-->

Manfaat Buah dan Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji - Tanaman yang sekaligus obat ini merupakan tumbuhan buah yang sangat mudah didapat di lingkungan sekitar kita. Namun Jambu tersebut bukan asli Indonesia melainkan berasal dari Benua Amerika khususnya dari Negara Brasil. Jambu mempunyai rasa yang begitu segar asam manis dikarenakan kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Hampir sama dengan tanaman Obat yang lain, Jambu biji ini mempunyai nama latin atau ilmiah Psidium guajava, tergolong dalam klasifikasi kerajaan Plantae dan masih famili dari Myrtaceae. Penyebarannya sangat luas dan mempunyai manfaat serta khasiat menyembuhkan beberapa penyakit.
Manfaat Buah dan Jambu Biji Untuk Kesehatan
Manfaat Buah dan Jambu Biji Untuk Kesehatan
Jambu biji ini berkembang biak menggunakan biji dari buah, namun banyak kalangan masyarakat mengembangkannya menggunakan sistem Vegetatif atau stek batang. Karena selain menambah volume buah, akar yang didapat merupakan serabut yang menyebabkan buah menjadi lebat. Jadi karena itulah banyak yang memanfaatkan pencangkokan untuk menanam pohon jambu.

Kandungan serat serta vitamin yang cukup banyak, jambu biji ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh serta menjaga keseimbangan pencernaan. Diantaranya vitamin C yang merupakan sumber antioksidan, Vitamin A yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata, Melancarkan sistem pencernaan dan juga lain-lainnya.

Namun disini yang kita bahas tak berhenti pada buahnya saja. Melainkan daunnya yang juga mampu untuk dijadikan obat tradisional. Diantara penyakit yang bisa disembuhkan menggunakan daun jambu biji adalah : Menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan dan juga sangat baik untuk mengehntikan diare atau mencret. Daun jambu biji juga sebagai obat alternatif menyembuhkan Demam berdarah.

Untuk pengolahan, sobat hanya perlu mengambil beberapa helai daun kemudian direbus dengan skala air sekitar 300cc. Jika dirasa sudah mendidih, angkat dan dinginkan. Sebelum diminum, sobat saring terlebih dahulu dan dengan ditambah sedikit garam untuk meredam rasa pekatnya. Selesai deh. Atau alternati lain mengobati diare, sobat juga bisa langsung mengunyah jambu biji yang masih mudah.

Demikian bahasan kami yang mengupas tentang Manfaat Buah dan Jambu Biji Untuk Kesehatan, semoga dengan membaca artikel ini, sobat bisa memaksimalkan pengetahuan dan menambah wawasan tentang tanaman obat alami yang bisa didapat pada lingkungan sekitar. Sekian dan selamat mencoba!

Tags :
>> Manfaat Daun Jambu biji untuk kesehatan
>> Kandungan Khasiat daun jambu biji

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter