-->

Manfaat Pohon Benda Untuk Kesehatan

Manfaat Benda - Tekalong, terap atau benda ini adalah sebuah tanaman obat yang dapat dimanfaatkan daun, kulit, buah dan daunnya. Dalam kalsifikasi, tumbuhan benda ini termasuk dalam kelompok kerajaan Plantae dan mempunyai nama latin atau ilmiah Artocarpus elasticus. Benda atau tekalong ini masih termasuk dalam jenis nangka. Sama halnya dengan buah sukun yang dapat dimanfaatkan untuk sayur yang dikenal nama tewel pada daerah jawa. Pohon Benda ini diduga berasal dari Burma dan tersebar hingga ke Indonesia.
Manfaat Pohon Benda Untuk Kesehatan
Manfaat Pohon Benda Untuk Kesehatan
Benda mempunyai ciri yang hampir sama persis dengan nangka dan sukun. Dengan kulit buah menyerupai duri, Bergetah bila tangkai dipetik namun yang beda hanyalah pada bentuk pohon yang tidak begitu besar dan tinggi jika dibandingkan dengan kerabatnya yaitu pohon sukun.

Pemanfaatan bagi kehidupan masyarakat sehari-hari, Banyak sekali yang bisa kita contoh dan ketahui Yaitu pada buahnya yang dapat dikonsumsi sebagai bahan pangan berupa sayur dan juga dimasak untuk bahan lain sama halnya seperti buah sukun yang dimasak sebelum dikonsumsi. Sedangkan pada kulit kayu, masyarakat di Kalimantan menggunakannya sebagai bahan sandang atau pakaian. Pada pohon digunakan sebagai bahan bangunan dan juga kayu bakar. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah apa saja Manfaat tanaman benda bagi kesehatan? Dan bagian apa yang bisa digunakan sebagai obat? Disini kami akan menjawab singkat pertanyaan sobat tersebut. Meski sederhana, namun kami berharap jawaban kami ini bisa membantu. Penasaran? Berikut ulasannya.

Manfaat Tanaman Obat Benda Untuk Kesehatan :
  • Kulit batangnya yang direbus bisa mengobat sembelit dan sakit perut.
  • Seduhan pepagan dari pohon benda mampu membatasi kelahiran.
  • Getahhnya dapat mengobat diare atau mencret.
  • Mengatasi cacingan terutana caing gelang.
  • DLL.
Manfaat sehat yang bisa didapat diatas juga tidak luput dari beberapa kandungan kimia baik pada pohon benda tersebut. Adapaun kandungannya ialah : Flavonoid, Polifenol dan Saponin. Untuk kaum wanita, tumbuhan obat benda ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut yaitu dengan mengambil minyak dari biji buah.
Demikianlah bahasan kami tentang Manfaat Pohon Benda Untuk Kesehatan, semoga bisa menjadi sebuah inspirasi baru untuk lebih memanfaatkan tanaman obat yang sangat manjur ini. Cukup untuk kali ini dan selamat mencoba.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter