-->

Manfaat Dan Khasiat Ceplukan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Ceplukan Bagi Kesehatan Tubuh - Tanaman Obat ini sangat dikenal pada kalangan masyarakat desa. Dengan mempunyai banyak nama pangilan berbeda, Ceplukan atau ciplukan ini sering disebut juga dengan nyur-nyuran pada suku madura, dan ceplukan sendiri diambil dari bahasa Jawa. Ciplukan banyak dan baik hidup didaerah yang cukup dengan sinar matahari, seperti ladang, sawah, tegal, dan lain-lainnya. Dan yang paling umum didapat (menurut pengalaman pribadi) Ciplukan biasanya tumbuh baik dengan pohon jagung atau sejenis kacang-kacangan seperti kacang hijau dan juga tanaman berbentuk terna lain.
Manfaat Dan Khasiat Ceplukan Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Dan Khasiat Ceplukan Bagi Kesehatan Tubuh
Ceplukan tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae, suku dari Solanaceae, dan mempunyai nama latin atau ilmiah P. angulata, P. minima dan P. peruviana. Tanaman obat ini tak hanya terletak pada buahnya saja, melainkan seluruh dari anggota tanaman bisa dmafaatkan dan dijadikan campuran jamu yang cukup baik untuk kesehatan. Buah dari ciplukan rasanya manis dan agak kecut jika sudah matang. Memang seger dan kebanyakan dari anak kecil menyukainya. Pada saat masih muda bentuk buah berwarna biru dan menguning jika sudah tua. Buah yang sudah jatuh sendiri akan mempunyai rasa yang lebih manis dari pada yang masih menempel pada pohon.

Nah yang sering dipertanyakan ialah : Apa saja kandungan gizi atau nutrisi yang tersimpan pada buah dan tanaman Ceplukan? Dan Apa saja manfaat serta khasiat ceplukan tersebut untuk kesehatan? beberapa pertanyaan tersebut membuat kami merasa tersentuh untuk berbagi informasi dengan anda. Oleh karena itu, meski sederhana dan singkat namun kami akan mencoba menjawab sebisa mungkin dan seakurat mungkin juga.

Kandungan Gizi atau nutrisi pada ciplukan boleh dibilang sangat banyak, dan beberapa diantaranya ialah : Alkaloid, Asam Sitrun, Asam Malat, Gula, Vutamin C, Tanin, Fisalin, chlorogenik acid dan lain-lainnya. Dan semua kandungan tersebut sangatlah baik bagi tubuh jika dikonsumsi dan dijadikan bahan alternatif untuk pengobatan.

Manfaat Dan Khasiat Ceplukan Bagi Kesehatan Tubuh :
  • Melancarkan air seni / peluruh kencing.
  • Mampu digunakan sebagai penawar atau menetralkan racun.
  • Mengobati sakit tenggorokan dan batuk.
  • Mengobati penyakit kulit seperti borok dan bisul.
  • Obat alami untuk kencing manis / diabetes mellitus.
  • Menyembuhkan nyeri sendi dan rematik.
  • Mengatasi hipertensi atau penyakit kuning.
  • Meningkatkan kinerja dari semua organ tubuh.
  • dll.
Untuk penggunaan luar, anda hanya membutuhkan daun atau akar yang dihaluskan kemudian dibalurkan pada area yang ingin diobati. Pada penggunaan penyakit bisul, hal ini akan mempercepat proses penuaan dan juga bisa dengan cepat sembuh. Sedangkan untuk ramuan jamu konsumsi, anda siapkan semua bagian dari tanaman obat Ciplukan yaitu akar, daun dan batangnya. Kemudian haluskan dan direbus dengan air secukupnya. Untuk meredam rasa pahit, anda bisa menambahkan sedikit garam dalam air rebusan tersebut. Untuk selanjutnya tinggal anda minum saja pada saat masih hangat.

Itulah beberapa keterangan singkat yang bisa kami berikan pada artikel yang berjudul Manfaat Dan Khasiat Ceplukan Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga dengan membaca tulisan kami yang sederhana ini anda bisa terbantu dan lebih memaksimalkan manfaat serta khasiat dari Ciplukan tersebut. Sekian dari kami dan selamat mencoba!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter