Tanaman Obat Rimpang dan Manfaatnya

Kali ini kami akan berbagi tentang salah satu jenis Tanaman obat yang dimanfaatkan rimpangnya. Memang sudah tidak asing lagi sih, Namun untuk memperjelas, kami juga akan menerangkan tentang manfaat dan juga cara untuk membudidayakannya. Macam-macam tanaman obat rimpang ini juga bisa diolah menjadi serbuk atau juga langsung digunakan sebagai obat tradisional berupa jamu. Pengolahannya sangat gampang kok. Namun sebelumnya, Mari kita lihat dulu beberapa daftar tanaman obat berupa rimpang yang mungkin sobat ingin ketahui.
Tanaman Obat Rimpang dan Manfaatnya
Tanaman Obat Rimpang dan Manfaatnya
Jenis tanaman obat rimpang ini memang bisa dengan mudah kita dapatkan dipasar tradisional. Karena selain mempunyai khasiat atau manfaat sebagai obat alternatif. Beberapa dari rimpang tumbuhan obat ini juga bisa digunakan sebagai bahan rempah pelengkap dalam bumbu setiap masakan.

>> Jahe : mempunyai manfaat sebagai penghangat badan pada saat meriang atau masuk angin, mengobati sakit tenggorokan, Memperlancar pernafasan, mengobati asma, meredakan nyeri otot dan sakit pinggang, Serta mengurangi mual dan mencegah muntah - muntah.

>> Temulawak : Menambah ASI bagi ibu yang sedang menyusui, Mengobati penyakit asam urat, maag, mencret, Menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah dan juga mengatasi sembelit.

>> Temu Giring : Mengobati sakit perut, sebagai anti cacing dan juga sangat baik dalam melangsingkan tubuh.

>> Temu Ireng / Hitam : Melancarkan peredaran darah, Sebagai penambah tenaga, Mengobat letih dan lesu, Dan juga sangat baik untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh.

>> Kunyit : Mengobati masuk angin, Kejang-kejang, hepatitis dan juga menyembuhkan diare.

>> Kencur : Sebagai obat batuk untuk mengeluarkan dahak, sakit kepala, Dan juga meluruhkan keringat.

>> Lengkuas : Sebagai obat kulit seperti panu, kadas, kurap dan juga sebagai antibakteri bagi tubuh.

>> Lempuyang : Mengobati Disentri dan diare, Obat pelangsing alami, dan menambah nafsu makan.

>> Alang-alang : Sebagai obat demam alami serta melancarkan air kemih/kencing.

>> Bangle : Mengobati Nyeri pada perut, sakit kuning, Mengurangi kembung, Obat sakit kepala, pelangsing alami dan juga melancarkan BAB.

Contoh Tanaman Obat Rimpang diatas hanyalah beberapa saja. Masih banyak lagi yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Mungkin lain kali kami akan update dan menggenapi keterangan yang masih kurang pada artikel ini. Selanjutnya, untuk Budidaya Tanaman Obat rimpang, sobat hanya perlu menanam rimpang dari salah satu daftar tanaman obat diatas pada pekarangan kita. Untuk lebih cepat tumbuh, usahakan penanamannya dilakukan pada saat musim penghujan. Selain tidak usah menyiram, juga sangat baik dalam proses pertumbuhan. Ada baiknya jika kita diamkan terlebih dulu sekitar beberapa hari dalam kamar mandi atau tempat basah lain sampai keluar tunas. Kemudian ditanam pada media tanah yang basah juga.

Sedangkan untuk Pengolahan Rimpang Tanaman Obat  menjadi serbuk, Sobat bisa mencuci bersih dan mengiris tipis-tipis lalu dijemur sampai kering. Untuk selanjutnya tinggal ditumbuk atau digiling.

Bagaimana? Apa penjelasan tentang Tanaman Obat Rimpang dan Manfaatnya ini bisa membantu? Semoga saja bisa bermanfaat banyak buat yang membaca. Sekian dulu dari kami dan jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Tags :
>> Tanaman Obat rimpang
>> Budidaya Tanaman Obat Rimpang
>> Manfaat Tanaman Obat Rimpang
>> Macam-macam Tanaman Obat Rimpang
>> Jenis Tanaman Obat Rimpang
>> Pengolahan Rimpang Tanaman Obat Menjadi Serbuk

Contact Form

Name

Email *

Message *