16 Fungsi Protein Bagi tubuh

Fungsi Protein Bagi Tubuh Memang sangat besar. Terutama dalam membangun dan mendukung metabolisme tubuh. Protein sendiri berasal dari bahasa Yunani (Protos) yang merupakan senyawa organik kompleks berbobot. Molekul Protein mengandung Karbon, Hidrogen, Nitrogen, Oksigen,sulfur, Dan Fosfor. Terdiri dari beberapa struktur seperti : Primer, Sekunder, Tersier, dan kuartener. Berperan sangat penting dalam struktur dan fungsi sel dalam semua makhluk hidup.

Dampak buruk bagi tubuh jika kekurangan proteinpun tidak main-main. Contohnya menurunkan kekebalan tubuh, rambut rontok, hipotonus, gangguan pertumbuhan dan lain-lainnya. Sedangkan Bahan pangan yang merupakan sumber protein diantaranya : Daging, Ikan, Telur, Biji-bijian, Polong-polongan dan Kentang.
16 Fungsi Protein Bagi tubuh
Namun yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja sih Fungsi Protein Untuk Tubuh? Mungkin Rangkuman singkat dibawah ini bisa menjawab semua keingintahuan sobat terhadap manfaat protein bagi tubuh.
  1. Protein juga mengandung senyawa fosfor yang sangat membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Hal lainnya bisa mencegah pengeroposan tulang dan menjaganya tetap sehat dan kokoh. ( Mencegah Osteoporosis).
  2. Sebagai sumber energi yang merupakan penopang gerak tubuh. Dalam melakukan aktifitas, kita membutuhkan tenaga yang lumayan besar, nah kalori pada protein juga menyediakan tenaga tersebut.
  3. Mempercepat proses reaksi biologis dalam bentuk enzim, hal ini tentunya berperan bagi kaum pria yang ingin menambah kejantanan.
  4. Mencerdaskan dan meningkatkan kinerja dari otak (percaya atau tidak, anak yang banyak mengkonsumsi biji-bijian seperti kedelai selaku bahan baku pembuatan tempe) Akan lebih cerdas atau pintar ketimbang yang tidak mengkonsumsinya.
  5. Zat yang mendukung dan menopang pembangun tubuh.
  6. Mencegah dan mengurangi kerontokan rambut akibat kekurangan protein.
  7. Menyimpan Sifat-sifat dalam bentuk gen didalam kromosom kemudian diteruskan pada keturunan.
  8. Mengatur keseimbangan kadar asam dan basa pada sel.
  9. Mencegah terjadinya penyakit kwasiorkor pada anak.
  10. Mensintesis substansi penting dalam tubuh seperti enzim, hormon, kromosom dan anti-body.
  11. Meregenerasi sel atau jaringan tubuh.
  12. Membantu proses pembentukan sel dan juga otot dalam tubuh, umum terjadi seperti asam folat pada ibu hamil.
  13. Bersifat antioksidan yang menjaga daya tahan atau sistem imun tubuh terhadap serangan mikroba.
  14. Menyeimbangkan produksi hormon.
  15. Berperan sebagai media perambatan impuls syaraf.
  16. Pendorong Proses metabolisme yang merupakan reaksi kimiawi dalam tubuh.
  17. dll.
Demikianlah bahasan singkat seputar 16 Fungsi Protein Bagi tubuh. Semoga membantu!

Contact Form

Name

Email *

Message *