-->

Manfaat Bunga Merak Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Merak Untuk Kesehatan - Kembang atau bunga merak merupakan salah satu tanaman yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah Caesalpinia pulcherrima. Tumbuhan bunga ini diduga berasal dari Asia dan Afrika. Dan dibalik cantiknya warna serta indahnya bentuk dari kembang, ternyata juga menyimpan khasiat cukup baik bagi kesehatan kita. Sehingga bisa dijadikan bahan alternatif untuk obat herbal atau jamu tradisional yang memiliki kemampuan menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Ciri-ciri / Deskripsi tanaman :
Tumbuhan perdu dengan ketinggian pohon hingga 4m, batang halus bercabang banyak dengan kulit pepagan berwarna putih. Daun majemuk menyirip lonjong dengan warna hijau muda, bunga juga majemuk dengan warna merah bercampur dengan kuning. Buanya merupakan kacang plong dengan warna biji hitam. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat cek gambar dibawah!
Manfaat Bunga Merak Untuk Kesehatan
Manfaat Bunga Merak Untuk Kesehatan
Kembali pada topik bahasan seperti yang tertera pada judul, beberapa kandungan senyawa kimia pada Kembang merak diantaranya : Alkaloid, Kalsium Oksalat, Glukosa, Benzoic Acid, Gallic Acid, Lumbagol, Resin, Tanin, Zat merah, Zat samak, Saponin, Tanin dan Plumbagin. Kandungan senyawa ini bisa didapat dari Pepagan, daun dan kuncup bunga dari bunga merak.

Manfaat Bunga Merak Untuk Kesehatan :
  1. Mengatasi Mata merah.
  2. Obat alami untuk sariawan.
  3. Memperlancar Haid atau datang bulan.
  4. Menghentikan diare.
  5. Menyembuhkan kejang panas anak.
  6. Mengobati begah / perut kembung dengan mengeluarkan angin.
  7. dll.
Resep dan Cara menggunakan :
Ambil kulit atau pepagan dari kembang merak kemudian dihaluskan dan direbus, tambahkan sedikit garam dapur kemudian saring dan diminum sehabis makan. Sedangkan penggunaan pada anak-anak, sobat bisa menambahkan rimpang kunyit dalam pengolahan tersebut. Namun dilarang keras untuk ibu hamil meminum jamu dari kembang merak ini, sebab ditakutkan ada gangguan pada kehamilan atau akibat terburuknya bisa keguguran.

Selain difungsikan sebagai obat herbal, sebagian masyarakat juga memanfaatkan kembang merak sebagai pengusir serangga.

Nah mungkin itu saja bahasan kami tentang Manfaat Bunga Merak Untuk Kesehatan. Untuk informasi lain, silahkan sobat cek related post dibawah. Terima kasih dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter