-->

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan mungkin hanya sedikit yang tahu. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, khasiat buah ini sangatlah besar bagi tubuh kita. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai tanaman buah yang satu ini. Kersen atau dengan naman latin (Muntingia calabura) dikenal juga dengan berbagai sebutan. Salah satunya ialah ceri, kerukup siam, Baleci, keres, dan cerry Jamaica. Serta memiliki panggilan berbeda pada setiap negara.
Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan
Mengenai ciri serta deskripsi, Kersen bisa hidup dengan baik pada lingkungan yang bersuhu tropis. Dikarenakan pohon perdu, serta ketinggian sekitar kurang lebih 4m, banyak dari kalangan masyarakat yang memanfaatkannya sebagai pohon peneduh pada halaman, pinggir jalan raya dan tempat-tempat lain yang biasanya dijadikan untuk tempat berteduh. Sedangkan daun, warna hijau muda dan permukaan sedikit berbulu halus. Bunga berwarna putih agak sedikit kekuningan dan buah kecil berbentuk buni dengan warna hijau pada saat masih muda serta berbah merah jika sudah matang. Buah ini banyak disukai oleh anak-anak karena mempunyai rasa yang begitu manis.

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja sih manfaat buah kersen untuk kesehatan? Julukan yang tepat untuk buah ini ialah si kecil kaya khasiat. Beberapa dampak baik bagi kesehatan diantaranya :
  1. Bersifat sebagai anti-bakteri dan mikroba.
  2. Meningkatkan sistem imun (daya tahan tubuh).
  3. Bersifat Anti-Inflamasi (anti radang).
  4. Menunda proses penuaan karena membuat kulit tetap lembab.
  5. Menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi).
  6. Menurunkan kadar kolesterol darah.
  7. Obat alami untuk batuk dan sakit tenggorokan.
  8. Mencegah sel kanker dan tumor.
  9. Meringankan gejala sakit kepala / pusing.
  10. Menurunkan asam urat.
  11. Menyembuhkan flu / pilek.
  12. Mencegah diabetes.
  13. dll.
Selain buahnya, daun kersen juga banyak digunakan sebagai obat hipertensi alami. Jadi sangat cocok bagi sobat yang menderita tekanan darah tinggi. Sedangkan untuk cara pengolahannya pun boleh dibilang sangatlah mudah. Cukup merebus beberapa lembar daun (secukupnya) kemudian meminum air rebusan tersebut 2x sehari sebanyak 1/ gelas perkonsumsi.

Cukup sekian artikel mengenai Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan. Semoga artikel yang kami tulis ini bisa berguna bagi yang membutuhkan.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter