-->

Obat Sakit Gigi Saat Hamil Alami dan Aman

Obat Sakit Gigi Saat Hamil Alami dan Aman - Sakit Gigi memang menjadi masalah tak terduga yang sering muncul pada siapa saja. Tidak mengenal anak-anak, remaja, dewasa, pria ataupun wanita dan juga tidak terkecuali ibu yang sedang hamil. Penanganan yang berbeda ini harus diperhatikan sebab jika salah takutnya berimbas bagi janin yang sedang dikandung. Oleh karena itu, penggunaan obat harus dikontrol dan bunda juga harus pintar dalam memilih mana yang aman dan bahaya bagi kesehatan bunda sendiri maupun si calon bayi. Niat kami disni sebenarnya sangat sederhana saja, yaitu menjawab beberapa pertanyaan singkat yang sering saja muncul dan dialami oleh ibu yang sedang mengandung.
Obat Sakit Gigi Saat Hamil Alami dan Aman
Obat Sakit Gigi Saat Hamil Alami dan Aman
Kenapa terjadi Sakit Gigi pada ibu hamil?
Jawabannya sangat sederhana saja, mungkin dari faktor kebersihan atau juga faktor lain seperti perubahan hormon pada bunda sehingga menimbulkan sakit dan nyeri pada gigi. Dan oleh karena itu, bunda harus rajin membersihkan atau menyikat gigi secara rutin setiap harinya.

Bagaimana melakukan pencegahan sakit gigi saat hamil?
Terlepas dari keberisihan gigi tersebut, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan guna mencegah sakit gigi pada saat masa kehamilan. Apa saja hal tersebut?
  • Gunakan pasta gigi atau odol yang membuat mulut jadi segar dan juga mengandung floride yang baik.
  • Memeriksakan kesehatan gigi dan gusi secara berkala setiap 6 bulan sekali pada dokter.
  • Pada saat muntah(biasa terjadi saat hamil) usahakan segera berkumur dan membersihkan bekas cairan dan makanan yang keluar dalam mulut.
  • Kurangi makanan yang megandung banyak gula (manis).
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman seperti sayur dan susu, hal ini sangat baik dalam menjaga dan memenuhi kebutuhan kalsium pada gigi.
  • dll.
Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Hal inilah yang perlu bunda terapkan agar kelangsungan masa kehamilan masih tetap terjaga kesehatan secara menyeluruh.

Terus apa saja Obat alami sakit gigi untuk ibu hamil yang aman?
Semua bahan yang alami tentunya juga sangat aman sebab efek tanpa efek samping. Meski ada, sangat jarang sekali dan mungkin sangat mustahil. Untuk daftar obat dan cara menggunakan, berikut rinciannya :
  1. Garam : Bahan ini boleh dibilang sangat ampuh dalam mengurangi nyeri dan mengobati sakit gigi. Cara pemakaian, siapkan setengah gelas air hangat dan masukkan garam dapur sekitar 2 sendok makan. Bunda jangan takut keasinan, sebab air garam ini hanya digunakan sebagai obat kumur yang mempunyai fungsi membunuh bakteri pada gigi.
  2. Bawang Putih : Bumbu dapur ini juga baik untuk meredam sakit gigi. Cara yang digunakan pun bisa dipilih, apa mau dioleskan atau dikunyah. Jika penggunaan luar, potong atau iris bawang putih yang sudah dikupas kemudian oleskan pada pipi (bagian luar yang sakit).
  3. Cengkeh : Sebenarnya sudah tersedia olahan berupa ekstark cengkeh yang banyak terjual, namuan untuk menjaga kealamian, alangkah baiknya membuat langsung ramuan ini. Siapkan 2 sendok cengkeh dan setengah gelas air (sekitar 75cc). Rebus hingga mendidih dan mengental kemudian dengan bantuan kapas (cotton bath), oeeskan pada gigi yang sakit.
  4. Jeruk Nipis : Untuk cara menggunakan peras jeruk nipis kemudian oleskan atau dijadikan obat kumur.
  5. dll.
Sebenarnya bunda juga bisa menggunakan es balok atau obat sakit gigi yang sudah banyak dijual pada warung-warung. Tapi dikonsumsi dalam skala sedikit saja. Jika masih berlanjut baru gunakan dan mencoba bahan yang sudah kami sebutkan diatas. Tapi jika masih saja terasa nyeri dan sakit, segeralah konsultasikan pada dokter gigi.
Demikianlah artikel sederhana mengenai Obat Sakit Gigi Saat Hamil Alami dan Aman. Semoga bisa berguna dan membantu bunda yang sedang membutuhkan. Sekian dan salam sehat selalu.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter