Penyakit Lupus Gejala dan Penyebabnya

Penyakit Lupus ialah sejenis penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem imun yang seharusnya melindungi, malah terbalik menyerang dan menyebabkan penderita menjadi terkena gejala dari ganguan sistem tersebut. Dan hal ini tentunya sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Secara ilmu kedokteran, Lupus dikenal dengan sebutan Autoimune. Dan terbagi menjadi Eritematosus Sistemik (SLE) atau yang juga disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE).

Nah kami berbagi mengenai artikel penyakit lupus ini dikarenakan muncul beberapa pertanyaan yang menjadi motivasi bagi kami untuk menulisnya dalam blog sederhana ini. Pertanyaan tersebut diantaranya :
Penyakit Lupus Gejala dan Penyebabnya
Penyakit Lupus Gejala dan Penyebabnya
Apa saja Penyebab penyakit Lupus :
Jika dilansir dari Wikipedia Bahasa Indonesia, Penyebabnya bisa diketahui dan dapat terjadi dalam 2 faktor, salah satunya ialah : Faktor keturunan (Internal) yang merupakan jenis penyakit turunan yang mungkin dibawa oleh genetik sejak lahir. Alangkah baiknya jika sobat menanyakan pada sanak keluarga jika mengalami hal aneh terjadi pada perubahan tubuh. Faktor kedua ialah Eksternal, hal mencakup seperti : Stres berlebihan, Penggunaan obat antibiotik, Sinar ultraviolet dari matahari dan lampu, serta obat-obatan yang berbahan dasar sulfa.

Apa saja Ciri-ciri / Gelaja yang disebabkan Penyakit Lupus ?
Jika diamati secara seksama dan membaca dari beberapa sumber, disini kami dapat menyimpulkan beberapa gejala yang mungkin muncul pada saat sobat mengalami penyakit lupus. Berikut rinciannya :
  1. Tubuh menjadi lemah.
  2. Badan cepat mengurus atau kehilangan berat badan dengan cepat.
  3. Tubuh panas atau demam.
  4. Sesak nafas.
  5. Depresi, Stres, gelisah.
  6. Rambut menjadi rontok.
  7. Terjadi pembengkakan atau radang pada mulut.
  8. Timbul ruam / bintik-bintik pada wajah.
  9. Mata mengering.
  10. Menjadi pelupa.
  11. Luka menjadi tambah parah ketika terkena paparan matahari.
  12. dll.
Apakah Penyakit Lupus Menular?
Meski dibilang penyakit berbahaya serta mematikan, tidak ada yang bisa membuktikan bahwa penyakit ini bisa menular meski sobat melakukan hubungan khusus dengan penderita penyakit ini. Sehingga boleh dibilang penyakit ini memang dikhususkan untuk satu orang saja dikarenakan olahnya sendiri terhadap penggunaan obat dan juga pola hidup yang kurang sehat.

Apa Penyakit Lupus bisa Disembuhkan ?
Belum ditemukan secara khusus untuk obat penyakit yang satu ini, namun untuk mengatasi hal-hal yang ditimbulkan, masih ada alternatif yaitu seperti pengobatan ruam, bengkak, atau gangguan organ lain yang terjadi dalam tubuh. Dalam hal ini sobat harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa diambil langkah penanganan yang tepat.

Bagaimana Cara Pencegahan Penyakit Lupus?
Sebenarnya langkah pencegahan ini merupakan suatu teguran bagi kita untuk lebih menerapkan gaya hidup yang sehat serta susuai. Dan hal itu bisa sobat lakukan dengan :
  1. Hindari terkena paparan langsung sinar matahari atau lampu yang mengandung ultraviolet.
  2. Hindari stres dengan liburan, santai dan jangan terlalu diforsir mengenai pekerjaan dan lain-lainnya. Intinya jangan jadikan kinerja otak menjadi berat.
  3. HIndari merokok atau asap serta polusi yang berlebihan.
  4. Jaga asupan gizi jangan sampai sistem imun dalam tubuh kita berlebih. Tanyakan pada dokter makanan apa saja yang kandungan nutrisinya dibutuhkan oleh tubuh. Intinya jangan sampai porsi keseharian kita berlebih.
  5. Olahraga rutin dan jaga pola hidup sehat dengan perbanyak gerak.
  6. dll.
Mungkin itu saja artikel singkat mengenai Penyakit Lupus Gejala dan Penyebabnya. Semoga mampu menjawab semua pertanyaan serta keingintahuan yang sedang sobat cari. Untuk informasi serupa, silahkan cek juga postingan kami yang lain dengan melihat related post dibawah!

Contact Form

Name

Email *

Message *