-->

Fungsi Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Memang sudah sangat umum digunakan sebagai salah satu bahan rempah yang mempunyai fungsi untuk bumbu masakan. Siapa sih yang tidak tahu dengan bawang ini. Sebab selain mempunyai nilai ekonomi tinggi, bawang merah juga sangat mudah didapat dipasaran. Dan ternyata dibalik khasiatnya sebagai bumbu, bawang merah juga mempunyai manfaat sebagai obat yang salah satunya bisa menyembuhkan meriang, sesak nafas, menguatkan tulang, dan juga ampuh untuk mengatasi diabetes. Dan oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan serta pengetahuan mengenai tanaman obat. Kali ini kami akan mencoba untuk merangkum beberapa keterangan singkat mengenai manfaat dan khasiat bawang merah entah itu untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Bawang merah yang mempunyai nama ilmiah Allium cepa ini adalah salah satu jenis tanaman yang menjadi bahan pelengkap atau bumbu masakan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Dan didaerah jawa nama bawang ini sering dipanggil dengan Brambang. Bawang merah di klasifikasikan dalam kerajaan Plantae serta perkembang biakan serta pembudidayaannya membutuhkan langkah yang begitu rumit serta membutuhkan perhatian lebih dari pada tanaman lainnya. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah pada umbi, namun juga bisa dibuat sayur pada bagian daun yang masih segar.

Salah satu ciri umum dari tanaman bawang ini adalah umbinya berwarna merah serta hijau pada daun. Kadang juga berwarna puith pada bunga yang juga bisa dijadikan sayur yang sangat lezat. Dan selain bermanfaat sebagai bahan bumbu masakan, ternyata Bawang merah juga mempunyai khasiat serta fungsi yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu juga, dalam setiap manfaat yang baik, pasti tidak luput dengan yang namanya kandungan yang berkhasiat menyembuhkan serta mengobati berbagai macam penyakit. Penasaran? Ini dia rinciannya :

Kandungan Pada bawang merah memang tidak dipungkiri sangat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh kita, dan diantara kandungan tersebut salah satunya adalah : Asam Folat, Vitamin C, Kalium, Kalsium, Serat dan Zat besi. Karena kandungan tersebut, Bawang merah bisa digunakan sebagai tanaman obat yang mempunyai fungsi sebagai Anti septik yang bekerja sangat baik untuk mencegah tubuh terserang virus atau kuman penyebab penyakit.

Beberapa Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan adalah :
  1. Mengobati meriang yang merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh masuk angin
  2. Sebagai Antioksidan alam yang berkemampuan untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun (daya tahan tubuh terhadap penyakit).
  3. Memperlancar peredaran darah dalam tubuh yang terkait dengan pencegahan hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi.
  4. Menyembuhkan Sakit perut, maag dan gejala lain yang masih terkait.
  5. Menurunkan Kolesterol jahat dalam darah.
  6. Mengontrol kadar gula darah yang berhubungan dengan terapi penyembuhan diabetes atau kencing manis.
  7. Meringankan gejala batuk entah itu batuk kering maupun berdahak.
  8. Mengatasi sakit tenggorokan dan mengembalikan suara serak atau hilang.
  9. Obat herbal untuk asma atau sesak nafas.
  10. Mencegah anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin).
  11. Menjaga kekuatan dan kepadatan tulang yang juga berhubungan dengan pencegahan osteoporosis (pengeroposan tulang).
Manfaat Bawang Merah Untuk Kecantikan :
  • Sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung asam folat dimana gizi tersebut berkemampuan untuk menjaga perkembangan janin dalam kandungan.
  • Melancarkan sistem pencernaan dan bisa juga digunakan sebagai treatment diet penurunan berat badan.
  • Bawang merah menjaga kecerahan kulit dan menjadikan wajah tetap cerah merona.
Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, Bawang merah ini mampu memicu bau badan berlebih, Jadi untuk dikonsumsi harap digunakan sesuai kebutuhan saja. Karena suatu yang berlebihan pasti tidak baik juga.

Nah itu dia bahasan tentang Fungsi Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, kami cukupkan dulu dan semoga bisa berkhasiat lebih serta menambah wawasan dalam mengetahui apa saja kandungan serta manfaat kesehatan serta kecantikan yang terdapat pada Bawang Merah. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter