Kandungan Dan Manfaat Kecombrang

Kecombrang adalah salah satu jenis rempah yang berbentuk terna, mempunyai bunga dan juga berbuah dan berbiji. Nama panggilan lain Kecombrang ini sering juga disebut dengan Kantang Atau Honje. Selain sebutan tersebut, ada juga beberapa nama wilayah yang berbeda, salah satunya adalah Kincung pada daerah Medan, Kincuang/Sambuang Minangkabau, Siantan pada daerah Malaya dan Kecicang Bali serta Orang pada daerah Thai menyebutnya Kaalaa. Kecombrang mempunyai nama latin atau Ilmiah Etlingera elatior, sehingga Klasifikasinya masih tergolong dalam kerajaan Plantae dan masih satu keluarga dari Zingiberaceae. Dan banyak dari kalangan masyarakat memanfaatkan kecombrang sebagai Bumbu Ayam Goreng dan juga Sambal Kecombrang yang dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah. Maka tidak heran jika banyak yang mencari resep ayam dan sambal kecombrang.
Kandungan Dan Manfaat Kecombrang
Kandungan Dan Manfaat Kecombrang
Ciri dari kecombrang sangatlah sederhana, Pohonnya hampir sama dengan jahe dan lengkuas dengan tinggi hingga mencapai sekitar 5m. Pada daun tersusun dengan rapi dengan dua baris yang berseling, bunga berbentuk gasing dan buahnya berjejalan membentuk tongkol/ bongkol berdiameter kira-kira 10 hingga 20cm. Bijinya sangat banyak yang berwarna cokelat kehitaman dan dibungkus dengan salut biji yang berwarna putih bening dan juga kemerahan.

Selain mempunyai manfaat yang begitu melimpah untuk setiap bumbu masakan, ternyata kandungan gizi atau butrisi pada bunga kecombrang sangatlah banyak dan bervariasi. Dari beberapa kadungan gizi kecombrang tersebut adalah : Air, Fosfor, Kalium, Kalsium, Karbohidrat, Lemak, Protein, Seng dan Zat Besi.

Dengan melihat beberapa kandungan yang sudah disebutkan di atas, mungkin sobat sudah bisa mengira-ngira apa saja fungsi dari kecombrang ini untuk kesehatan. Namun untuk lebih jelas, maka kami akan menyimpulkan sedikit uaraian yang mungkin bisa membantu dalam menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai khasiat kecombrang bagi kesehatan. Berikut ulasannya :

Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan :
  • Menurunkan penyakit demam atau demam.
  • Mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.
  • Menguatkan tulang dan gigi.
  • Menambah tenaga atau energi
  • Mencerdaskan dan juga meningkatkan kinerja dari otak.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Penambah darah Alami dan mampu mencegah anemia.
  • DLL.
Untuk sekedar berbagi resep masakan dengan menggunakan Bunga kecombrang, kami akan sedikit mengutip cara memasak ayam goreng dan sambal dengan Bunga serta batang kecombrang.

Resep Sambal : Sobat bisa menyiapkan satu batang kecombrang, 5 tangkai cabe rawit, garam 1 sendok teh, Gula setengah 1 sendok teh, dan terasi secukupnya. Goreng semua bahan kecuali batang kecombrang. Kenudian haluskan dan siap disantap.

Resep Ayam Goreng Kecombrang :
  • Bahan dan bumbu :1 ekor ayam dipotong sesuai selera, 10 helai kelopak bunga kecombrang yang sudah diiris halus, 1 lembar daun salam , 2 batang serai digeprek/dimemarkan , 2 cm rimpang lengkuas dihaluskan,1 3/4 sendok teh garam, 1 sendok teh gula merah sisir, 2 biji asam jawa, 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa dan minyak untuk menggoreng. 
  • Bumbu Pelengkap :10 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 3 cm kunyit, 2 cm jahe, 1/2 sendok makan ketumbar, 1/4 sendok teh jintan, kemudian haluskan semua bahan.
  • Cara Pengolahan : Rebus santan, bumbu pelengkap, ayam, kelopak bunga kecombrang, daun salam, serai, lengkuas, garam, gula merah, dan air asam jawa. Masak sampai benar-benar bumbu meresap dan mengering. Untuk selanjutnya tinggal menggorenga ayam tersebut pada minyak yang sudah dipanaskan. Untuk mendapat hasil sempurna, usahakan menggunakan api sedang saja agar matangnya merata.
Nah itu dia mengenai Kandungan Dan Manfaat Kecombrang, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat semu. Sekian dari kami dan jangan lupa baca juga artikel kami yang yang bersangkutan dengan melihat Related Post dibawah. Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *