7 Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering Akibat Sering Cuci Baju Dan Piring

Cara Mengatasi Kulit Tangan Yang Kering Karena Sering Cuci Piring Atau Baju ini juga kami lansir dari beberapa sumber di internet. Hal tersebut dikarenakan tidak luput akan pertanyaan yang sering dikaitkan dengan telapak tangan sering mengelupas, kaku, dan bahkan juga sering muncul kapalan. Namun sebelum anda melakukan pengobatan (penyelesaian), ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab yang menjadikan telapak tangan anda kasar dan kering. Sebab bukan hanya karena cuci baju atau cuci piring saja, ada begitu banyak faktor yang bisa memicu kulit telapak menjadi rusak. Nah oleh karena itulah, disini kami akan berbagi sedikit tips agar masalah yang anda alami bisa segera teratasi.

Telapak tangan kering? Ada apa dan bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya pada postingan terdahulu kami juga sudah pernah membahas mengenai Cara Mengatasi Telapak Tangan Mengelupas. Namun hal tersebut dirasa kurang, sebab penjelasan didalamnya hanya difokuskan untuk menyelesaikan kulit mengelupas. Sedangkan untuk tangan yang kering, ada sedikit perbedaan yang bisa anda terapkan. Entah itu mengenai tips atau bahan yang digunakan untuk mengatasi kulit kering. Apa saja bahan yang digunakan? Sebaiknya anda simak terlebih dahulu beberapa penyebab dari mengeringnya telapak tangan.

7 Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering Akibat Sering Cuci Baju Dan Piring

Ada beberapa faktor yang menjadikan kulit dan telapak tangan menjadi kering. Beberapa diantaranya ialah dikarenakan sering mencuci baju dan piring. Hal tersebut mungkin karena penggunaan deterjen yang cukup keras dan tidak sama dengan sabun badan maupun lotion. Dikarenakan memang tuntutan dalam kehidupan sehari-hari, maka mau tidak mau anda harus tetap mengerjakannya. Sedangkan faktor lain yang memicu kulit tangan menjadi kering ialah cuaca dingin, angin kencang, dan gen (turunan) yang dibawa sejak lahir. Yang menyakitkan disini ialah ketika tangan retak, keras, dan terkadang sampai berdarah. Kondisi ini yang terkadang membuat anda frustasi dan mencari banyak referensi supaya tangan anda kembali pada kondisi semula.

Dampak dari tangan kering, pecah-pecah dan berdarah ialah rasa perih ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Entah itu mencuci piring, nyapu, dan lain sebagainya. Nah, perawatan seperti apa yang harus dilakukan supaya tangan yang kering dan retak kembali halus? Tentu anda harus melakukan treat men khusus supaya hal yang anda inginkan tercapai. Beberapa cara yang harus anda tempuh ialah :

7 Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering Akibat Sering Cuci Baju Dan Piring

#1. Menggunakan Sarung Tangan
Mungkin cara ini terbilang sangat tidak nyaman dan bisa mengurangi keluluasaan dalam melakukan aktifitas. Namun jika dilakukan secara rutin maka masalah kulit sensitif anda akan teratasi. Sebab sarung tangan akan menghindarkan anda dari kontak langsung antara kulit dan sabun. Jadi jika ada luka atau retak, tidak akan memperparah keadaan.

#2. Mengkonsumsi Banyak Air
Air mineral merupakan kebutuhan utama tubuh. Dengan terpenuhinya kebutuhan mineral, maka anda akan terhindar dari yang namanya dehidrasi. Dengan air pula tubuh akan menjadi lebh sering berkeringat sehingga kulit tetap lembab dan tidak mudah kering ataupun sampai mengelupas. Perlindungan ini tidak hanya berlaku untuk tangan saja, melainkan juga baik untuk kesehatan seluruh tubuh.

#3. Mengkonsumsi Banyak Sayur Dan Buah
Orang yang menyukai sayur dan buah lebih terlihat awet muda serta mempunyai kulit yang lembut merona. Sebab kedua jenis makanan ini diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan asupan yang cukup (buah dan sayur), maka masalah kulit kering mungkin masih bisa dihindari.

#4. Menerapkan Body Lotion
Body lotion mempunyai kandungan khusus yang bisa menjaga kulit tetap lembab. Tidak hanya untuk tangan dan kaki, namun body lotion yang cocok akan sangat baik digunakan pada seluruh tubuh. Penggunaan body lotion pada tangan akan sangat baik anda lakukan ketika malam hari bila anda hendak tidur.

#5. Jaga Kelembapan Suhu Dalam Rumah
Tidak sedikit orang menggunakan Humidifier didalam rumah supaya kelembapan udara tetap terjaga. Hal ini tentunya secara ridak langsung akan mendukung anda untuk mencegah kulit menjadi kering. Lebih tepatnya alat ini sangat sesuai digunakan ketika musim kemarau (musim kering).

#6. Menggunakan Scrub Alami
Scrub ini terbuat dari paduan minyak kelapa murni dan gula pasir yang notabene bisa anda buat sendiri dirumah. Campuran bahan ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Bagaimana cara membuatnya? Cukup anda larukan gula dan campur hingga menyatu. Selanjutnya oleskan pada telapak tangan hingga mengering dengan sendirinya.

#7. Mengaplikasikan Krim Tangan
Ada begitu banyak merk krim tangan yang memang dikhususkan untuk mengatasi kulit tangan kering dan mengelupas. Sederhanya krim ini bisa anda bawa kemana saja sehingga bisa diterapkan sesuai kebutuhan. Penggunaan secara rutin akan menjadikan kulit lebih lembab dan tidak kering seperti yang anda inginkan.

Jika anda pernah mengalami kulit tangan pecah-pecah, tidak menutup kemungkinan akan lebih rentan mengalaminya lagi. Jadi anda harus lebih teratur dan menjaga pola hidup sehat supaya hal tersebut tidak kembali terjadi. Sebagai salah satu tips dalam memilih krim tangan, setidaknya anda mengamati produk yang mempunyai komposisi seperti Lanolin, Gliserin, Urea, Lactic Acid, Hyaluronic Acid, Isopropyl Palmitate, dan Squalene. Meski kesemuanya tidak terdapat dalam komposisi, namun setidaknya terdapat salah satu bahan yang sudah kami sebutkan tersebut.

Demikianlah ulasan singkat yang mampu kami tulis mengenai 7 Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering Akibat Sering Cuci Baju Dan Piring. Semoga apa yang kami tulis tersebut bisa memberikan referensi sebelum anda melakukan perawatan kulit tangan yang retak dan mengelupas. Terima kasih sudah berkunjung!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *