-->

Kesehatan Reproduksi dan Cara Menjaganya

Kesehatan Reproduksi - Seperti yang sudah dibaca Re- yang berarti mengulang dan artinya Reproduksi adalah sebuah proses biologis pada hewan maupun manusia yang akan menghasilkan produksi baru berupa individu organisme sehingga mampu bertahan dan berkembang biak dan mempertahankan jenisnya. Sehingga akan muncul generasi baru untuk melanjutkan kehidupan didunia. Dan disini kita akan membahas mengenai Alat reproduksi pada manusia. Yang sangat penting dan juga butuh suatu langkah perawatan yang tepat.
Kesehatan Reproduksi dan Cara Menjaganya
Kesehatan Reproduksi dan Cara Menjaganya
Reproduksi pada umumnya membutuhkan dua individu pasangan yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Sehingga tanpa pasangan, tidak akan pernah terjadi proses reproduksi. Maka dari itu, kita wajib mencari pasangan jika memang sudah waktunya dan tidak seharusnya kita menunda-nunda lagi.

Dalam menjaga kesehatan reproduksi, ada banyak hal yang mungkin bisa mengganggu dan menjadi halangan serta gangguan terhadap keinerjanya. Secara umum, semua berasal dari keturunan atau juga disebabkan oleh kita sendiri yang kurang memperhatikan fisik kita dan juga kegiatan atau pola hidup kita yang tidak sehat. Beberapa gangguan yang mungkin berimbas dari kesalahan kita sangatlah banyak. Dan diantara kegiatan yang mampu mengganggu kesehatan reproduksi terbagi menjadi dua yaitu :

Kegiatan yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi Pria adalah :
  • Terlalu banyak merokok yang dapat menyebabkan impotensi.
  • Terlalu banyak minum-minuman beralkohol.
  • Kurang asupan protein dan juga kurang bergerak.
  • DLL.
Dampak Gangguan Kesehatan Reproduksi Bagi Wanita :
  • Keputihan dan sering datang bulan tidak tepat waktu.
  • Menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Infeksi yang kadang menyebabkan luka.
  • DLL.
Untuk tipsnya, kita hanya dituntut untuk menjaga kebersihan alat reproduksi kita dan juga dengan merawat. Umumnya yang paling sulit penyesuaian ialah pada kaum wanita yang sangat ribet dengan siklus menstruasi. Namun hal tersebut akan terhindar jika kita melihat tips diatas dan juga sering mengganti pembalut agar cepat diserap.

Hal lain yang pelu dilakukan adalah dengan istirahat yang cukup, makanan yang melengkapi gizi atau memenuhi kebutuhan gizi dan juga sering-seringlh berolah raga. Karena dengan tubuh yang bergerak, kita akan lebih sehat dan juga peredaran darah dalam tubuh akan lebih lancar.

Tips kebersihan untuk kaum wanita yaitu cukup bersihkan dengan or bersih dengan menyiram dari bagian depan kebelakang, hal ini kan menghindari masuknya kuman dari anus.

Menjaga kesehatan reproduksi tak hanya berlaku bagi kalangan dewasa saja, melainkan lebih baik sejak dini sudah dilakukan pencegahan. Entah itu, remaja maupun yang sudah berumur lebih dari 30 tahun.

Nah itulah tips sederhana mengenai Kesehatan Reproduksi dan Cara Menjaganya, semoga bisa membantu dan berguna bagi semua. Sekian dulu dan jangan lupa baca juga artikel kami yang lain. Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter