18 Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan

Cincau merupakan salah satu bahan pangan yang berasal dari perendaman daun yang kemudian mengeras menjadi sebuah gel. Tanaman cincau sendiri sebenarnya mempunyai nama mesona, namun karena sudah sering dikenal dengan sebutan tersebut, mungkin sebagian orang tidak tahu dengan nama asli dari cincau yang sudah kami maksud. Sejak zaman dahulu, Daun cincau sudah dikenal sebagai tanaman obat sehingga kaya akan khasiat yang bisa didapatkan oleh tubuh. Dan untuk mengetahui lebih jelas mengenai keterangan tersebut, maka untuk postingan kali ini kami mengambil judul " 18 Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan".

Nah yang jadi salah satu pertanyaan disini adalah : Bagaimana cara membuat cincau? Umumnya proses pembuatan menggunakan metode perendaman yang sebelumnya sudah dilakukan peremasan pada daun (Atau bisa ditumbuk). Agar cincau bisa tahan lama, sobat bisa menambahkan soda kue yang juga berfungsi sebagai bahan pengawet. Sehingga cincau (agar-agar dari daun) ini bisa bertahan hingga beberapa hari. Untuk warna yang dihasilkan, mungkin kebanyakan hijau lumut pekat, transparan, dan hijau muda.
18 Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan
Nah beranjak pada Khasiat dari daun cincau, tentunya juga didukung oleh adanya kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut diantaranya berupa Energi, Serat, Protein, Karbohidrat, Lemak, Fosfor, Kalsium, Zat besi, Vitamin A, C, Dan Vitamin B1. Sehingga dengan kandungan tersebut diperoleh manfaat yang cukup dahsyat bagi kesehatan serta kinerja tubuh dalam merabolisme dan sistem lainnya.

18 Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan :
  1. Sebagai antioksidan alami yang sangat bagus untuk menangkal radikal bebas serta menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  2. Bersifat sebagai diuretik yang ampuh untuk memperlancar atau meluruhkan kencing.
  3. Bersifat mendinginkan, manfaat ini bisa difungsikan untuk panas dalam, sariawan, serta gejala lain yang disebabkan oleh gangguan kesehatan sepeti yang sudah kami maksud.
  4. Sebagai obat penurun panas atau demam.
  5. Melancarkan sistem pencernaan seperti mencegah sembelit dan menghentikan diare.
  6. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang berfungsi sebagai anti peradangan dan menyembuhkan bengkak.
  7. Mengontrol gula darah bagi penderita Diabetes Mellitus (Kencing Manis) dan juga terapi pengobatan herbal untuk penyakit yang dimaksud.
  8. Melancarkan sirkulasi / peredaran darah dalam tubuh. Hal ini sangat berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi (Hipertensi).
  9. Mencegah anemia (kurang darah) serta gejala yang ditimbukan seperti pusing, lemah dan pucat.
  10. Menetralkan racun dalam tubuh terutama keracunan seafood atau juga karena alergi.
  11. Bersifat sebagai Anti-Kanker dan anti-tumor sehingga menghambat pertumbuhan dan membunuh sel kanker dalam tubuh.
  12. Menjaga kesehatan tulang dan gigi, terbilang ampuh dalam mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).
  13. Obat herbal untuk maag dan sakit perut disertai mual.
  14. Menyembuhkan penyakit vertigo.
  15. Pendukung bagi orang yang sedang menjalankan program diet, hal ini dikarenakan cincau kaya akan serat dan sangat rendah kalori. Dan juga ditopang pula oleh fungsi cincau yang berguna untuk melancarkan pencernaan.
  16. Kandungan Vitamin B1 (Thiamine) dalam cincau berguna untuk menormalkan kinerja otak.
  17. Menyehatkan mata dan menjernihkan pandangan.
  18. Sebagai sumber energi yang menjaga tubuh tidak lemas dan menunda rasa lapar lebih lama.
  19. dll.
Cincau sudah dikenal umum dan digunakan sebagai konsumsi untuk campuran es campur atau es cincau. Namun bagaimana jika daun cincau tersebut ingin dijadikan sebagai obat herbal? Sebenarnya dengan mengkonsumsi es cincau saja kita sudah mendapatkan manfaatnya. Namun akan lebih maksimal jika kita menggunakan resep dibawah ini dan menggunakan daun cincau yang masih segar.

Resepnya sangat sederhana, cukup siapkan sekitar 15 lembar daun cincau segar kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk (atau diremas-remas). Campurkan dengan 300cc air kemudian diperas hingga lebih halus dan sedikit ampas. Minum sebelum makan dan sebelum tidur.

Contact Form

Name

Email *

Message *