalangan masyarakat desa yang selalu kelihatan sehat karena rutin mengkonsumsi jamu herbal dari pohon mengkudu ini.
Manfaat Dan Khasiat Akar Pohon Mengkudu
Sebelumnya kami juga sudah berbagi mengenai resep dan cara pembuatan jamu kudu laos. disitu kami sudah secara singkat menerangkan apa saja manfaat yang akan didapat untuk tubuh. Tapi pemanfaatan tersebut hanya terlepas pada daun dan bunga atau buahnya saja. Sedangkan akar pohon tidak dibawa. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, akar mengkudu juga tidak kalah ampuhnya untuk menyembuhkan penyakit. Oleh karena sifat farmakologi tersebut, tidak sedikit yang menggunakan akar mengkudu sebagai jamu tradisional.

Nah, sebelum beranjak pada khasiat, alangkah baiknya jika ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan kimia pada akar mengkudu tersebut. Menurut beberapa penelitian, akar mengkudu mengandung senyawa berupa Xeronine, Plant Sterois, Alizarin, Lycine, Sosium, Caprylic Acid, Arginine, Proxeronine, Antra Quinines, Trace Elemens, Phenylalanine, dan Magnesium. Fungsinya untuk tubuh sudah kami rangkum pada ringkasan dibawah ini!

Manfaat Dan Khasiat Akar Pohon Mengkudu :
  1. Sangat ampuh untuk mengobati nyeri pada pinggang, seperti pegal linu, tubuh lemah dan terlalu capek akibat seharian kerja. Hampir sama dengan manfaat jahe, akar mengkudu juga memberi kesan hangat pada tubuh.
  2. Membantu menstruasi atau datang bulan yang tidak lancar pada wanita.
  3. Meringankan nyeri pada perut bagian bawah terutama dalam pencegahan kram dan lain-lain.
  4. Sebagai terapi untuk menyembuhkan dan mengurangi lemah syahwat (impotensi).
  5. Melancarkan sistem pencernaan sepeti sembelitatau susah buang air besar.
  6. Mengurangi kendala pada saluran kemih (terlalu sering kencing).
  7. Menurunkan suhu tubuh (demam).
  8. Mengatasi penyakit yang berhubungan dengan paru-paru.
  9. Menyembuhkan batuk dan mengi.
  10. Melancarkan sistem pernafasan. Hal ini berguna dalam mengobati sesak nafas.
  11. Memberi kesan dingin.
  12. dll.
Untuk penggunaan, akar mengkudu bisa dikeringkan dan memakai dosis yang tepat. Standarnya dosis yang dipakai sekitar 10gr akar kering. Direbus dengan 400cc air sampai mendidih dan berubah warna. Minum 2x sehari sebanyak setengah gelas perkonsumsi.

Demikianlah artikel singkat mengenai Manfaat Dan Khasiat Akar Pohon Mengkudu. Semoga bisa membantu dan berguna bagi sobat yang membutuhkan!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter