-->

Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan

Kawista adalah salah satu jenis buah yang mempunyai rasa nikmat dan juga sehat. Buah ini termasuk dalam kelompok jeruk - jerukan dan di klasifikasikan dalam kerajaan Plantae. Oleh karena itu, Kawista mempunyai nama ilmiah Limonia acidissima. Kawista disinyalir berasal dari India dan kini menyebar hingga ke Asia Tenggara khususnya Indonesia yang banyak tumbuh di Pulau jawa. Tanaman ini sangat kuat akan panas dan mampu hidup pada area / tanah yang tandus kekurangan air. Hal ini yang menyebabkan Buah Kawista jarang dijumpai didekat permukiman masyaralat.

Pada umumnya buah kawista sangat sulit didapat dikarenakan tumbuhannya yang jarang. Namun pada kalangan masyarakat desa, mungkin buah ini bisa didapat dengan mudah dengan mencari kewilayah pekarangan maupun tempat yang biasanya ditumbuhi Tumbuhan kawista. Jika sobat tidak mengetahui seperti apa bentuk dari buah Kawista, Sobat bisa melihat foto atau gambar buah kawista dibawah ini.
Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan
Buah Kawista mempunyai nama panggilan yang berbeda pada setiap wilayah. Seperti Kebistah pada daerah madura, Kwisto pada jawa, Buah batok pada aceh dan lain-lainnya. Buah ini mempunyai rasa yang begitu sangat pekat pada saat masih mentah. Dan kebanyakan dari masyarakat mengkonsumsinya sebagai rujak dengan petis madura. Namun pada saat sudah matang, buah ini mempunyai rasa berbanding terbalik dengan rasa sebelumnya. yaitu sangat manis serta legit.

Pemanfaatan serta perkembang biakan dari buah kawista sangatlah bervariasi. Ada yang menggunakan sistem stek batang atau juga menunggu benih yang tumbuh dari buah yang jatuh sendiri. Pada pohonnya, kawista biasanya digunakan sebagai bahan bangunan atau juga kayu bakar dan pada buah, kawista ini sangat enak dikonsumsi.

Kandungan serat serta vitamin pada buah kawista sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh, sehingga kita juga bisa menggunakan buah ini sebagai alternatif untuk pengobatan segala macam penyakit. Diantara manfaat buah kawista untuk kesehatan tersebut adalah :
  • Sebagai antioksidan alami karena mengandung vitamin C
  • Mengobati dan mencegah diare serta disentri
  • Penambah energi dikarenakan kandungan glukosa yang banyak
  • Obat alami untuk batuk
Buah Kawista ini juga banyak terdapat didaerah Rembang dan Karawang. Dan ada yang lucu serta unik yang terdapat pada buah ini. Jika sobat keselek pada saat memakan buah yang masih mentah, cuma butuh menaruh kulit dari buah untuk menyambuhkannya. Untuk mengobati batuk seperti yang sudah dijelaskan diatas, Sobat bisa memanfaatkan kandungan Cola yang terdapat pada buah yang sudah matang, sehingga bisa digunakan atau dikonsumsi sebagai sirup.

Nah itu bahasan tentang Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan, semoga bisa membantu dan mengobati rasa keingintahuan sobat tentang fungsi serta kegunaan dari buah kawista ini. Sekian dulu ya... Jangan Lupa dishare...! Terima kasih..!

Tags :
>> Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan
>> Khasiat Obat Pada buah kawista

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter