Manfaat Pohon Kepuh Untuk Kesehatan

Manfaat Pohon Kepuh Untuk Kesehatan - Salah satu tanaman yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah Sterculia foetida  ini merupakan tumbuhan yang banyak didapat dipinggiran sungai dan juga ditengah taman pemakaman. Oleh sebagian masyarakat, tumbuhan ini dibilang sangat angker, sebab tempat tumbuhnya kebanyakan pada tempat tak layak seperti yang sudah disebutkan diatas. Berbagai nama panggilan untuk berbagai daerah sangat bermacam yang salah satunya ialah : Jangkang / klumpang (Jawa), Klompang (Madura), Bungoro (Makasar) dan Tentunya dikenal sebagai pohon kepuh untuk bahasa Indonesia.

Ciri-ciri / Deskripsi tanaman :
Pohon perdu dengan ketinggian yang mencapai sekitar hingga 40m lebih. Ukurannya sangat besar dan bahkan ada yang sampai berumur tahunan. ulit pohon berwarna cokelat dengan garis halus seperti kulit pohon mangga namun postur lebih halus. Daun hijau memanjang, mengkilap, berjari seperti daun singkong. Dan buahnya seperti buah gayam namun berubah menjadi merah pada saat sudah tua dan matang. Bunga bebau tidak sedap sedangkan biji berwarna abu-abu namun pada kulit yang membungkus daging biji berwarna hitam mengkilam agak keras. Daging biji terasa seperti kacang namun lebih berminyak.
Manfaat Pohon Kepuh Untuk Kesehatan
Manfaat Pohon Kepuh Untuk Kesehatan
Nah kembali pada topik bahasan yaitu mengenai Apa saja Khasiat tanaman kepuh ini untuk kesehatan. Meski dibilang angker dan menakutkan, ternyata daun dari pohon ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Sobat penasaran? Berikut rincian singkat mengenai Manfaat Pohon Kepuh Untuk Kesehatan :
  1. Sebagai sampo alami atau pembersih rambut.
  2. Berkemampuan untuk menurunkan demam.
  3. Sebagai obat tapal untuk terkilir dan patah tulang.
  4. dll.
Dari beberapa daftar fungsi kepuh bagi kesehatan tersebut, ada resep dan cara menggunakannya sebagai obat tradisional. Ramuan tersebut sangat sederhana dan tidak butuh langkah rumit. Jika hanya untuk dijadikan obat tapal, sobat hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun kemudian dihaluskan. Tapalkan pada area tubuh yang sakit. Tunggu hingga kering kemudian cuci bersih dan menggantinya dengan yang baru.
Namun ada sedikit pantangan juga untuk kaum ibu yang sedang hamil atau mengandung. Sangat dilarang atau bahkan jangan coba-coba mengkonsumsi jamu dari bahan kepuh tersebut sebab mampu mengganggu kehamilan, kelainan dan bahkan terburuknya ialah keguguran. Jadi, hati-hati dalam memilih jamu.
Mungkin itu saja yang mampu kami sampaikan tentang Manfaat Pohon Kepuh Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan membantu menambah wawasan atau pengetahuan mengenai tanaman obat yang terdapat pada lingkungan sekitar. 

Contact Form

Name

Email *

Message *