-->

16 Manfaat Dan Khasiat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Bunga Pepaya mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu disini kami akan memabahas secara ringkas, padat namun mudah dimengerti oleh sobat pembaca.

Buah pepaya mempunyai nama latin dengan sebutan Carica Papaya, hal ini tentunya sudah sobat ketahui pada postingan kami sebelumnya. Jadi untuk sekedar klasifikasi, disini kami tidak akan bahas ulang. Beranjak pada bahasan manfaat bunga pepaya, sebenarnya kalangan masyarakat desa sudah memaksimalkan fungsi dari bunga ini sejak lama dan bahkan menjadi salah satu resep dalam pembuatan jamu tradisional. Hal itu tentunya tidak luput dari bahan pendamping lain seperti Temulak, Temu ireng, Dan jenis daun-daunan herbal lain yang bisa kita dapat pada lingkungan sekitar.
Manfaat Dan Khasiat Bunga Pepaya
Manfaat Dan Khasiat Bunga Pepaya
Sebelumya kami sudah mengupas mengenai bahasan seputar pohon pepaya. Jika sobat penasaran, alangkah baiknya jika membacanya terlebih dahulu :
Khasiat bunga pepaya tentunya tidak lepas dengan kandungan gizi atau nutrisi didalamnya. Hal itu sudah terbukti dalam lingkungan masyarakat yang menjadikan bunga pepaya ini sebagai menu sayur yang kaya akan vitamin serta mineral dengan rasa yang lumayan unik dan mengundang selera makan berlebih. Diantara kandungan tersebut diantaranya : Energi, Karbohidrat, Lemak, Fosfor, Kalsium, Protein, Vitamin A, B1, C dan Zat besi.

Nah, Apa saja Khasiat Dan Manfaat Bunga Pepaya ? Yuk kita baca rangkuman dibawah ini!
  1. Sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
  2. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dan mencegah penggumpalan.
  3. Menambah selera makan.
  4. Mengatasi masalah pencernaan.
  5. Penurun berat badan alami.
  6. Obat herbal untuk diabetes.
  7. Mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  8. Mencegah stroke dan serangan jantung.
  9. Menyembuhkan anemia / kurang darah.
  10. Mengatasi lemah, letih, lesu dan tidak mudah capek.
  11. Menjaga kekuatan tulang dan gigi.
  12. dll.
Bagaimana cara mengolah Bunga pepaya agar bisa dikonsumsi? Sebenarnya ada 2 cara dalam penggunaan bunga yang kaya akan khasiat ini. Pertama bisa dijadikan sayur, kedua yaitu diolah menjadi minuman sehat tradisional. Dan untuk resep jamu bunga pepaya, berikut beberapa bahan yang perlu sobat persiapkan :
  • 5 rimpang temulawak.
  • 1 genggam bunga pepaya segar.
  • 1 genggam daun mimba (jika ada).
  • 1 sendok garam dapur.
Cuci bersih dan haluskan semua bahan dengan cara ditumbuk. Rebus dengan air 600cc hingga mendidih dan masukkan garam. Diamkan sejenak kemudian disaring dan diminum selagi hangat. Jamu ini bisa diminum 2 kali sehari sehabis makan. (Kami anjurka di sore dan malam hari sebelum tidur).
Demikianlah Artikel singkat mengenai 16 Manfaat Dan Khasiat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan, semoga bisa membantu dan menambah wawasan para sobat pembaca semua. Terima kasih sudah berkunjung!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter