Manfaat Kerokan dan Efek Sampingnya

Manfaat Kerokan - Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kerokan merupakan salah satu pengobatan alternatif yang sudah turun menurun dilakukan oleh kalangan masyarakat. Tak pada kalangan desa saja, melainkan rakyat kota pun menggunakan terapi ini untuk mengobati dan menghilangkan meriang serta masuk angin. Tujuan utama dari kerokan adalah untuk mengeluarkan angin dengan cara menghangatkan permukaan kulit sehingga peredaran darah dalam tubuh lebih lancar. Alternatif ini masih sering digunakan meski jaman yang sudah serba canggih dan banyak obat terjual ditoko-toko atau warung namun masih saja kerokan ini sudah jadi kebiasaan yang secara tidak sengaja diturunkan pada anak cucu kita.
Manfaat Kerokan dan Efek Sampingnya
Manfaat Kerokan dan Efek Sampingnya
Kerokan kadang bisa dilakukan dengan banyak cara dan bahan, namun biasanya lebih menggunakan koin atau uang logam yang mempunyai permukaan halus. Tapi kadang juga bisa menggunakan lidi atau bahan lain yang bisa dijadikan alat kerokan.

Cara kerja dari kerokan adalah bertujuan untuk membuka dan melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah dalam tubuh bisa lebih lancar. Dengan begitu, asupan oksigen dan nutrisi yang didapat lebih banyak dan mampu melepas zat yang membuat kita jadi pegal pegal. Karena zat yang membuat pegal tersebut sudah dinetralkan, maka hasil yang didapat akan mampu menyembuhkan sakit atau nyeri yang di akibatkan oleh masuk angin.

Untuk Cara Menerapkan Silahkan sobat ikuti langkah-langkah berikut ini!
  • Siapkan koin atau uang logam yang mempunyai permukaan halus (Kami sarankan menggunakan uang koin 500 kuning)
  • Siapkan minyak tanah (biasa digunakan masyarakat desa) atau juga campuran minyak goreng, balsem dan lotion. Tiga bahan ini lebih aman dan mencegah luka atau goresan yang mungkin terjadi pad kulit.
  • Untuk proses kerokan, usahakan melakukan pada ruas tulang, bisa diraba dulu sebelum melakukan.
  • Lakukan pengerokan dari atas kebawah atau dari tengah kesamping.
  • Jika sudah merah, maka bisa pindah pada ruas tulang yang lain.
  • Jika sudah selesai, usap dengan handuk dan oleskan minyak angin.
Perlu diketahui, kerokan memang cara termurah untuk menyembuhkan masuk angin, namun dengan efek cepat yang didapat, maka kerokan ini juga membuat kecanduan dan dapat membuat pembuluh darah kecil serta halus menjadi pecah. Dan jika diterpkan dalam jangka waktu yang panjang, kerokan mampu mempermudah masuknya bakteri dan virus melalui angin dikarenakan pori-pori habis kerokan akan terbuka lebar atau boleh dibilang membengkak. Jadi alangkah baiknya jika tidak terlalu sering melakukan kerokan meski kita sedang dilanda masuk angin. Dan efek samping ini memang tidak dapat kita rasakan secara langsung, melainkan bertahap dan mungkin mengakibatkan hal yang lebih buruk dikemudian harinya.

Nah itulah bahasan singkat mengenai Manfaat Kerokan dan Efek Sampingnya, semoga artikel sederhana ini bisa membantu dan berguna bagi sobat yang membutuhkan. Sekian untuk kali ini dan salam sehat selalu.

Contact Form

Name

Email *

Message *