-->

Tanaman Cabe Jawa dan Manfaatnya

Tanaman Cabe Jawa dan Manfaatnya - Cabe jawa merupakan salah satu tanaman obat sekaligus bisa dijadikan tanaman hias dengan menggunakan media tanam pot. Bentuk dan perawakan hampir sama dengan pohon sirih, namun cabe jawa tidak menjalar begitu tinggi dan lebih tumbuh dengan cara membentuk semak dan bergerombol. Tentunya masih dalam cakupan klasifikasi kerajaan plantae, Cabe jawa mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Piper retrofractum. Da berbagai nama panggilan daerah diantaranya : Cabe jamu, Cabai jawa, Lada panjang dan lain-lainnya.

Ciri-ciri / Deskripsi tanaman :
Cabe jawa merupakan suku dari sirih-sirihan dengan pohon menjalar atau merambat. Daun menyerupai sirih namun aroma kalah dengan sirih pada umumnya dan ciri daun bulat telur agak lonjong. Buah memanjang bergerigi dengan warna hijau(muda) dan merah(tua) serta berubah hitam jika sudah kering. Biji kecil dan termasuk salah satu cara untuk mengembangbiakkan. Untuk lebih ringkasnya, silahkan cek gambar dibawah!
Tanaman Cabe Jawa dan Manfaatnya
Tanaman Cabe Jawa dan Manfaatnya
Banyak dari kalangan masyarakat menggunakan cabe jawa sebagai bahan untuk obat tradisional atau jamu herbal. Jamu ini dikenal dengan cabe puyang yang mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penasaran dengan Tanaman Cabe Jawa dan Manfaatnya? Berikut kami merangkumnya sesingkat mungkin :
  1. Obat alami untuk masuk angin (meriang dan demam).
  2. Mengatasi nyeri pada penderita rematik dan nyeri otot.
  3. Menyembuhkan sakit perut atau penyakit yang bermasalah dengan lambung.
  4. Memperlancar sirkulasi atau peredaran darah.
  5. Obat herbal untuk anemia / kurang darah.
  6. Mengobati beri-beri.
  7. Obat herbal lemah syahwat (khusus pria).
  8. Memperlancar sistem pernafasan (Asma/sesak nafas).
  9. Menyembuhkan kolera serta bronkitis.
  10. Berkemampuan untuk menyembuhkan flu atau pilek (influenza).
  11. Menghilangkan pusing / pening / migrain.
  12. dll.
Rasa dari jamu cabe jawa agak sedikit pedas sehingga mampu memberi kesan hangat atau menghangatkan tubuh. Cabe jawa bagus untuk mengobati perut kembung atau begah. Serta mampu memperlancar keluarnya keringat (peluruh keringat).

Untuk resep dan cara meracik, sobat bisa baca artikel kami sebelumnya yaitu : Manfaat dan Khasiat Serta Cara Pembuatan Jamu Cabe Puyang

Mungkin sekian dulu postingan kami kali ini tentang Tanaman Cabe Jawa dan Manfaatnya. Semoga membantu dan tentunya bermanfat bagi yang membutuhkan. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lain ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter