17 Manfaat Bunga Lawang Untuk Obat

Manfaat Bunga Lawang Untuk Obat belum begitu dikenal sebab secara umum rempah yang satu ini menjadi salah satu jenis bumbu yang bisa menambah aroma dan melezatkan masakan. Padahal jika dipelajari lebih lanjut khasiat bunga lawang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi nyeri pada saat haid, meringankan perut kembung, mengatasi sembelit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, agar pengetahuan anda seputar tanaman obat menjadi lebih lengkap. Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit rangkuman terkait dengan apa saja kegunaan serta fungsi bunga lawang jika dikonsumsi sebagai obat. Yuk simak selengkapnya!

Bunga Lawang (pekak) atau yang juga dikenal dengan sebutan kembang lawang merupakan sejenis rempah yang rasa dan aromanya hampir sama persis dengan adas manis. Rempah yang satu ini paling banyak digunakan dalam beberapa jenis masakan di Negara-negara Asia yang salah satunya ialah Indonesia. Namun tidak lupa asal muasalnya, bunga lawang adalah salah satu jenis bumbu tradisional yang umum di China khususnya ngo hiong yang terdapat 5 jenis rempah. Sedangkan nama dari bunga lawang dalam bahasa Tionghoa ialah ba jiao atau bat gok yang mempunyai arti "Delapan Tanduk". Hal ini karena disesuaikan dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak.

17 Manfaat Bunga Lawang Untuk Obat

Bunga lawang mempunyai bau atau aroma yang terbilang sangat khas dan kuat. Dulu dari asalnya Tiongkok, mulai diperkenalkan di daerah Eropa sekitar awal abad ke-17 dan sejak saat itu pula bunga lawang mulai dikenal dan meraih popularitas. Tidak hanya sebagai rempah makanan, namun bunga lawang juga diolah sebagai minyak yang bisa digunakan untuk perisa (penambah rasa) pada minuman. Dan jika ditelusuri lebih lanjut, bunga lawang bukanlah berupa bunga, melainkan buah kecil yang dihasilkan oleh sejenis pohon. Namun dikarenakan bentuknya seperti bunga, maka sebagian orang tidak mau ambil pusing dan menyebutnya sebagai kembang lawang.

Untuk ciri dan deskripsi singkat mengenai bunga lawang, tinggi pohon hanya mencapai sekitar 8m saja. Sedangkan bunga berwarna kuning terlihat cantik, dan tanaman ini tumbuh serta berkembang-biak dengan benih biji yang terdapat pada buah. Untuk penggunaan sebagai rempah, buah ini dipetik sebelum ranum kemudian diproses dengan pengeringan menggunakan bantuan sinar matahari (penjemuran). Dan jika sudah kering, barulah bisa dipasarkan dan digunakan sebagai bumbu atau diolah lebih lanjut untuk bisa dikonsumsi.

Apa anda sudah tidak sabar dengan fungsi farmakologis pada kembang lawang? Berikut beberapa daftar singkat yang mungkin bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Yuk simak baik-baik!

17 Manfaat Bunga Lawang Untuk Obat

#1. Mempunyai Sifat Analgesik
Dalam hal ini bunga lawang mempunyai peranan penting dalam meredakan nyeri atau sakit pada tubuh. Nyeri tersebut bisa disebabkan oleh berbagai jenis penyakit seperti sakit kepala, nyeri haid, dan lain sebagainya. Untuk meminimalisir terjadinya nyeri, maka sedikit banyak bunga lawang bisa membantu anda meringankan gejala yang dtimbulkan.

#2. Menjaga kesehatan Jantung
Dikarenakan bunga pekak mempunyai sifat analgesik, maka bisa juga dikategorikan pada obat herbal yang bisa menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini bisa diperoleh dari minyak bunga lawang dan bisa menjadi salah satu obat yang bisa memaksimalkan kinerja jantung pada tubuh.

#3. Melancarkan Sistem Pencernaan
Tidak sedikit orang yang mengeluh akan semua gejala yang ditimbulkan oleh gangguan sistem pencernaan. Salah satunya ialah sembelit dikeranakan feses yang dikeluarkan bertekstur keras. Jika tidak segera ditangani bisa pula memicu munculnya penyakit lain seperti ambeien, disentri dan lain sebagainya. Untuk penggunaan, biasanya sebagian orang mencampurkan minyak bunga lawang pada teh dan meminumnya secara rutin.

#4. Mengatasi Perut Kembung
Terkait dengan sistem pencernaan, perut kembung terjadi karena tidak maksimalnya kinerja lambung sehingga terjadi penumpukan gas yang berlebihan. Kembung bisa menyebabkan nyeri, begah, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, cukup konsumsi bunga lawang dan kembung anda akan segera teratasi.

#5. Menghilangkan Bau Mulut
Bakteri pada mulut sering menjadi penyebab tidak sedapnya aroma pada mulut. Hal ini bisa diketahui pada saat anda berbicara dengan orang lain. Hal ini tentunya sangat mengganggu serta bisa mengurangi rasa percaya diri bila tidak ditangani. Yang terpenting adalah anda harus menjaga kebersihan mulut khususnya gigi (guna meminimalisir menumpuknya sisa makanan) dan mencegah berkembangnya bakteri pada area dalam mulut. Salah satu pencegahan lain ialah dengan menggunakan kembang lawang.

#6. Menurunkan Resiko Gejala Rematik
Rematik bisa menimbulkan rasa nyeri dan terkadang akan membuat penderita merasa kesulitan bergerak. Apabila hal tersebut terjadi pada anda, maka bunga lawang merupakan salah satu solusi yang bisa anda terapkan. Tujuannya ialah untuk mengurangi rasa nyeri dan dampak lain yang disebabkan oleh rematik tersebut.

#7. Mengatasi Pegal Linu
Salah satu pemicu pegal linu ialah tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh. Dan manfaat ini karena bunga lawang juga mempunyai sifat hangat yang bisa melancarkan sirkulasi darah. Jika anda mengkonsumsinya secara teratur, maka tidak akan ada yang namanya pegal linu ataupun sakit pinggang atau punggung.

#8. Meringankan Nyeri Saat Haid
Bagi beberapa kalangan wanita, menstruasi menjadi masalah umum yang terkadang kedatangannya menimbulkan perasaan tidak nyaman serta bahkan berbarengan dengan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Hal ini bisa saja karena gangguan hormonal sehingga sering terjadi kram perut dan nyeri haid. Cara pemakaian sangatlah sederhana, cukup oleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh yang sakit.

#9. Mengurangi Insomnia
Meski terbilang bukan penyakit, insomnia merupakan kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Dikarenakan bunga lawang mempunyai aroma khas yang cukup kuat, sifatnya bisa menenangkan dan bisa membuat tidur anda lebih berkualitas. Dapat pula dikategorikan sebagai obat insomnia alami karena terbukti bisa membuat tidur lebih pulas.

#10. Melegakan Sistem Pernafasan
Tidak hanya mengurangi bau mulut, teh dari bunga lawang bisa mengatasi beberapa gangguan terkait dengan sistem pernafasan. Salah satunya ialah sesak nafas atau asma. Penerapan sangatlah mudah yaitu diminum sebagai teh atau juga sebagai aroma terapi. Tidak hanya itu saja, manfaat ini juga baik untuk kesehatan paru-paru yang baik untuk pencegahan penyakit bronkitis.

#11. Meningkatkan Produksi ASI
Bunga lawang sangat baik jika dikonsumsi oleh kalangan ibu yang sedang menyusui. Sebab manfaatnya cukup baik dalam meningkatkan produksi serta kualitas ASI. Selain itu, minyak dari bunga ini juga bisa mengurangi mual dan aroma terapi bagi bayi yang menderita kolik.

#12. Membantu Menurunkan Berat Badan
Terkait dengan lancarnya sistem pencernaan, bunga lawang bisa meminimilasir penumpukan racun dalam tubuh. Baik juga dikonsumsi oleh kalangan orang obesitas (kelebihan berat badan) sehingga cocok sebagai minuman pendamping saat anda menjalani program diet.

#13. Meringankan Gejala Influenza
Masih ada kaitannya dengan sistem pernafasan. Flu merupakan penyakit umum yang sering terjadi kala musim atau suhu lingkungan berubah drastis. Hal ini karena terjadi penurunan sistem imun dan juga masalah lain terkait dengan kesehatan tubuh. Agar masalah ini teratasi, mungkin ramuan dari bunga lawang wajib anda coba.

#14. Mempunyai Sifat Anti-Mikroorganisme
Bunga lawang mempunyai sifat anti mikro-organisme sehingga bisa menghambat pertumbuhan jamur, bakteri, kuman, virus dan lain sebagainya. Terkait hal ini, buka pekak bisa menjadi salah satu obat yang bisa mengatasi infeksi dan melakukan pencegahan terhadapnya.

#15. Bersifat Anti-piretik
Sifat ini berguna untuk mengatasi demam sehingga suhu tinggi pada tubuh bisa cepat turun dan kembali normal. Penggunaan sangat sederhana, seduh bunga lawang dan konsumsi selayaknya teh pada umumnya.

#16. Menjaga Kesehatan Kulit
Minyak dari bunga lawang mempunyai kandungan berupa anethol yang fungsinya cukup baik dan bersifat sebagai anti-septik dan anti-pasmodic. Tidak hanya untuk kesehatan kulit khususnya dalam ketegori melembabkan, namun bunga lawang juga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Terdapat pula kandungan Linalool yang bermanfaat sebagai antioksidan khususnya untuk menguatkan sistem imun serta bisa menunda proses penuaan dini khususnya pencegahan terjadinya kerusakan pada kulit.

#17. Menyembuhkan Luka Atau Lecet
Dikarenakan bersifat anti-septik, minyak dari bunga lawang juga bisa membantu mengobati luka ringan pada kulit. Untuk penggunaan, Pertama anda bersihkan luka dengan air kemudian oleskan minyak buka pekak. Selain mencegah infeksi, minyak ini juga akan membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Demikianlah artikel singkat yang bisa kami tulis mengenai 17 Manfaat Bunga Lawang Untuk Obat. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...!!! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *