-->

15 Jenis Bunga Yang Mempunyai Khasiat Obat

15 Jenis Bunga Yang Mempunyai Khasiat Obat - Pada artikel kali ini kami akan mengambil sebuah bahasan yang banyak dipertanyakan oleh kalangan masyarakat. Dan disini kami akan mengupas sedikit mengenai beberapa Manfaat bunga yang mungkin ingin sobat ketahui. Apa ada tanaman hias yang berkhasiat obat? Terus bunga apa saja yang mempunyai kemampuan tersebut? Nah pertanyaan inilah yang mendorong kami untuk berbagi mengenai bahasan yang dimaksud.

Mungkin sobat hanya mengetahui bahwa bunga hanya untuk hiasan rumah saja. Namun pemikiran tersebut boleh dibilang salah, sebab dari kesemua jenis bunga atau kembang yang ada pada lingkungan sekitar, juga memiliki kemampuan dalam menyembuhkan dan mengobati berbagai jenis penyakit. Jadi intinya disini adalah : Tidak putus pada jenis rimpang atau pohon saja, melainkan bunga juga terbukti bisa mengatasi penyakit. Sobat penasaran? Berikut sudah kami rangkum tentang 16 Jenis Bunga Yang Mempunyai Khasiat Obat :

Bunga ini merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Beberapa kandungan senyawa kimia didalamnya ialah : Antosianin, Asam Amino, Aparajitim, Kaempfirol, Arabinos, Asam linoleat, Asam stearik beta-sitosterol, Flavonoid, Klitorin, Lakton, Lisin, Oligosakarida, Xilos, Protein, Ramnos, dan Tematin. Dari semua kimia alami diatas, kami menyimpulkan mengenai Manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Yaitu : Mengatasi mata merah karena penyakit dan iritasi, Melancarkan BAB, Sebagai diuretik (peluruh kencing), Mempercepat pematangan bisul, Menyembuhkan penyakit kulit, Melancarkan menstruasi atau telat datang bulan dan Menghaluskan wajah dan mengobati jerawat.

2. Kembang Torong
Bunga ini mempunyai bentuk yang sangat unik dan bahkan mungkin yang paling mudah didapatkan. Merupakan tanaman pagar dengan klasifikasi kerajaan plantae dan mempunyai nama latin atau ilmiah Hippeastrum sp. Kandungan kimia didalamnya yaitu : Saponin, Flavonoida, dan Polifenol dan berfungsi untuk : Meringankan Gejala sakit pada tenggorokan, Menyembuhkan radang atau pembengkakan pada leher.


3. Bunga Lonceng Cina
Mempunyai warna bunga cukup cantik yaitu ungu dan klasifikasinya dalam kerajaan plantae. Memiliki nama latin atau ilmiah Platycodon grandiflorus. Serta diduga berasal dari Asia Timur. Manfaat kembang Lonceng cina ini boleh dibilang sangat banyak dan beberapa diantaranya ialah : Sebagai Alternatif obat alami untuk batuk, Obat anti melepuh (pas buat sobat yang kulitnya terbakar), Obat batuk yang ampuh untuk mengeluarkan dahak dan Menurunkan demam / panas.

4. Bunga Srigading
Jenis yang satu ini mempunyai aroma sangat harus serta khas. Dengan mash dalam klasifikasi kerajaan plantae, Srigading mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Nyctanthes arbor-tristis. Dan Manfaatnya untuk kesehatan ialah : Menjaga sistem imun tubuh / Daya tahan terhadap penyakit, Mencegah tubuh terserang virus, Mengatasi penyakit kulit / anti jamur, Mengobati cacingan, Melindungi hati, dan Menjaga tubuh tetap fit.


5. Bunga Tapak Dara (Catharanthus roseus)
Tanaman hias cukup dikenal dan sangat familiar. Kandungan didalamnya berupa Ajmalicine, akuammine, Tetrahydroalstonine, Vindoline, Vindolinine, Lochnerine, Vincamine, Vinleurosin, Leurosine, Norharman, Vinrosidin, Vincristine, Vinblastine, reserpine, Serpentine dan Catharanthine. Serta manfaatnya ialah : Obat terapi alami untuk leukimia, Mengatasi penyakit Hidgkin. Dan efek samping berupa : Perut menjadi mual dan muntah, Berhalusinasi / bersifat halusinogen, Tubuh menjadi demam, Tidak punya daya atau tenaga, Tubuh terbaring koma, Kehilangan refleks tendon tubuh dan Yang paling parah yaitu kematian.

6. Bunga Pacing (Costus spicatus)
Tanaman hias sekaligus apotik hidup ini mempunyai kandungan berupa saponin dan juga racun. Dan manfaat yang bisa didapat untuk kesehatan adalah : Menurunkan demam / panas tubuh, Mencegah dan mengatasi kejang, dan Sebagai shampo atau pembersih rambut alami.







7. Bunga Jotang (Acmella paniculata)
Kembang ini berasal dari Asia Tenggara dan juga Amerika Selatan. Berupa semak kecil serta kemapuannya untuk menyembuhkan penyakit diantaranya : Menyembuhkan sariawan dan menghilangkan bau mulut, Mengatasi bibir pecah-pecah dan kering, Melegakan sistem pernafasan / obat alami sesak nafas, dan Mengobati sakit gigi serta nyeri yang ditimbulkan.



8. Lidah Mertua (Sansevieria)
Kegunaan lain yaitu untuk memperindah ruangan serta menyerap karbondioksida pada lingkungan sekitar. Kandungan senyawa kimia didalamnya berupa : Polifenol, Saponin, Abamagenin, dan Kardenolin. Serta bermanfaat untuk : Menyuburkan tumbuhnya rambut, Obat alami untuk wasir atau ambeien, Menghentikan batuk, Mencegah tumbuhnya kanker, Mengobati Diabetes Mellitus (kencing manis), Sebagai antibiotik, Mengurangi tekanan darah tinggi (Hipertensi), Menyembuhkan flu / pilek, dan Mempercepat penyembuhan luka akibat gigitan ular, kalajengking.

9. Bunga Merak (Caesalpinia pulcherrima)
Bunga ini berasal dari Asia dan juga Afrika. Mempunyai kandungan kimia berupa : Alkaloid, Kalsium Oksalat, Glukosa, Benzoic Acid, Gallic Acid, Lumbagol, Resin, Tanin, Zat merah, Zat samak, Saponin, Tanin dan Plumbagin. Serta berkemampuan mengobati berbagai penyakit diantaranya : Mengatasi Mata merah, Obat alami untuk sariawan, Memperlancar Haid atau datang bulan, Menghentikan diare, Menyembuhkan kejang panas anak, dan Mengobati begah / perut kembung dengan mengeluarkan angin.

10. Bunga Senggani (Melastoma 
Senggani tergolong dalam tanaman hias yang berkemampuan untuk menyembuhkan penyakit. Dibalik cantiknya warna yang diberikan, khasiat obat didalamnya berfungsi untuk : Sebagai diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan air seni (Peluruh kencing), Mempunyai kemampuan analgetik yang ampuh untuk meredakan rasa sakit, Menyembuhkan radang atau pembengkakan, dan Menghambat dan menghentikan pendarahan.


11. Bunga Passiflora (Passiflora L)
Banyak sekali manfaat sehat pada tanaman ini, diantaranya : Mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan, Obat penenang yang mampu mengurangi gugup dan rasa cemas, Mengatasi Insomnia atau penyakit susah tidur, Obat asma yang berkamampuan untuk memperlancar sistem pernafasan, Menjaga kinerja jantung, Mempercepat peneymbuhan luka, Bersifat analgetik yang bagus untuk meredakan nyeri, Terapi untuk ketergantungan narkoba, Mengatasi radang atau pembengkakan, Membantu penyembuhan penyakit kejang dan syaraf, dan Menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

12. Bunga Tasbih (Canna Lily / Canna Indica)
Bunga ini berasa dari Amerika dan sangat bagus untuk kesehatan seperti : Melancarkan sistem saluran kencing (peluruh kencing), Bersifat menyejukkan, Menurunkan panas atau demam, Bersifat menenangkan (obat penenang alami), Melancarkan peredaran darah (sirkulasi darah), Mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi, danMengatasi gejala keputihan.


13. Bunga Alamanda (Pleurotus ostreatus)
Salah satu alternatif obat alami ini berguna untuk : Menyembuhkan radang atau pembengkakan pada limfa, Mencegah hepatitis atau penyakit kuning, Sebagai antibiotik, Bersifat sebagai anti bakteri,  dan Menyembuhkan komplikasi karena malaria.





14. Bunga Melati (Jasminum officinalle
Memiliki banyak nama panggilan daerah dan juga khasiat bagi kesehatan seperti : Mengurangi pembengkakan gusi, Obat kumur untuk bau mulut dan sariawan, Menurunkan demam / panas, Mencegah peradangan pada paru-paru, Obat asma alami, Melancarkan sistem pernafasan, Mempercepat pematangan bisul, Obat penenang alami, Mempercepat penyembuhan luka, Mengatasi patah tulang dan keseleo, Sebagai pembersih wajah alami, dan Menghentikan air susu pada ibu menyusui.

15. Bunga Pukul Delapan (Turnera ulmifolia)
Berasal dari Hindia Barat dan Meksiko. Berkhasiat untuk : Menyembuhkan bengkak atau memar akibat benturan, Mengobati peradangan pada sendi, Mengatasi rematik dan nyeri sendi, dan Sebagai antibiotik alami.





Untuk melihat secara rinci mengenai salah satu bunga yang sudah kami sebutkan diatas, klik nama maka sobat akan dibawa pada artikel khusus yang membahas lebih mengenai Tanaman hias tersebut.

Mungkin itu saja dari kami mengenai 15 Jenis Bunga Yang Mempunyai Khasiat Obat. Semoga bisa bermanfaat! Terima kasih dan jangan lupa di share ya!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter