-->

Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Bandotan - Tanaman obat yang akan kita bahas kali ini merupakan salah satu jenis rumput liar yang bisa kita dapat pada daerah sekitar terutama pada tanah kosong dan juga pekarangan yang tidak dimanfaatkan. Pada dasarnya kebanyakan dari kalangan masyarakat tidak menyadari akan fungsi serta kegunaan dari rumput semak bandotan ini. Mereka hanya bahwa bahwa bandotan hanyalah salah satu makanan alternatif di musim penghujan untuk para ternak terutama sapi. Namun siapa sangka dibalik semua itu kita mampu mengambil hikmah dan menggunakan Bandotan sebagai obat tradisional yang juga sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit. Jika anda yang tidak mengetahui apa itu bandotan dan seperti apa bentuknya? berikut gambar yang bisa sobat lihat.
Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan Tubuh
Dari segi klasifikasi, Bandotan termasuk dalam kerajaan Plantae, Bandotan termasuk gulma yang dianggap benalu oleh para petani. Sehingga tidak heran jika bandotan sering dibersihkan dan dibunuh. Dengan mempunyai nama latin atau ilmiah Ageratum conyzoides. Bandotan masih satu keluarga dengan jenis tanaman Asteraceae.  Dan pada setiap wilayah, Tanaman obat bandotan mempunyai nama panggilan yang berbeda. Seperti halnya di Madura yang di panggilan dus bedusen dan Wedusan pada daerah jawa. Kenapa disebut demikian? Karena secara tidak sadar bahwa bau dari tanaman ini sangat tidak enak dan hampir menyerupai bau kambing.

Ciri dari Tanaman Bandotan sangatlah sederhana saja, pohonnya yang berbentuk terna, daunnya berbentuk hati dan berbau tidak enak. Sedangkan pada bunga, Kadang ada yang berwarna putih dan juga ungu. Bandotan sangat mudah didapat di daerah Indonesia, khususnya di pedesaan dan bdang tanah luas yang tidak dipakai.

Begitu banyak khasia serta manfaat dari bandotan, namun kebanyakan orang hanya mengenalnya sebagai obat luka. Beberapa kandugan didalamnya yaitu minyak essensial, Alkaloid, Kumarin dll. Sehingga Bandotan ini juga terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit. Jika sobat memang penasaran, berikut sudah kami rangkum beberapa dari bandotan yang mungkin ingin sobat ketahui.

Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan tubuh :
  • Mengobati luka yaitu dengan meremas daun kemudian dicampur dengan kapur, oleskan pada luka atau lecet pada kulit.
  • Membantu meyembuhkan demam yaitu dengan menumbuk akar kemudian oleskan pada badan.
  • Menyembuhkan patah tulang dengan cara menghaluskan seleuruh pohon kemudian balurkan pada bagiat tubuh yang patah. Hal ini akan mempercepat penyembuhan.
  • Sebaai obat oles untuk sakit perut.
  • DLL.
Oleh banyaknya kegunaan Bandotan untuk obat luar, tidak dipungkiri bahwa bandotan ini juga bisa digunakan sebagai salah satu alternatif obat termurah untuk keluarga. Namun dari sisi efek atau dammpak, Bandotan juga mempunyai sisi buruk dikarenakan kandunga didalamanya juga terdapat racun yang bisa menyebabkan luka pada hati serta memicu tumbuhnya sel tumor pada tubuh jika digunakan secara terus menerus dan dalam jangka panjang.

Nah demikianlah bahasan kita mengenai Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan Tubuh, sekian dulu dan semoga dilain waktu kami bisa berbagi infomasi yang lebih penting mengenai tanaman obat yang murah meriah atau juga tanpa biaya sedikitpun. OK... Selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter