-->

Manfaat Daun Dan Bunga Tapak Kuda Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Dan Bunga Tapak Kuda Untuk Kesehatan - Tanaman Obat yang akan kami bahas kali ini masih tetap dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah dengan sebutan Ipomoea pes-caprae. Beberapa nama daerah yang mungkin sobat kenal diantaranya : Daun katang (Melayu), Deun Tang-katang (Madura), Batara Pantai (Manado), Leleri (Makasar), dan lain-lainnya. Jika dilihat dari lokasi tumbuhan ini hidup, mungkin sobat tidak akan mengira bahwa Tapak kuda ini berkhasiat sebagai obat.

Ciri-ciri / Deskripsi Tanaman :
Hidup dipinggir rawa dan pantai, batagnya melilit atau merambat pada pohon disekitarnya, Daunnya oval/bulat telur serta meruncing pada bagian ujung. Bunganya berwarna ungu, majemuk hampir sama dengan bunga sepatu pada kelopaknya. Untuk lebih ringkasnya, silahkan cek cuplikan gambar dibawah!
Manfaat Daun Dan Bunga Tapak Kuda Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Dan Bunga Tapak Kuda Untuk Kesehatan
Meski memiliki perawakan yang sederhana, tanaman bunga ini sangat baik kandungannya untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Sehingga mungkin sobat bisa menjadikan katang-katang ini sebagai alternatif untuk pengobatan tradisional. Penasaran dengan Manfaat Daun Dan Bunga Tapak Kuda Untuk Kesehatan? Berikut rinciannya :
  1. Sebagai antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh.
  2. Obat pencahar atau pencuci perut alami.
  3. Mengatasi masalah mengenai astringen.
  4. Sebagai penyejuk (Baik untuk dehidrasi dan sariawan).
  5. Mengobati bengkak air (Oedema).
  6. Memperlancar dan menjaga kinerja ginjal.
  7. Memperlancar saluran kemih (Peluruh kencing).
  8. Mempercepat penuaan bisul.
  9. Memberi tenaga dan mengatasi lemah, lelah, letih dan kelesuan.
  10. Sebagai obat kejang dan kram.
  11. Mengobati bengkak akibat disengat ubur-ubur.
  12. dll.
Langkah selanjutnya ialah mengenai bagaimana cara mengolah dan menggunakan katang-katang tersebut untuk obat. Namun sobat jangan khawatir, sebab disini kami juga menyertakan resep serta komposisi yang pas untuk ramuan jamu dari Tapak kuda ini.

Bahan : Siapkan masing-masing 1 genggam daun, akar dan bunga katang-katang.
Pengolahan : Tumbuk kasar bahan sesudah dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air. Selanjutnya saring dan diminum dalam keadaan hangat tiap sore hari.

Nah itu saja artikel kami tentang Manfaat Daun Dan Bunga Tapak Kuda Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Sekian dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter