-->

7 Manfaat Daun Jati Cina Bagi Kesehatan

Jati Cina (Senna Alexandrina) yang merupakan salah satu jenis tanaman hias ini mempunyai kemampuan sebagai obat herbal yang sudah digunakan oleh nenak moyang kita dengan berbagai manfaat cukup baik bagi kesehatan. Pertumbuhannya yang sangat banyak pada daerah tropis, sangat memungkinkan jika pada lingkungan kita juga bisa ditemukan tumbuhan obat tersebut. Maka dari itu, disini kami akan merangkum sedikit keterangan yang membahas seputar Khasiat Daun Jati Cina Untuk Kesehatan.
7 Manfaat Daun Jati Cina Bagi Kesehatan
Untuk Penggunaan, daun jati cina diolah sebagai teh yang belakangan ini sudah banyak dijual di toko maupun apotik. Media yang digunakan juga cukup banyak, bahkan bisa dibei secara online. Namun yang dibahas disini bukanlah pemasarannya, melainkan apa saja kegunaan daun ini bagi tubuh kita? Maka dari itu, untuk lebih singkatnya waktu, berikut beberapa Manfaat Daun Jati Cina Bagi Kesehatan :
  1. Mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  2. Mempercepat pembakaran lemak (cocok untuk obesitas).
  3. Mengeluarkan racun dalam tubuh terutama pada usus.
  4. Mengecilkan perut buncit (melangsingkan tubuh) sangat cocok untuk diet.
  5. Bersifat sebagai anti-inflamasi (pembengkakan).
  6. Obat Pencahar alami guna mengatasi sembelit (susah BAB) dan wasir (ambeien).
  7. Meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.
  8. dll.
Untuk penyajiannya, kebanyakan daun jati cina digunakan dalam keadaan kering sehingga butuh proses penyeduhan layaknya pembuatan teh seperti biasanya. Untuk konsumsi, sobat bisa menyiapkan sekitar 1 sdt (1 sendok teh diseduh dengan 1 gelas air setara 200cc) dan bisa diminum maksimal 2x sehari.

Himbauan !!!
Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi teh ini secara berlebihan. Bagi ibu hamil, masa menstruasi, dan penderita peyakit gangguan ginjal dilarang keras mengkonsumsi ramuan ini.

Kenapa ada himbauan seperti diatas? karena selain mempunyai begitu banyak manfaat, Daun Jati cina juga memliki efek samping yang berdampak sangat buruk jika kita berlebihan dalam mengkonsumsinya. Dan beberapa dampak negatif tersebut diantaranya :
  • Mengganggu kinerja organ ginjal.
  • Meningkatkan produksi darah yang bisa berakibat Hipertensi.
  • Menjadikan usus berwarna cokelat yang berakibat pada terganggunya metabolisme dan sistem pencernaan tubuh.
  • Menjadikan perut kembung pada wanita menstruasi.
  • Menyebabkan peradangan pada sendi dan otot.
  • dll.
Nah mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 7 Manfaat Daun Jati Cina Bagi Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter