-->

Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sambiloto | Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan salah satu jenis tanaman obat yang mempunyai khasiat cukup baik bagi kesehatan tubuh kita. Karena pada tumbuhan ini tersimpan kandungan senyawa kimi alami yang berfungsi untuk memperbaiki dan mengembalikan kinerja organ tubuh kita. Sambiloto diduga berasal dari Asi Tropika, jadi tidak heran sangat mudah ditemukan di dataran rendah yang mempunyai suhu lumayan panas. Penyebarannya bisa ditemukan di Negara-Negara yang beriklim tropis yang salah satunya Indonesia. Diberbagai wilayah, Sambiloto dikenal dengan bermacam-macam panggilan, contohnya Jawa (Andiloto), Madura (Jambiroto / pepaitan), Chuan Xin Lin (Cina), Ki Oray (Sunda), dan masih banyak yang lainnya.
Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan
Daun Sambiloto banyak digunakan dalam ramuan tradisional Jawa guna untuk menjaga tubuh tetap sehat. Rasa dari daun cukup pekat dan sulit hilang, mungkin rasanya bisa didefinisikan dengan biji mahoni dan hanya bisa diredam dengan rasa kecut dan alternatifnya ialah sinom. Cirinya sangat mudah, Pohon berbentuk semak kecil dengan tinggi sekitar setengah meter, daun kecil memanjang dan bunga kecil berwarna putih keunguan. Sambiloto banyak didapat dipekarangan dan tanah kering berpasir.

Dibalik semua manfaat baik, pastinya ada kandungan zat alami yang memicu kinerja tubuh menjadi lebih normal. Dan kandungan yang bisa ditemukan dari sambiloto diantaranya Kalsium, Kalium, damar, flavonoida, laktone dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah yang menjadi topik dari pembahasan ini ialah Apa saja Khasiat Sambiloto Bagi Kesehatan? Untuk menjawab hal tersebut, berikut ini kami sudah merangkum penjelasan singkat yang mungkin bisa membantu dalam menambah wawasan seputar tanaman obat dari Daun Sambiloto. Yuk lanjut saja membaca!

Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan :
  1. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan air seni.
  2. Bersifat Antipretik yang mampu menurunkan panas atau demam.
  3. Mencegah peradangan / pembengkakan.
  4. Mengatasi masalah perut seperti sakit, mules, kembung, dll.
  5. Terapi untuk diabetes mellitus (kencing manis).
  6. Menetralkan racun dengan meningkatkan kinerja organ hati.
  7. Menurunkan Hipertensi / Tekanan darah tinggi.
  8. Menurunkan kadar gula darah melancarkan sirkulasi darah.
  9. Mengobati tifus.
  10. Mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  11. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  12. Mengatasi penyakit kulit seperti gatal-gatal dll.
  13. Obat alami untuk sakit gigi dan radang gusi.
  14. Mencegah infeksi
  15. dll.
Untuk penggunaan, sobat tidak perlu langkah rumit untuk membuat ramuan dari sambiloto. Dengan racikan yang pas serta tambahan bahan yang tepat, maka hasil yang didapat akan lebih maksimal. Apa saja bahan untuk pembuatan jamu sambiloto? Nah untuk hal ini, komposisi yang diperlukan diantaranya berupa 1 genggam daun sambiloto, 5 rimpang temulawak, garam dapur secukupnya. Selanjutnya tinggal cuci bersih semua bahan dan dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Rebus dengan menambah 2 gelas air hingga mendidih. Masukkan garam dan diamkan sejenak hingga hangat. Untuk mengkonsumsi tinggal disaring dan dapat diminum sehari sekali dengan porsi 1 gelas perkonsumsi.

Demikianlah artikel seputar Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan. Semoga bisa berguna dan membantu sobat yang membutuhkan!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter