-->

Manfaat Ketepeng Cina Untuk Kesehatan

Manfaat Ketepeng Cina Untuk Kesehatan - Salah satu tanaman obat yang akan kita bahas kali ini ialah ketepeng cina yang mempunyai banyak sekali nama panggilan berbeda pda setiap wilayahnya. Salah satu diantara beberapa nama tersebut diantaranya ialah : Daun kupang, Daun kurap, Gelenggang, Conconan, dan juga nama latin atau ilmiah dengan sebutan Senna alata. Masih dalam klasifikasi kerajaan plantae, Ketepeng merupakan tumbuhan yang diduga berasal dari Amerika Tropis dan mampu tumbuh pada daerah yang mempunyai iklim sedang yang salah satunya ialah Indonesia. Dari berbagai kandungan senyawa kimia yang terdapat didalamnya, ketepeng ini terbukti ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit khususnya yang berhubungan dengan kulit,. Oleh karena itu, untuk menyempurnakan informasi yang akan kami bagikan ini, maka berikut beberapa ringkasan atau cuplikan singkat mengenai Khasiat Ketepeng (gelinggang ) bagi kesehatan.

Ciri / Deskripsi :
Pohon perdukecil hamir sama dengan semak, daun lonjong hampir sama dengan daun kacang tanah dan bunga berwarna kuning keemasan. Ketinggian pohon mencapai sekitar kurang lebih 4m dan ketepeng ini bisa didapat dengan mudah biasanya didaerah pedesaan serta dimanfaatkan untuk pagar. 
Manfaat Ketepeng Cina Untuk Kesehatan
Manfaat Ketepeng Cina Untuk Kesehatan
Namun yang jadi pembahasan kali ini ialah : Apa saja kandungan kimia pada ketepeng cina? Memang tidak banyak sih, tapi diantara kandungan yang bisa sobat ketahui diantaranya : Asam krisofanat, Rein aloeemodina, Rein aloeemodina diantron, Dan Tanin.

Manfaat Ketepeng Cina Untuk Kesehatan :
  • Mengatasi masalah penyakit kulit seperti : Panu, Kadas, Kurap, eksema, Gatal-gatal, dll.
  • Memperlancar sistem pencernaan / mengatasi sembelit.
  • Mengeluarkan cacing dalam tubuh (cacing kremi).
  • Obat alami untuk sariawan.
  • DLL.
Cara penggunaan :
Bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan ialah pada daunnya, sebab kandungan kimia yang dimaksud diatas terdapat pada daun tersebut. Dan bagaimana cara mengolah agar ketepeng cina bisa digunakan?

Untuk Obat Luar :
Siapkan daun ketepeng cina secukupnya, cuci bersih dan haluskan. Selanjutnya balurkan pada kulit yang ingin diobati dan jangan lupa menggunakan alat plastik atau yang lainnya. Intinya jangan disentuh dengan kulit langsung (hal ini berguna menghindari warna yang pekat dan agak sulit dihilangkan).

Untuk Obat konsumsi :
Siapkan sekitar 6-7 lembar daun ketepeng, haluskan dan rebus dengan 500cc air. Tambahkan sedikit garam dapur dan minum selagi hangat.

Untuk Sariawan :
Kunyah daun ketepeng cina seperti halnya mengunyah kapur sirih. Diamkan sejenak dan kumur-kumur.

Demikianlah keterangan singkat tentang Manfaat Ketepeng Cina Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan tentunya berguna bagi orang banyak. Mengenai kurang lebihnya silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter