-->

Manfaat Dan Khasiat Krokot Bagi Kesehatan

[ Manfaat Dan Khasiat Tanaman Krokot ] - Jika sobat hidup didesa, mungkin tanaman yang satu ini sudah tidak asing dan mungkin menjadi pemandangan sehari-hari ketika menapaki jalan. Tentunya masih dalam klasifikasi kerajaan plantae, rumput liar yang dianggap gulma ini menjadi pengganggu tumbuhnya tanaman seperti jagung dan padi, karena pada musim itulah rumput ini banyak ditemukan. Dengan nama latin Portulaca Oleraceae, nama panggilan lai yang bisa diketahui ialah Reserean, Gelang biasa dan masih banyak lagi yang lainnya, tergantung dari wilayah masing-masing.

Ciri dan Deskripsi Sepintas Tanaman Krokot :
Habitatnya banyak ditemukan pada pematang sawah, pinggir jalan, ladang dan bahkan tumbuh subur ditengah tanaman padi dan jagung. Kebanyakan dari masyarakat memanfaatkan rumput ini sebagai pakan ternak namun kurang begitu disukai sebab membuat sapi atau kambing menjadi mencret jika terlalu banyak. Batang dari tanaman berwarna merah keunguan sedikit menjalar, daun tebal berwarna hijau serta bunga berwarna kuning. 
Manfaat Dan Khasiat Krokot Bagi Kesehatan
Banyak juga dari kalangan masyarakat yang paham menjadikan korokot sebagai sayur lalapan dengan cita rasa agak asin dan asam namun teksturnya sangat lembut sehingga mampu menambah selera makan. 

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan gizi pada rumput krokot? Senyawa atau kimia tersebut berupa Tanin, Fosfat, Serta gizi berupa Magnesium, Zat besi, Kalsium, Potassium, Mangan, Sodium, Alumunium, dan lain-lainnya. Oleh karena semua kandungan tersebut, gulma krokot ini mempunyai fungsi farmakologi atau sebagai alternatif pengobatan tradisional.

Manfaat Dan Khasiat Krokot Bagi Kesehatan :
  1. Mengobati disentri
  2. Menyembuhkan wasir atau ambeien.
  3. Memperlancar sistem pencernaan (Sembelit/BAB, dan Peluruh kencing).
  4. Bersifat sebagai penenang.
  5. Tonik.
  6. Mencegah tekanan darah tinggi / Hipertensi.
  7. Melancarkan sirkulasi / peredaran darah.
  8. Menguatkan gigi dan tulang.
  9. dll.
Untuk cara konsumsi, tanaman krokot bisa dijadikan lalapan, atau sayur yang dikuah dan juga dijadikan botok. Dan cara memasak yang tepat ialah dengan cara ditumis seperti layaknya sayur kangkung. Namun alternatif lain juga bisa sobat lakukan yaitu dengan membuat jamu dari tanaman krokot.

Bahan yang dibutuhkan :
# Sediakan sekitar 1 genggam rumput krokot.
# 3 rimpang temulawak.
# 1 ibu jari jahe.

Cara pengolahan :
# Cuci bersih semua bahan kemudian ditumbuk hingga halus.
# Rebus dengan menambah air sekitar 2 gelas (secukupnya) hingga mendidih.
# Tambahkan sedikit garam.
# Saring dan jamu krokot siap diminum.
# Porsi bisa meminum 1 gelas dalam 1x konsumsi sehari sekali.

Penambahan temulawak dan jahe guna menunjang khasiat jamu agar lebih maksimal. Temulawak mampu menambah selera makan serta jahe memberi kesan hangat bagi tubuh.

Demikianlah bahasan singkat tentang Manfaat Dan Khasiat Krokot Bagi Kesehatan. Jangan lupa baca juga artikel lain kami yang lebih menarik dibawah. Selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter