-->

15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Manfaat Leunca Bagi Kesehatan mungkin masih tidak sedikit orang yang tahu, sebab tanaman yang tergolong sayur ini tidak banyak dikenal karena penyebarannya tidak begitu merata dan cuma bisa ditemukan diberbagai tempat tertentu saja. Leunca (Solanum nigrum) adalah tumbuhan dalam suku terong-terongan yang mempunyai kemampuan sebagai obat. Berasal dari Asia Barat dan menyebar hingga keseluruh penjuru dunia dikarenakan mampu hidup pada tanah yang mempunyai iklim tropis yang mayoritas kering. Tumbuhan ini penghasil buah ini juga dikenal dengan sebutan Ranti.

Deskripsi leunca terletak pada pohonnya yang perdu (terna) tahunan, hidup dialam terbuka seperti ladang dengan ketinggian pohon hingga 1m lebih. Batang cenderung tidak berkayu dengan rambut halus menutupi, daun bercabang dengan lebar 5cm, bunga tersusun rangkaian bermahkota berwarna putih dengan kepala sari kuning. Buah buni kecil berwarna hijau (muda) dan berubah menjadi ungu pekat kehitaman (jika sudah matang). Buah yang mengkal bisa saja juga mengandung racun, semua tergantung galurnya. Sedangkan buah yang bisa dimakan hanya dalam kelompok yang mengandung kadar racun yang rendah, jadi disarankan juga agar tidak mengkonsumsi buah ini jika sobat tidak paham betul.
15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan
Buah Ranti (Leunca) dikonsumsi sebagai sayur lalapan dan dipercaya mempunyai khasiat yang berkemampuan untuk menyembuhkan penyakit. Penemuan ini sudah diketahui sejak dahulu, sekitar 2000 tahun yang lalu. Sehingga untuk saat ini kita bisa menikmati dari pengetahuan tersebut.

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat leunca untuk kesehatan? Khasiat ini bisa didapat karena kandungan senyawa yang sangat besar pada buah sayur ini. Kandungan tersebut diantaranya : Kalsium, solasonin, Fosfor, Vitamin A, Vitamin C, Zat Besi, Solanin, Glikoalkaloid, Solasodin, Solanidin, Saponin, Atropin, Diosgenin, tigogenin, Minyak Semak, Zat Samak, Kalori, Protein, dan lemak.

15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan :
  1. Obat Herbal Untuk Kanker : Hal ini didapat karena hasil ekstrak dari daun bersifat sebagai anti-kanker yang berfungsi sebagai penghambat sel kanker atau tumor untuk berkembang. Sehingga secara tidak langsung bisa membunuh kanker secara perlahan. Kanker ini meliputi : Kanker payudara, Laher rahim, lambung dan saluran pernafasan.
  2. Bersifat sebagai Anti-Inflamasi yang ampuh untuk mencegah dan mengurangi peradangan.
  3. Mempunyai kemampuan mendinginkan (Antipretik), sehingga ampuh untuk menurunkan demam (penurun panas).
  4. Bersifat sebagai analgetik yang mampu mengurangi rasa sakit.
  5. Bersifat sebagai diuretik yang berkemampuan untuk meleuruhkan kencing dan mencegah infeksi saluran kemih.
  6. Melancarkan sirkulasi darah (mencegah jipertensi)
  7. Meredakan batuk yang disertai dahak dan melegakan nafas.
  8. Mengeluarkan racun dalam tubuh.
  9. Alat Kontrasepsi pada pria. Hal ini karena produksi sperma menurun dan mengurangi kesuburan.
  10. Bersifat sebagai anti-biotik, anti-mikroba, sehingga berkemampuan untuk membunuh kuman atau virus dalam tubuh.
  11. Obat alami untuk menghilangkan gatal (Anti-pruritus).
  12. Memiliki aktifitas anti-ulserogenik yang terhubung dengan lambung, sistem saraf pusat, dan sebagai agen anti-neoplastik. Hal ini juga memiliki peran sebagai sitoprotektif yang melawan kerusakan pada ginjal.
  13. Getah dari leunca bisa digunakan sebagai obat kutilan.
  14. Mengurangi dan menyembuhkan gejala rematik.
  15. Mengurangi nyeri seperti sakit pinggang, pegal linu, encok, pinggang kaku, dll.
Bagaimana cara menggunakan leunca sebagai obat? Pertanyaan sering juga muncul pada benak kita, sebab tanaman serta buah ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan karena juga terdapat kandungan racun yang begitu besar. Namun jika sobat sudah tahu dan paham, yang mana jenis leunca yang sedikit mengandung racun, maka boleh juga mengambil langkah berikut.

Untuk mengolah, sobat butuh menyiapkan seluruh bagian tanaman leubca yang dikeringkan. Sediakan kira-kira 20gr leunca kering kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa separuhnya. Minum 2x sehari pagi dan sore dalam porsi 1 gelas perkonsumsi. Ataua alternatif lainnya yaitu dengan mencampurkan 10 butir buah leunca pada jus sayuran.

Demikianlah artikel mengenai 15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter